6 Kebiasaan Ini Sama Berbahayanya dengan Merokok… Terutama Nomor 3

Bagi anda yang tidak merokok atau berhasil berhenti merokok. Jangan buru-buru senang dan mengklaim telah menjalani hidup sehat. Sebab ternyata terdapat enam kebiasaan sehari-hari yang memiliki bahaya yang sama dengan merokok.

“Dampaknya bahkan bisa jadi lebih berbahaya dari merokok”, ujar salah seorang peneliti sebagaimana dikutip dari situs Yahoo Shine.




Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut, mari kita bahas satu per satu:

1. Terlalu banyak duduk

Duduk sepanjang hari berkaitan dengan ratusan penyakit baik langsung maupun tidak langsung seperti paru-paru, prostat, kanker payudara dan usus besar.

Menurut Alberta Health Services-Cancer Care yang berpusat di Kanada, dua pertiga kasus kanker disebabkan oleh rokok, sisanya disebabkan karena faktor kurang aktif bergerak.

Untuk mencegah hal tersebut para ahli sangat merekomendasikan para pegawai kantoran untuk aktif bergerak seperti berjalan kaki atau menggunakan tangga ketimbang lift.




2. Terlalu banyak mengonsumsi protein hewani

Dalam protein hewani terdapat sebuah zat bernama IGF-1 yang bertanggung jawab terhadap perkembangan sel yang tidak normal. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Southern California belum lama ini menyebutkan orang yang aktif mengonsumsi protein hewani lebih berisiko mengalami kanker dibanding para perokok.

Mulai sekarang kurangi atau gantilah protein hewani anda dengan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (nabati). Selain lebih aman, protein nabati juga sangat sehat dan dapat menguatkan daya tahan tubuh terhadap serangan kanker.

Umumnya kebutuhan protein harian orang dewasa adalah sebesar 0,8 gram protein untuk setiap kilogram berat badannya.

3. Memasak makanan menggunakan kompor gas

Tidak banyak yang tahu kalau kompor gas sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu penyakit kanker.

Saat dinyalakan kompor gas akan menguluarkan emisi berupa karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehid yang sangat beracun. Ketiga zat tersebut juga terdapat dalam asap rokok.

Untuk mencegah zat tersebut terhirup para ahli menyarankan untuk membuka ventilasi baik itu pintu atau jendela saat menyalakan kompor gas agar zat yang dihasilkan bisa dikurangi.

4. Salah menggunakan minyak saat menggoreng

Ada banyak jenis minyak yang sering digunakan saat sedang menggoreng masakan. Masing-masing minyak tersebut memiliki reaksi yang berbeda saat dipanaskan.

Contohnya minyak keledai dan minyak sayur akan mengeluarkan zat aldehid dan hidrokarbok aromatik polisiklinik jika mencapai titik panas tertentu.

Kedua zat ini juga terdapat dalam asap rokok dan sangat berbahaya bagi sistem pernafasan manusia. Karena itu gunakanlah minyak dari zaitun atau minyak alpokat yang lebih aman pada suhu tinggi.




Selain merokok, terlalu banyak protein hewani bebahaya bagi kesehatan

Selain merokok, terlalu banyak protein hewani berbahaya bagi kesehatan

5. Kurang tidur

Beberapa orang memiliki masalah gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia. Kekurangan jumlah tidur sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan timbulnya beragam penyakit bahkan kematian mendadak.

Para peneliti bahkan menyebut tidur kurang dari 5 jam setiap hari memiliki risiko yang sama dengan para perokok.

6. Tanning indoor

Saat ini tengah ramai dibicarakan metode penggelapan kulit yang dilakukan di dalam ruangan tertutup atau yang dikenal dengan istilah tanning indoor.

Walaupun hasilnya sangat baik dan instan, sayangnya cara ini merangsang pertumbuhan sel-sel kanker menjadi tidak normal yang menyerang sel kulit. Para ahli sepakat menyebut metode ini sebaiknya dihindari untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Demikian informasi singkat beberapa kebiasaan sehari-hari yang juga memiliki risiko buruk bagi kesehatan. Hidup sehat tidak hanya dengan berhenti merokok tapi juga dengan menjalani aktifitas sehari-hari secara seimbang seperti makan sehat, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

Jika bermanfaat silahkan like dan bagikan artikel ini ke teman yang lain.

Tulis Komentar