14 Jenis Makanan yang Membuat Kulit Putih dan Halus

Merawat wajah bukan melulu menggunakan berbagai krim kulit, facial, atau menggunakan kosmetik yang harganya mahal. Merawat wajah bisa juga dengan mengonsumsi jenis makanan sehat yang dapat membuat kulit putih dan halus.




Pada dasarnya penyebab wajah menjadi kusam dan jerawat ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah penyebab yang muncul dari dalam diri kita sendiri seperti karena produksi hormon yang tidak seimbang.

Beberapa kondisi alamiah memang dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon terutama pada wanita, misalnya saat sedang mengalami haid, hormon estrogen akan menyebabkan wajah lebih mudah kotor dan berjerawat.

Disinilah pentingnya makanan sehat yang dapat membantu membuat kulit putih dan halus meskipun saat itu ada faktor internal dapat membuat wajah jadi kusam dan mudah berjerawat.

Sedangkan faktor eksternal memiliki peran yang paling banyak dalam menganggu penampilan kita. Misalnya, keadaan debu, cuaca, penggunaan obat, serta kosmetik.

Termasuk juga dalam faktor eksternal adalah makanan tidak sehat seperti Junk food, makanan berlemak, makanan pedas. Jenis makanan ini tidak direkomendasikan sebab dapat mengganggu kesehatan dan merusak kulit.

Makanan di atas merupakan jenis yang paling sulit untuk dihindari karena rasanya yang nikmat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengimbangi dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang lebih sehat.




Artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis makanan yang dapat membuat kulit putih dan bersih. Beberapa di antaranya adalah sayuran dan jenis buah.

Makanan yang membuat kulit putih dan halus

Makanan yang membuat kulit putih dan halus

Makanan Terbaik Untuk Kulit Putih dan Halus

Nutrisi dalam makanan sehat sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan senantiasa mengonsumsi makanan sehat maka kulit menjadi lebih putih, halus, cerah dan bersinar serta tidak mudah terganggu oleh faktor-faktor eksternal.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk memutihkan kulit dan wajah kita:

1 . Buah Anggur 

Anggur merupakan buah yang kaya akan anti oksidan sehingga bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang tidak sehat. Anggur sangat baik dalam membuat wajah dan kulit putih dan terlihat halus.

Meskipun tergolong buah yang cukup mahal, tetapi, mengkonsumsi anggur secara rutin akan memberikan manfaat bagi kulit wajah dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak ragu-ragu untuk segera membeli buah yang satu ini.

Agar lebih bermanfaat, konsumsilah anggur beserta bijinya. Sebab, biji anggur selain mengandung antioksidan juga, memiliki kemampuan untuk mengobati prosiasis dan eksim. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi keju, anggur merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi bersama keju.

2 . Brokoli 

Brokoli dapat untuk kulit putih dan halus

Brokoli dapat untuk kulit putih dan halus

Salah satu jenis makanan yang dapat membuat kulit putih dan halus adalah brokoli. Sayuran ini memegang peringkat pertama dalam daftar sayuran bernutrisi. Sebab, di dalam brokoli terkandung antioksidan yang tinggi, vitamin A, C, B kompleks, K, dan vitamin E.

Sebagai informasi tambahan, semua vitamin tersebut, memiliki peran penting dalam menjaga kulit agar tetap segar dan sehat. Selain itu, Anda patut berbahagia, karena dapat mengkonsumsi banyak brokoli dalam sehari karena kandungan kalori yang dimiliki oleh brokoli tergolong rendah.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa menyantap brokoli mentah-mentah atau memasaknya sebagai hidangan rumah tangga. Jika ingin mengkombinasikan menjadi sayuran, pastikan garam dan bumbu lainnya tidak berlebihan sehingga mengurangi nutri di dalam brokoli.

Karena brokoli biasanya ditanam menggunakan pestisida maka disarankan untuk mengonsumsi brokoli organik atau jika tidak mendapatkan jenis organik sebaiknya brokoli dicuci bersih menggunakan hidrogen peroksida atau sabun khusus buah dan sayur.

3 . Beras merah 

Beras merah sangat baik untuk kulit dan wajah

Beras merah sangat baik untuk kulit dan wajah

Beras merah juga sangat baik dalam membuat kulit jadi lebih putih dan halus bersinar. Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik dibanding beras putih. Selain memiliki kandungan gula yang lebih rendah, konsumsi beras merah akan memberikan Anda rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, kandungan nutrisi yang dimiliki oleh beras merah sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Masaklah beras merah dalam keadaan yang sama dengan Anda memasak nasi pada umumnya.

Meskipun lebih bermanfaat, biasanya beras merah tidak disukai karena rasanya yang kurang manis. Untuk mengatasinya, segeralah makan ketika masih dalam keadaan hangat.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Untuk Cantik Alami

4 . Alpukat 

Meskipun memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, buah alpukat memiliki berbagai nutrisi untuk kesehatan kulit karena itu sangat ampuh dalam membuat kulit putih dan halus.

Vitamin C dan E merupakan nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kecerahan kulit Anda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat secara rutin.

Anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya sebagai jus dan campuran makanan lain. Akan tetapi, hindari menambahkan gula, susu, atau coklat di dalamnya. Sebab hal tersebut akan menyerap nutrisi yang terkandung dalam alpukat dan menyebabkan sayuran ini tidak lagi memiliki vitamin yang cukup bagi kulit.

5 . Kacang dan biji-bijian 

Kacang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menyebabkan jerawat. Namun, jika diselidiki lebih dalam, konsumsi kacang secara benar justru dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan kulit dan mencerahkan wajah yang kusam.

Hal ini disebabkan karena kacang mengandung zat selenium dan seng yang berperan aktif dalam membunuh sel-sel mati dan kotoran.

Beberapa kacang dan biji-bijian yang bermanfaat bagi kulit antara lain kacang Brazil, biji labu, biji bunga matahari, dan almond.

Anda bisa menggorengnya secara langsung atau mencampurkan dengan oatmeal. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa kacang yang digoreng tidak perlu terlalu banyak garam, karena akan merusak nutrisi yang ada.

6 . Bit

Buah Bit merupakan makanan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaatnya sangat besar dalam membantu regenerasi sel dan membuat kulit terlihat lebih putih dan halus.

Bit mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti kalsium, magnesium, vitamin A, E, dan kalium. Untuk mengonsumsinya dapat secara langsung dimakan atau dicampur dengan menu lainnya.

7 . Buah Beri 

Berbagai macam keluarga buah beri memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan tersebut sangat baik untuk membantu mengusir racun dan sel-sel mati di dalam tubuh.

Dampak yang dapat dirasakan pada tubuh adalah kulit yang terlihat lebih segar, kencang, dan tetap awet muda. Anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau mencampurkan ke dalam menu salad sebagai bahan penikmat yang segar.

8 . Bawang putih 

Bawang putih adalah rempah-rempah yang sangat baik dalam memutihkan wajah dan menjadikannya lebih halus. Meskipun bawang putih memiliki bau yang tidak enak, tetapi fungsi yang ia miliki sangat baik bagi perawatan pada kulit.

Biasanya orang akan mencampurkan bahan masakan tersebut ke dalam berbagai menu masakan rumah, misalnya sayuran kacang, bayam, sop, hingga membuat sambal bawang.

9 . Tofu 

Tahu tofu dapat memutihkan kulit

Tahu tofu dapat memutihkan kulit

Tofu merupakan tahu yang kenyal dan cocok untuk vegetarian. Tofu merupakan jenis makanan yang dapat membantu kulit putih dan halus.

Selain itu tofu memiliki nilai gizi yang tidak kalah saing dibanding dengan gizi yang terdapat pada makanan lainnya untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsilah tofu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10 . Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan dikenal sebagai jenis sayuran yang baik untuk sistem pencernaan. Ternyata, semakin baik sistem pencernaan yang dimiliki oleh seseorang, maka kesehatan kulit juga semakin terjaga. Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan secara mentah untuk lalapan atau membuatnya ke dalam menu masakan.

11. Apel

Makan sebuah apel sehari sangat baik untuk menjaga penuaan kulit. Apel memiliki vitamin C yang sangat dibutuhkan kulit untuk melakukan regenerasi sel. Apple juga mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Untuk memastikan kulit dan wajah anda bersih bersinar, Anda bisa makan satu buah apel setiap hari. Anda juga dapat menjadikan apel sebagai masker wajah.

12. Wortel

Wortel untuk kulit halus dan putih

Wortel untuk kulit halus dan putih




Wortel mengandung beta karoten yang tinggi, di dalam tubuh zat ini diubah menjadi vitamin A. Ini membuatnya menjadi sayuran yang wajib ada dalam diet anda sehari-hari. Manfaatnya sangat besar dan dapat membuat kulit putih serta halus.

Wortel tidak hanya akan menjadikan kulit Anda bersih dan bersinar, tapi dia juga akan dapan melawan keriput dan memperbaiki kulit Anda menjadi sehat.

Tambahkan wortel pada sayuran atau salad anda. Atau bisa juga dengan meminum jus wortel setiap hari.

13. Lemon

Kulit akan cenderung terlihat kusam dan jelek ketika memiliki bekas luka, jerawat dan komedo. Lemon bisa menjaga dan menghilangkan bekas luka tersebut sampai tuntas. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang diperlukan untuk sintesis kolagen.

Cara terbaik mengonsumsi lemon adalah dengan memerasnya dalam segelas air hangat dan minum di pagi hari saat bangun dari tidur. Anda juga dapat menambahkan sesendok madu sebagai campuran.

Jika tidak ada lemon, anda menggantinya dengan jeruk nipis yang juga sangat baik bagi kulit wajah.

14. Bayam

Bayam sarat dengan antioksidan dan membantu mengurangi timbulnya keriput di wajah. Bayam juga membantu memperkuat jaringan kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Karena itu bayam termasuk dalam jenis makanan yang membuat kulit putih dan halus.

Biasanya bayam harus direbus dan kemudian ditambahkan ke salad atau sayuran anda. Jus bayam juga efektif dalam menjaga kulit Anda sehat.

Demikian informasi singkat beberapa jenis makanan yang dapat membuat kulit putih dan halus terawat sepanjang hari meski terdapat gangguan-gangguan dari luar yang dapat merusak kulit.

Leave a Reply