Ternyata Kunyit dan Madu Bisa Sembuhkan Penyakit Paru-Paru.. Begini Cara Mengolahnya!

Ada beberapa jenis penyakit paru-paru yang umum dialami orang. Obat sakit paru-paru yang diresepkan dokter sangat tergantung dari jenis penyakit yang diderita pasien.

Selain menggunakan resep dari dokter sebagai obat sakit paru-paru, banyak dari masyarakat yang melakukan kombinasi pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang diramu secara tradisional.




Pengobatan yang tepat akan membantu mengoptimalkan penyembuhan penyakit paru-paru. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan kunyit dan madu sebagai alternatif pengobatan penyakit paru-paru.

1. Kunyit

Tanaman satu ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, salah satunya ada di Indonesia. Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga efektif sebagai obat sakit paru-paru.

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina selama beradab-abad. Kemudian dunia barat menyadari khasiat dari kunyit dan melakukan penelitian.

Hasilnya menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam kunyit dapat mengobati kanker, alzheimer, cystic fibrosis, pankreas, dan bronkitis. Kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang berkhasiat sebagai penyembuh alami yang paling kuat.

Dalam pengobatan Ayurveda, kunyit banyak digunakan sebagai obat medis untuk obat penyakit pernapasan. Kunyit mengandung anti purulen dan sifat anti inflasi yang berguna mengobati berbagai macam gangguan pernapasan salah satunya adalah bronkitis.




Kunyit juga dapat mengobati batuk dan berbagai etologi seperti batuk rejan atau dyspnea. Dalam percobaan penelitian, akar kunyit mampu mengobati saluran pernapasan udara seperti bronkitis, eosinofilia tropis, asam bronkial, dan bronkektasis.

Kondisi peradangan pada paru-paru membuat seseorang kesulitan untuk bernapas. Hal ini berkaitan dengan respons berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan kronis dan kerusakan jaringan paru-paru oleh radikal bebas.

Kandungan kunyit juga mampu mengatur sistem kekebalan tubuh. Kunyit membantu mengurangi dan mencegah beberapa gejala paru-paru seperti asma, penyakit paru-paru basah dan kering, gangguan paru obstrutif kronik, emfisema, pneunomia, brokitis, fibross paru-paru, radang selaput dada, dan cedera aritma jantung atau sebagai obat kemoterapi.

Bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan medis dengan mengonsumsi obat kimia dari dokter, tidak perlu khawatir jika mengombinasikannya dengan kunyit. Karena senyawa dalam kunyit tidak akan mengganggu pengobatan. Senyawa dalam kunyit membantu menggantikan obat yang berpotensi beracun .

Dalam penelitian, polifenol yang terjadi secara alami di kurkumin menawarkan pengobatan yang lebih aman. Mengikat radikal bebas seperti anion superoksida dan oksida nitrat, dan memodulasi jalur sinyal penting.

Walaupun terbuat dari bahan alami yang aman untuk tubuh, kunyit tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui Atau mereka yang memiliki masalah empedu dan diabetes.

Madu dan kunyit obat sakit paru-paru

Madu dan kunyit obat sakit paru-paru

Cara menggunakan kunyit sebagai obat sakit paru-paru

Pilihlah kunyit yang tumbuh secara organik karena kunyit tersebut memiliki lebih banyak enzim dan tidak terkontaminasi dengan pestisida atau zat kimia lainnya.

Pada dasarnya warna tidak memengaruhi kualitas kunyit. Simpan kunyit dalam wadah tertutup di tempat dingin, gelap dan kering.

Anda bisa mengolahnya dengan cara dihaluskan kemudian diambil airnya atau bisa juga memasukannya ke dalam masakan. Jika menginginkan cara yang lebih mudah, Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk kapsul.

2. Madu

Madu dibuat dengan proses alami yang unik, dibantu oleh lebah dengan cara mengambilnya dari nektar bunga.

Pada umumnya orang hanya menggunakan madu untuk merawat wajah agar terlihat lebih cantik, tetapi kandungan madu yang luar biasa ternyata dapat meningkatkan kesehatan penderita penyakit paru-paru.

Dalam setiap 100 gram madu terkandung 304 kkal, gula 82,12 gram, serat 0,2 gram, protein 0,3 gram, vitamin B2, B3M B5, B6, B9, dan vitamin C, mineral (kalsium, zat besi, magnesium, potassium, sodium, dan zinc).

Madu mampu menyembuhkan luka, sebagai anti inflamasi, antibakteri, gula fruktosa, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya untuk kesehatan paru-paru.

Bagi Anda yang memiliki sistem imun yang rendah, hindari untuk mengonsumsi madu, karena berisiko terkena jamur dan bakteri.




Manfaat madu untuk paru-paru:

Madu telah digunakan orang sejak dulu kala untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan paru-paru:

  • Menyembuhkan infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan banyak disebabkan oleh jamur dan bakteri. Madu berfungsi sebagai antibakteri. Menurut penelitian, pengobatan menggunakan madu memiliki persentase keberhasilan yang cukup tinggi.

Madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk influenza, radang hidung, dan radang saluran pernapasan.

  • Mengobati TBC

Madu mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit TBC. Penderita penyakit ini disarankan untuk menonsumsi madu secara rutin.

Cara mengonsumsi madu untuk kesehatan paru-paru

Adapun cara terbaik mengonsumsi madu untuk menyembuhkan sakit paru-paru adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa mengonsumsi langsung tanpa campuran apapun.
  • Masukkan madu sebanyak 60 gram atau satu sendok makan penuh kedalam satu gelas air hangat. Aduk hingga rata. Konsumsi dalam keadaan masih hangat dua kali setiap harinya.
  • Anda juga bisa mencampurkan madu dengan berbagai macam jus segar atau susu sapi. Madu juga berfungsi sebagai pemanis pengganti gula. Campuran bahan-bahan sehat tersebut dapat menambah khasiat untuk kesehatan.
  • Madu bisa Anda konsumsi untuk olesan roti.

Nah, bahan-bahan alami seperti kunyit dan madu yang mudah dijumpai dan ada di sekitar ini cukup aman dan efektif sebagai obat sakit paru-paru.

Anda juga bisa mencoba jenis makanan lain yang dapat membersihkan paru-paru dari kotoran dan bakteri seperti jahe, jeruk bali, bawang putih dan selenium.

Pengobatan menggunakan bahan-bahan alami memang keberhasilannya tidak secepat jika menggunakan obat-obat kimia. Namun, sisa dari obat-obatan kimia terkadang menimbulkan racun bagi tubuh.

Jangan lupa menjaga kesehatan paru-paru dengan rutin memeriksakan kondisi Anda ke dokter dan ikhtiarkan dengan pengobatan alternatif menggunakan kunyit dan madu. Dengan penanganan yang telaten serta gaya hidup yang sehat, penyakit paru-paru Anda mudah-mudahan bisa cepat membaik.

Tulis Komentar