8 Jenis Penyakit Paru-Paru yang Umum Dialami Orang

Penyakit paru-paru adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dialami orang. Setidaknya terdapat ratusan juta orang menderita penyakit paru-paru di dunia, sementara di Indonesia diperkirakan terdapat lebih dari 5 juta orang yang menderita penyakit paru-paru dari berbagai jenis dan tipe.

Paru-paru merupakan organ yang berperan penting dalam membawa oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Mengalami satu jenis penyakit paru-paru saja dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menimbulkan masalah pada organ tubuh yang lain.




Ada banyak jenis penyakit paru-paru yang siap menyerang Anda kapan saja. Dari penelitian diketahui bahwa kebiasaan merokok, infeksi, dan faktor genetika bertanggung jawab atas sebagian besar tipe penyakit paru-paru.

Baca juga: 4 Makanan Ini Bersihkan Paru-Paru Dalam 72 Jam, Perokok Wajib Baca!

Jenis-Jenis Penyakit Paru-Paru

Jenis penyakit paru-paru

Jenis penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru adalah segala jenis masalah pada organ paru-paru yang mencegah paru-paru berfungsi dengan baik.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas secara mendetail jenis-jenis penyakit paru-paru dan penyakit apa saja yang umum terjadi akibat adanya gangguan pada fungsi paru.




Ada tiga jenis penyakit paru-paru, yaitu:

  1. Penyakit saluran napas – Penyakit ini mempengaruhi tabung (saluran udara) yang membawa oksigen dan gas lainnya masuk dan keluar dari paru-paru. Penyakit pada saluran napas biasanya menyebabkan terjadinya penyempitan atau penyumbatan saluran udara. Penyakit saluran napas meliputi asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) dan Bronkiektasis (BE) yaitu penyakit saluran napas kronik. Orang dengan penyakit saluran pernapasan sering mengatakan bahwa mereka seolah-olah bernapas melalui sedotan.
  2. Penyakit jaringan paru – Penyakit ini mempengaruhi struktur jaringan paru-paru. Jaringan parut atau radang jaringan membuat paru-paru tidak dapat berkembang sepenuhnya. Hal ini membuat paru-paru sulit menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Orang dengan jenis penyakit paru-paru ini sering mengatakan seolah-olah “sedang mengenakan sweater atau rompi yang sangat ketat.” Akibatnya, mereka tidak bisa bernapas dalam-dalam. Adapun jenis penyakit paru-paru akibat kelainan jaringan adalah Fibrosis paru dan sarkoidosis.
  3. Penyakit sirkulasi paru – Penyakit ini mempengaruhi pembuluh darah di paru-paru. Jenis penyakit paru-paru ini disebabkan oleh pembekuan, jaringan parut, atau pembengkakan pembuluh darah. Gangguan ini mempengaruhi kemampuan paru-paru untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Penyakit ini juga bisa mempengaruhi fungsi jantung. Contoh penyakit sirkulasi paru adalah hipertensi pulmonal.

Pada dasarnya istilah penyakit paru-paru adalah istilah yang sangat luas dan mencakup berbagai patologi yang melibatkan paru-paru dan struktur terkait.

Organ dan sistem lain dalam tubuh mungkin juga terlibat, namun penyakit paru seringkali merupakan gangguan utama.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru dan Cara Mencegahnya

Pada umumnya, macam-macam penyakit paru-paru yang dialami sebagian orang merupakan kombinasi dari ketiga jenis penyakit paru di atas. Berikut ini beberapa jenis macam penyakit paru, yang meliputi informasi tentang gejala dan cara mencegahnya terjadi.

1. Bronkitis

Bronkitis ditandai dengan peradangan pada saluran bronkus yang mengangkut udara ke paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus, kuman, infeksi bakteri, debu, polutan udara, dan asap rokok.

Gejala:

Penderita akan mengalami batuk disertai demam. Dahak berwarna kuning jika hal tersebut disebabkan oleh infeksi kuman. Jika penyakit bronkitis sudah kronis, penderita akan mengalami batuk berdahak serta sesak napas selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Pencegahan:

Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berhenti merokok dan hindari asap rokok.

2.    Pneunomia

Pneunomia merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jaringan paru (parenkim) oleh virus, bakteri, atau jamur. Biasanya disebabkan oleh bakteri Mycoplasma Pneumoniae dan streptokokus.

Gejala:

Penderita akan mengalami batuk berdahak yang berwarna kuning dan kental. Penderita juga mengalami sesak napas yang disertai demam dan sakit pada dada.

Pencegahan:

Menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan. Biasakan selalu mencuci tangan, berolahraga dan makan makanan bergizi.

Macam-macam penyakit pada paru-paru

Macam-macam penyakit pada paru-paru

3.    Emfisema

Penyakit enfisema disebabkan karena hilangnya keelastisan pada alveolus. Alveolus

sendiri ialah gelembung-gelembung yang ada di paru-paru. Pada penderita penyakit

ini akan mengalami volume paru-paru yang lebih besar dibanding orang normal. Penyebab utama enfisema adalah asap rokok dan kekurangan enzim Alfa 1.

Gejala:

Penderita mengalami sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat diatasi dengan menggunakan obat yang digunakan oleh penderita asma. Penderita akan mengalami penurunan berat badan yang disebabkan menurunnya nafsu makan.

Pencegahan:

Hindari asap rokok dan asap-asap kendaraan.

4.    Asma

Penyakit asma disebabkan oleh penyempitan pada saluran pernapasan yang membuat si penderita sulit bernapas. Penyempitan ini terjadi pada pembuluh tenggorokan.

Asma bisa menyerang siapa saja. Faktor pemicunya bisa dari faktor keturunan, perubahan suhu, debu, kelembapan, gerak badan yang berlebihan, serta ketegangan emosi.

Serangan asma saat mengalami sesak napas dapat hilang sendiri ketika intensitas ringan. Namun ketika mengalami sesak napas yang hebat, penderita bisa mengalami kematian karena tidak bisa bernapas.

Gejala:

Penderita akan mengalami sulit bernapas disertai suara mengi.

Pencegahan:

Hindari segala hal yang menyebabkan alergi pada penderita serta menjaga lingkungan agar selalu bersih.

5.    TBC

Penyakit TBC bisa menular dengan mudah melalui percikan air ludah saat si penderita mengalami batuk, bersin, atau makan dan minum satu tempat dengan orang lain. TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tubercolosis.

Gejala:

Penderita akan mengalami batuk berdahak lebih dari 3 minggu disertai dengan batuk berdarah. Penderita juga akan mengalami demam pada pagi dan sore. Pada malam hari akan berkeringat serta nafsu makan menurun.

Pencegahan:

Jika mengalami gejala tersebut, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Hindari kontak air liur dengan orang-orang di sekitar Anda.

6.    Kanker Paru-Paru

Penyebab umum dari kanker paru-paru adalah asap rokok. Baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama memiliki risiko tinggi terkena kanker paru-paru.

Bahkan perokok pasif memiliki persentase lebih besar terserang kanker paru-paru. Selain asap rokok, kanker paru-paru juga disebabkan oleh radiasi radio aktif, stres, dan bahan kimia beracun.

Gejala:

Penderita akan mengalami sakit pada dada, batuk berdarah, sesak napas, berat badan menurun, dan mudah lelah. Gejala umum kanker paru-paru akan terlihat apabila kanker sudah tumbuh besar.

Pencegahan:

Hindari asap rokok serta mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

7.    Legoinnaries

Penyakit legoinnaries disebabkan oleh bakteri legionella pneumophilia, Penyakit ini mirip dengan pneunomia. Bakteri ini sangat cepat berkembang biak terutama pada batang air yang menggenang seperti pada pipa leding.

Gejala:

Gejala penyakit ini mirip dengan pneumonia. Namun penderita legoinnaries akan mengalami gejala diare.




Pencegahan:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berhenti merokok, dan menjaga kebersihan sumber air.

8.    Dipteri

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtherial. Bakteri ini menyerang saluran pernapasan bagian atas. Dipteri yang sudah akut sangat berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi pada organ seperti jantung. Dipteri juga bisa mengakibatkan kelumpuhan bagi penderitanya.

Gejala:

Panas, sesak napas, nyeri pada tenggorokan saat menelan, leher bengkak, serta terdapat selaput keabu-abuan pada tenggorokan yang menyumbat jalannya napas.

Pencegahan:

Menjaga lingkungan agar selalu bersih, rajin mencuci tangan, dan berolahraga.

Masih banyak jenis penyakit paru-paru yang lain, tapi pada umumnya delapan macam penyakit paru-paru di atas telah mewakili jutaan orang yang mengidap penyakit pernafasan ini.

Nah, sebelum terserang berbagai macam penyakit paru-paru seperti di atas, sebaiknya kita mulai mencegahnya dari sekarang dan menjaga kesehatan paru-paru kita dengan cara hidup sehat.

Tulis Komentar