Lima Kebiasaan Yang Bikin Panjang Umur

Panjang umur dan hidup sehat adalah keinginan banyak orang, sayangnya keinginan tersebut hanya sebatas keinginan karena tidak melibatkan usaha untuk mewujudkannya.

Minum air putih sebanyak-banyaknya dan ditambah jus ajaib dari Timur Tengah tidak akan mencegah anda bertambah tua. Suka atau tidak suka Anda akan menjadi tua dan lemah. Bahkan, beberapa penyakit tertentu dapat memperlemah organ tubuh dan mempercepat proses penuaan .




Tapi meskipun begitu, selagi anda masih muda, anda sebaiknya mulai berinvestasi dengan kesehatan anda. Apa-apa yang akan anda alami di masa tua adalah hasil dari apa yang anda lakukan di saat muda.

Berinvestasi kesehatan bertujuan untuk mendapatkan umur panjang, sehat dan bahagia.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, gaya hidup normal dan konsumsi suplemen kesehatan yang terbukti ampuh.

Setidaknya ada lima macam kebiasaan baik yang jika anda lakukan secara rutin dan konsisten akan membuat hidup anda lebih lama dan sehat. Mari kita bahas satu persatu, lima kebiasaan baik tersebut.

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran bikin panjang umur

Buah dan sayuran bikin panjang umur




Orang yang makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran secara konsisten memiliki risiko terendah terkena penyakit kronis. Dengan pola makan sehat seperti itu, berat tubuh yang sehat dapat dipertahankan dan hasilnya mereka bisa hidup lebih lama dan sehat.

Warna-warna yang beragam pada buah-buahan dan sayuran merupakan cerminan dari nutrisi dan antioksidan yang berbeda. Ada banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat melawan penuaan.

Contohnya Anthocyanin, antioksidan yang memberi warna biru gelap pada blueberry, dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker, sedangkan beta-karoten, prekursor vitamin A yang memberikan warna oranye pada wortel dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Makan berwarna pelangi setiap hari maksudnya adalah hiasi meja makan anda dengan aneka macam buah dan sayuran. Kara Mohr merekomendasikan untuk memilih satu atau dua jenis buah atau sayuran baru setiap kali Anda berbelanja untuk menjaga menu sayuran anda variatif.

Asam Lemak Rantai Panjang Omega-3

Asam lemak omega-3 rantai panjang eicosapentaenoic, atau EPA, dan asam docosahexaenoic, atau DHA disebut-sebut memiliki manfaat yang sangat besar mencegah sakit jantung. Dr Ramin Farzaneh-Far, seorang ahli jantung di San Francisco General Hospital, dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk melihat efek dari EPA dan DHA pada penuaan kromosom.

Mereka menemukan, sebagaimana dipublikasikan dalam JAMA, bahwa individu dengan tingkat tertinggi EPA dan DHA dalam darah mereka memiliki tingkat terendah risiko penyakit jantung dan tingkat paling lambat mengalami penuaan kromosom.

EPA dan DHA banyak ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon, tuna, halibut, mackerel dan sarden. Jika Anda tidak menyukai makanan laut atau Anda tidak suka makan ikan setiap hari, konsumsi lah suplemen minyak ikan. Mendapatkan EPA dan DHA dari suplemen sama baiknya mendapatkannya langsung dari makan ikan.




Floss Setiap Hari

Flossing atau membersihkan gigi dan gusi dengan benang tidak hanya baik untuk gusi Anda, tapi juga bagi umur anda. Flossing menghilangkan bakteri yang menyebabkan periodontitis yang menimbulkan gigi berlubang.

Bakteri tersebut juga menyebabkan masalah lain selain pada gigi dan gusi, bakteri tersebut jika tidak di hilangkan melalui flossing akan semakin banyak dan dapat memasuki aliran darah, menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, pembunuh terkemuka di Amerika Serikat.

Penelitian dari Journal of Periodontology membandingkan kebiasaan membesihkan gigi menggunakan benang pada beberapa orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang jarang membersihkan gigi menggunakan benang memiliki peluang 86 persen lebih tinggi bakteri memasuki darah mereka dibandingkan mereka yang melakukan floss setiap hari.

Minum Banyak Teh Hijau

Teh hijau tidak dapat melawan kanker, tetapi dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate. Dosis harian EGCG dikombinasikan dengan kafein akan membantu menurunkan berat badan Anda sebanyak tiga kilogram dalam 12 minggu, demikian laporan sebuah studi pada Januari 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Meskipun para ilmuwan belum yakin bahwa teh hijau dapat menghilangkan kehilangan lemak, Anda dapat tetap mendapat manfaat menyenangkan dengan minum teh hijau 3-5 gelas setiap hari, caranya dengan minum teh hijau saat anda selesai makan setiap hari.

Bergerak dan Terus Bergerak

Semakin tua usia semakin jarang tubuh bergerak dan massa otot akan semakin berkurang. Agar tetap sehat, anda harus aktif bergerak. Pelatih bersertifikat Keith Scott, pemilik Training & Fitness di Berlin Barat, New Jersey, mendesak klien-kliennya untuk melibatkan diri mereka dalam tugas-tugas rumah yang sederhana supaya mereka tetap bergerak.

“Pergi ke mall berjalan kaki di pagi hari adalah cara terbaik untuk melatih gerakan umum,” katanya. “Pada musim semi dan musim panas, saya mendorong klien saya bekerja di lingkungan mereka sendiri seperti membersihkan halaman, berkebun atau menyiangi tanaman.”

Kegiatan-kegiatan ringan seperti itu walaupun sederhana akan membuat anda terus bergerak seperti berjongkok, berjalan, membungkuk, mengangkat dan sebagainya. Manfaatnya akan sangat baik bagi organ tubuh vital seperti jantung dan paru-paru.

Dengan mengkonsumsi makanan yang direkomendasikan di atas sekaligus menjalani gaya hidup sehat akan membuat tubuh lebih kuat terhadap penyakit-penyakit dan tentunya akan membuat hidup jadi lebih menyenangkan, sehat dan panjang umur.

Komentar dan Tanggapan

  1. darell January 15, 2017

Tulis Komentar