10 Komplikasi Asam Urat yang Jarang Diketahui Orang

Munculnya penyakit akibat komplikasi asam urat adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan penderita. Beberapa penyakit berbahaya seperti gagal ginjal adalah efek samping dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya pengkristalan zat natrium di dalam sendi sehingga menyebabkan radang sendi. Penderita asam urat akan merasakan gejala asam urat yang sangat menyakitkan, dimana puncaknya pada 6 hingga 24 jam pertama, sejak serangan terjadi.




Biasanya setelah 30 hari, penyakit ini akan menghilang dengan sendirinya. Jadi, tiba-tiba menyerang di bagian sendi selama sebulan, lalu menghilang begitu saja. Namun, meski menghilang bukan berarti asam uratnya sembuh. Karena serangannya akan kembali lagi di kemudian hari, dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

Banyak orang yang mengabaikan penyakit ini,  karena menganggap asam urat bukanlah penyakit berbahaya. Sehingga, mereka membiarkan penyakit ini begitu saja, atau mengobati seadanya saja—cukup sampai rasa nyerinya hilang.

Padahal, tidak seperti itu. Asam urat tak bisa dipandang sebelah mata. Penyakit asam urat bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bila tak segera diobati sedini mungkin.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa efek samping dan juga komplikasi asam urat yang jarang diperhatikan orang.

Efek Samping dan Komplikasi Asam Urat

Komplikasi asam urat yang berbahaya
Aneka jenis makanan yang mengandung protein tinggi menghasilkan purin yang bertanggung jawab atas produksi asam urat dalam tubuh.




Asam urat biasanya diekskresikan oleh ginjal, tapi jika ada terlalu banyak asam urat dalam darah atau ginjal tidak berfungsi dengan baik, asam urat akan tetap berada di dalam tubuh, mengganggu sistem tubuh dan menghasilkan berbagai efek samping dan bahkan komplikasi penyakit lain.

Berikut ini, beberapa komplikasi asam urat yang dirasakan penderita terutama bila tak mendapatkan penanganan dan pengobatan serius.

  1. Batu ginjal

Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam urin dapat menyebabkan batu ginjal, yang terbentuk saat asam urat mengkristal di ginjal dan diendapkan disana lalu membentuk berbagai batu dengan beragam ukuran.

Ukuran batu-batu tersebut berkisar dari butiran pasir hingga potongan besar yang menyerupai batu di tanah. Batu-batu ini terjebak di ureter saat saat penderita mencoba buang air kecil. Batu ginjal adalah kondisi yang serius dan sangat menyakitkan karena dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada ginjal.

  1. Gagal ginjal

Komplikasi asam urat yang umum adalah gagal ginjal. Komplikasi ini terjadi pada penderita yang terlambat menangani penyakit asam urat yang dideritanya.

Kadar asam urat tak bisa dibiarkan melebihi batas normal di dalam darah. Sebab, bisa mengakibatkan organ-organ tubuh menjadi rusak, terutama organ ginjal.

Kerusakan ginjal disebabkan saringannya yang tersumbat. Bila saringan ginjal tersumbat, maka akan berdampak munculnya batu ginjal dan ujung-ujungnya mengakibatkan gagal ginjal.

Bila penderita asam urat mengalami gagal ginjal, mau tak mau penderita harus cuci darah, minimal 2 kali dalam seminggu. Ini tentu sangat merepotkan. Selain dibutuhkan biaya yang tinggi, hidup dan mati penderita dipertaruhkan pada cuci ginjal.

  1. Penyakit jantung koroner

Komplikasi asam urat lainnya adalah penyakit jantung koroner. Kuat dugaan, kristal asam urat merusak endotel atau pembuluh darah koroner. Itulah mengapa, jika kadar asam urat dalam darah meningkat melebihi batas normal, penderita harus segera berobat ke dokter untuk menurunkan kadar asam uratnya, agar kerusakan tak menyebar ke organ-oragan tubuh lainnya.

  1. Cacat Permanen

Asam urat dapat menyebabkan terjadinya peradangan kronis pada persendian. Sendi akan mengalami pembengkakan, memerah hingga luka karena kadar asam urat yang terlalu tinggi. Bila penderita asam urat tak melakukan pengobatan secepatnya, maka penderita akan berisiko mengalami kelumpuhan hingga cacat permanen.




  1. Diabetes

Diabetes ternyata merupakan salah satu komplikasi asam urat yang bisa dialami penderita. Penelitian di bidang kesehatan menemukan  fakta, bahwa kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan penyakit diabetes karena sindrom resistansi insulin. Penyakit asam urat, merupakan salah satu faktor pencetus risiko terkena diabetes 20 persen lebih tinggi.

  1. Obesitas

Penderita asam urat juga rentan mengalami masalah kesehatan lain yang diakibatkan tingginya asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi, bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Sehingga, bisa menyebabkan masalah obesitas pada penderita asam urat. Bila sudah menderita obesitas pintu penyakit lainnya terbuka lagi.

  1. Cedera yang tiba-tiba

Cedera tiba-tiba tanpa penyebab adalah juga komplikasi asam urat yang akut. Menurut Klinik Mayo di Amerika Serikat, penyakit asam urat bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi serius pada kesehatan. Salah satu di antaranya adalah cedera tiba-tiba yang parah. Ini disebabkan tubuh kurang gerak karena terlalu lama terbaring.

  1. Hipertensi atau darah tinggi

Asam urat yang melebihi batas normal di dalam darah, bisa menyebar ke seluruh tubuh bersama darah. Ini akan mengakibatkan darah menjadi lebih kental yang selanjutnya akan meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah.

Akibatnya, tekanan darah akan meningkat dari biasanya. Bila keadaan ini terjadi secara secara terus menerus, maka bisa mengakibatkan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

  1. Reumatik

Asam urat dan reumatik seringkali dikira sama, namun sebenarnya berbeda. Reumatik merupakan kondisi sakit pinggang yang diakibatkan kekakuan sendi, nyeri sendi dan bisa juga akibat penumpukan cairan pada pergelangan kaki dan tangan.

Dalam kasus penderita asam urat, penyakit reumatik bisa timbul bila asam urat dalam darah, sudah sangat berlebih dan sangat membahayakan.

  1. Beberapa jenis penyakit lainnya

Selain berbagai penyakit di atas, bahaya asam urat juga bisa menimbulkan penyakit katarak, sindrom mata kering, kolesterol, penyempitan arteri (arteriosklerosis), dan pengkristalan asam urat di dalam paru-paru

Demikian beberapa efek samping dan komplikasi asam urat yang berbahaya. Jika Anda memiliki penyakit asam urat, segeralah berobat untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit-penyakit lainnya. []

Tulis Komentar