7 Makanan Ajaib Untuk Menurunkan Kolestrol Jahat

Kolesterol jahat adalah lemak yang diproduksi di organ hati atau berasal dari sumber makanan tertentu yang jumlahnya berlebih sehingga mengendap di dinding-dinding pembuluh darah dalam waktu lama dan berakumulasi menyebabkan darah tidak lancar. Akibatnya timbul penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi atau jantung.

Saking berbahayanya, dokter selalu menasehati pasien kolesterol tinggi untuk mengubah gaya hidup dan pola makannya menjadi lebih sehat. Karena itu melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam darah.




Pada dasarnya kolesterol adalah salah satu jenis lemak (lipid) yang sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk pembentukan hormon-hormon. Kolesterol dibentuk secara alami oleh tubuh di hati, selebihnya diperoleh dari makanan terutama protein hewani dan turunannya.

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi berlebih adalah penyebab utama kadar kolesterol jahat sangat tinggi dalam darah. Contohnya makanan yang mengandung lemak jenuh (jeroan, susu, keju) dan lemak trans yang berasal dari makanan yang digoreng.

Menghindari atau mengurangi dengan drastis jenis makanan tersebut akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Dan sebagai gantinya mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang berasal dari sayur dan buah-buahan sangat membantu dalam menurunkan kolesterol.

Ikan salmon dapat menurunkan kolesterol jahat

Ikan salmon dapat menurunkan kolesterol jahat

Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Makanan Sehat

Salah satu cara menurunkan kolesterol jahat dari dalam darah adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita kolesterol.




1. Ikan

Gantilah daging dan ayam dengan ikan, terutama ikan yang berasal dari laut. Hal ini dikarenakan, ikan mempunyai kandungan lemak jenuh yang rendah serta asam omega-3 yang cukup tinggi, contohnya ikan salmon.

Asam dalam kandungan ikan juga membantu menurunkan satu jenis lemak jahat bernama trigylcerides dalam darah. Selain itu, asam tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan plak pada darah dan itu sama artinya dengan menurunkan kolestrol pada tubuh anda.

2. Buah dan sayur-sayuran

Gaya hidup vegetarian terbukti ampuh dalam mereduksi kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Dibandingkan daging, protein nabati bebas lemak jenuh dan memiliki banyak serat yang bermanfaat melancarkan peredaran darah.

Jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah anggur, apricot, apel. Sementara jenis sayuran untuk menurunkan kolesterol adalah ubi jalar, bawang putih dan juga kol.

Beberapa buah juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat memberi rasa kenyang yang cukup lama. Diet buah dan sayur dapat melangsingkan badan jika dilakukan secara disiplin dan kontinyu.

3. Kacang-kacangan

Selain ikan, asam lemak Omega 3 juga banyak terdapat pada kacang-kacangan. Asam lemak ini terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Contoh kacang-kacangan yang baik adalah almond dan juga kenari. Dengan secara teratur mengkonsumsi kedua jenis kacang tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Yang perlu diperhatikan adalah bagi penderita asam urat yang memiliki beberapa pantangan dalam makanan yang mengandung banyak purin seperti pada kacang.

4. Teh

Teh adalah minuman kesehatan yang juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Sejak jaman dulu teh telah digunakan oleh para tabib untuk membantuk pasien dengan keluhan khas kolesterol jahat.

Kemampuan teh terletak pada kandungannya yang bernama epigallocatechin gallate yang berfungsi sangat baik dalam mencegah terjadinya pembentukan kolesterol jahat berlebih dalam darah.

Teh yang dimaksud dalam hal ini tentunya adalah yang telah memenuhi standar-standar kesehatan, sebab beberapa teh yang dijual di pasaran juga mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang jika dikonsumsi berlebih juga tidak baik bagi kesehatan.

5. Alpukat

Alpukat termasuk jenis sayuran yang sering diperlakukan seperti buah karena rasanya yang enak. Alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi tapi memiliki lemak tak jenuh sehingga sangat aman dikonsumsi.

Jangan menambahkan gula atau susu pada alpukat sebab kalorinya sudah cukup tinggi. Lebih baik kombinasikan alpukat dengan buah lainnya untuk menekan kalori dalam alpukat.




6. Cokelat

Semua orang pasti menyukai sebatang cokelat atau minuman cokelat panas, selain karena rasanya yang nikmat juga karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan sangat besar. Pilihlah cokelat yang pekat atau hitam karena memiliki antioksidan yang lebih banyak meskipun rasanya lebih pahit.

Sebuah penelitian pernah dilakukan pada 19.300 responden yang diberi cokelat. Hasilnya, mereka yang makan cokelat paling banyak diketahui memiliki tekanan darah yang juga rendah dan memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang juga rendah.

7. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dari dalam darah. Mengkonsumsi produk-produk kedelai juga sangat baik karena mengandung protein nabati yang tidak kalah dengan protein hewani.

Contoh makanan hasil turunan dari kedelai adalah tahu, tempe, tepung, kecap dan susu. Untuk mendapatkan hasil yang baik, hindari menggoreng tahu tempe menggunakan minyak jelantah karena dapat mengubah makanan tersebut menjadi lemak trans yang berbahaya.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat secara alami dari tubuh. Hindari atau kurangi protein hewani dan gantilah dengan protein nabati, dan perbanyak makan sayur dan buah akan menurunkan kolesterol dengan cepat.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, iringi perubahan pola makan di atas dengan perubahan gaya hidup, contohnya berhenti merokok, perbanyak olahraga dan hidup tenang. Hal-hal ini sangat membantu tubuh dalam mereduksi kolesterol jahat dari darah.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dari dalam tubuh, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. irpan January 1, 2017

Tulis Komentar