Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi sebagai filtrasi darah, perangsang sumsum tulang belakang demi menghasilkan sel darah merah, dan pengatur keseimbangan asam basa dan tekanan darah.

Melihat dari fungsinya, maka kesehatan ginjal perlu benar-benar kita jaga agar organ ini bisa tetap berfungsi sampau usia kita tua nanti. Ginjal yang sudah rusak akan membuat organ tubuh lain mengalami gangguan.




Ginjal bisa rusak tergantung bagaimana kita menggunakannya selama ini. Jika kita memberinya pekerjaan berat seperti minum alkohol, merokok atau terlalu banyak makan makanan berlemak, maka ginjal akan bekerja lebih keras dalam memfilter darah.

Begitu juga jika kita kurang minum air putih membuat darah jadi kental dan tentu saja akan membuat ginjal harus kerja lebih keras. Jika kondisi-kondisi seperti ini terus berlangsung maka bukan tidak mungkin satu saat ginjal jadi rusak atau tidak maksimal lagi dalam bekerja.

Melalui artikel pengensehat.com kali ini, kita akan membahas beberapa tips menjaga kesehatan ginjal agar fungsi ginjal tetap berjalan optimal dan maksimal, mari kita bahas satu per satu:

1. Makan teratur

Hal pertama dan paling penting dalam menjaga kesehatan ginjal adalah memulai pola hidup sehat dengan makan teratur dengan menu yang bergizi. Makanan bernutrisi tinggi akan membuat ginjal jadi lebih sehat dan tidak memaksanya bekerja keras.




Dalam menu makanan, jangan pernah lupakan buah dan sayur (usahakan organik). Sebisa mungkin Anda juga harus meminimalisir makanan olahan dan garam berlebih. Makanan olahan hanya akan memberatkan kerja ginjal.

Untuk kebutuhan protein hewani, lebih baik anda mengkonsumsi daging putih yang tanpa lemak dan ikan ketimbang daging merah.

2. Jadikan rokok dan alkohol sebagai barang haram Anda

Rokok tentu bukanlah barang yang menjadi anjuran bagi kesehatan, begitupun alkohol. Nikotin pada rokok dapat menimbulkan gangguan pada ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal. Sedangkan alkohol dapat mengganggu tekanan darah pada tubuh yang berujung pada kesehatan ginjal Anda juga.

Rokok dan alkohol tentu bukan hanya merusak ginjal saja. Rokok dapat merusak paru-paru dan sistem pernafasan lainnya sedangkan alkohol dapat merusak sistem pencernaan, gangguan hati, dan sebagainya.




Menjaga kesehatan ginjal dengan hidup sehat

Menjaga kesehatan ginjal dengan hidup sehat

3. Mulai hidup sehat dengan rajin berolahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang sering dilupakan orang adalah olahraga. Dengan rajin olahraga tubuh jadi lebih fit dan segar, eskresi racun-racun juga lebih cepat melalui keringat.

Lakukan olahraga ringan seperti joging, lari-lari, jalan cepat atau aerobik setidaknya lima kali dalam seminggu agar sistem kardiovaskular dan pengeluaran anda menjadi lebih sehat.

4. Berhenti mengonsumsi antibiotik

Antibiotik dan anti nyeri disebut-sebut menjadi salah satu penyebab kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu, penggunaan kedua obat tersebut harus benar-benar dikurangi atau lebih baik konsultasikan oleh dokter spesialis untuk mendapat saran yang lebih baik.

Penggunaan obat anti biotik dalam jangka panjang akan merusak fungsi ginjal. Jika anda sedang berada dalam perawatan dokter dan wajib minum obat maka perbanyak minum air putih untuk membantu ginjal memfilter darah.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan ginjal agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Minumlah air putih enam sampai delapan gelas per harinya agar tubuh tidak dehidrasi. Dengan selalu minum air putih secara teratur, maka ginjal anda akan menjadi lebih optimal dalam menyaring cairan lainnya.

Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati, dengan mulai menjaga kesehatan ginjal dari sekarang berarti anda sudah memperkecil kemungkinan terserang penyakit gagal ginjal di kemudian hari.

Tulis Komentar