Manfaat Utama Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah air putih bisa digunakan sebagai alternatif alami untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya ataupun mencegah terjadinya berbagai macam jenis penyakit yang tidak diinginkan.

Bahkan 70% dari tubuh manusia terdiri dari cairan, sehingga kebutuhan tubuh akan air cukup tinggi. Dan karena itu manfaat air putih bagi kesehatan tubuh tentunya tidak bisa digantikan dengan cairan apapun.




5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Air putih merupakan jenis minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena tidak mengandung campuran zat-zat kimia yang tidak baik bagi tubuh. Apabila anda ingin mendapatkan kondisi badan yang sehat dan bugar setiap hari, maka sebaiknya anda banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya, minimal 8 gelas/hari.

Manfaat air putih bagi tubuh untuk menjaga kesehatan memang sangat banyak, dan apabila diuraikan satu per satu mungkin tak akan ada habisnya. Salah satu manfaat yang bisa anda rasakan secara langsung adalah menghilangkan rasa haus pada saat siang ataupun malam hari.

Lantas, apa sajakah berbagai manfaat yang terkandung di dalam air putih tersebut ? Berikut kami akan memberikan ulasan informasinya kepada anda mengenai manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Penghilang rasa haus atau dehidrasi

Manfaat paling utama yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi air putih adalah dapat menghilangkan dehidrasi atau rasa haus yang berlebihan. Coba anda bayangkan apa yang akan terjadi apabila anda tidak pernah minum air putih ketika merasa haus ?




Pastinya anda akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh anda menjadi lemas dan lunglai. Mengkonsumsi banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebihan tentunya akan membuat seseorang mudah terserang berbagai macam jenis penyakit. Baca juga: Tips Diet Alami Menurunkan Berat Badan.

Keadaan postur tubuh yang tidak seimbang dengan tinggi badan akan membuat tubuh sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan cepat seperti manusia pada umumnya. Anda bisa menggunakan air putih untuk diet sebagai metode alami untuk membantu anda menurunkan berat badan yang berlebih.

Air putih mengandung senyawa molekul alami yang berfungsi untuk menekan pencernaan pada usus, sehingga apabila anda banyak mengkonsumsi air secara rutin, pencernaan anda akan lancar serta nafsu makan anda akan berkurang.

Air putih juga berfungsi untuk meluluhkan tumpukan lemak dalam tubuh dan mengubahnya menjadi kotoran yang akan dikeluarkan oleh tubuh.

Manfaat air putih bagi kesehatan

Manfaat air putih bagi kesehatan

3. Menjaga fungsi ginjal

Memiliki ginjal yang sehat akan membuat seseorang terlihat lebih bugar dan aktif. Banyak mengkonsumsi air putih setiap hari bisa membantu anda untuk menjaga dan melindungi ginjal anda dari berbagai macam serangan penyakit yang membahayakan.

Sebaliknya, seseorang yang kurang mengkonsumsi air putih bisa menyebabkan resiko terserang penyakit gagal ginjal.

4. Meningkatkan sistem peredaran darah




Air putih juga berfungsi untuk membantu sel-sel darah melakukan fungsi dan perannya masing-masing dengan baik. Apabila anda kurang mengkonsumsi air putih, maka dapat dipastikan bahwa sistem peredaran darah anda tidak akan bekerja dengan baik. Bahkan, kekurangan air putih juga bisa menyebabkan terjangkit penyakit anemia.

5. Membuat kulit halus dan cerah

Memiliki kulit yang terasa halus dan tampak cerah merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan kondisi atau jenis kulit yang demikian bisa anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi air putih. Air putih terbukti mampu membantu sel-sel kulit beregenerasi dan melembabkan kulit yang kering dan bersisik.

Mengkonsumsi banyak air putih memiliki banyak khasiat dan manfaat yang menggiurkan bukan? Namun, bagaimana apabila kondisi badan sedang tidak dalam keadaan haus tetapi belum mengkonsumsi air putih sama sekali? Berikut kami akan memberikan tipsnya untuk anda.

1. Banyak melakukan olahraga

Melakukan olahraga akan membuat tubuh berkeringat dan membuat anda merasa haus dengan cepat, sehingga akan merangsang anda untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih. Selain itu, olahraga juga menyehatkan dan bisa membantu meluluhkan lemak dan mengubahnya menjadi energi.

2. Konsumsi banyak sayur-sayuran

Mengkonsumsi banyak sayuran yang kaya akan serat akan membuat anda merasa haus. Selain itu, mengkonsumsi banyak sayuran juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan bersinar secara alami.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat air putih bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Tulis Komentar