10 Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Ketahui

Anggur adalah salah satu jenis buah yang memiliki sangat banyak manfaat, baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Penggunaan anggur sehari-hari tidak hanya dikonsumsi sebagai buah melainkan telah diolah menjadi minuman, minyak dan jelly.

Buah anggur memiliki kandungan likopen dan karotenoid yang cukup tinggi. Kedua zat kimia ini terbukti bermanfaat menghambat munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh.




Manfaat buah anggur yang lain adalah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit degeneratif seperti: penyakit kanker, penyakit jantung dan beberapa tanda-tanda penyebab penuaan dini.

Berdasarkan warnanya, anggur bisa dibedakan atas beberapa jenis variasi yaitu: kuning, hitam, hijau dan merah. Warna-warna ini terbentuk dari susunan zat penyusun yang juga berbeda.

Setiap jenis anggur memiliki kandungan gizi yang berbeda tapi secara umum anggur terdiri atas 70% air dan 20% gula, sementara 10% sisanya terbagi atas komponen-komponen di bawah ini:

  • Vitamin
  • Glukosa
  • Asam Fosfat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Asam galat

Khasiat dan Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

manfaat buah anggur

manfaat buah anggur

Manfaat buah anggur tidak hanya ditemukan pada daging buahnya saja, melainkan kulitnya pun diketahui mempunyai kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids termasuk: antosianin, prosianidin, quercetin dan katekin. Reseveratol berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih awet muda dan mencegah terjadinya penyakit kanker.




Lantas, apa saja manfaat anggur yang bisa kita dapatkan dengan secara rutin mengkonsumsinya setiap hari? Berikut kami tuliskan beberapa khasiat dan manfaat buah anggur bagi kesehatan.

1. Mengobati dan mencegah penyakit jantung

Apabila anda rutin mengkonsumsi buah anggur maka tingkat oksida nitrat dalam darah anda akan meningkat, zat ini berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dan mengurangi terjadinya resiko penyakit jantung.

Antioksidan yang terkandung dalam buah anggur juga mampu menghentikan timbulnya oksidasi kolesterol LDL yang menjadi penyebab utama terhambatnya pembuluh darah. Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan mengkonsumsi anggur merah.

2. Mengobati saluran asma (pernafasan)

Untuk anda yang mempunyai masalah dengan pernafasan, buah anggur hijau merupakan salah satu obat alami yang ampuh dan mujarab untuk mengatasi masalah tersebut.

Khasiat buah anggur hijau memang terbukti mampu mengobati sesak nafas, hidung tersumbat, batuk dan mengeluarkan lendir berlebih yang menempel pada saluran pernafasan.

3. Anti bakteri

Buah anggur mempunyai kandungan anti virus dan anti bacterial yang sangat efektif melindungi sekaligus menjaga kekebalan tubuh dari infeksi yang membahayakan kesehatan tubuh. Dengan secara rutin makan buah anggur maka anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda secara alami.

4. Alzhemimer

Buah anggur juga memiliki kandungan resvelator yang mana kandungan tersebut merupakan bagian dari senyawa polifenol. Kandungan resvelator yang terdapat dalam buah anggur bermanfaat untuk menyehatkan fungsi otak, menjaga memori otak sehingga membuat seseorang tidak mudah lupa dan mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

5. Mencegah kanker payudara

Apabila anda rutin mengkonsumsi buah anggur setiap hari, maka anda akan terhindar dari resiko penyakit kanker payudara. Hal tersebut disebabkan karena kandungan senyawa yang terkandung di dalam buah ini sangat efektif untuk menghancurkan dan melawan sel-sel kanker pada payudara.

6. Menyehatkan ginjal

Mengkonsumsi buah anggur setiap hari secara rutin juga berfungsi untuk membuang zat asam yang terdapat pada ginjal, sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga dan mengurangi adanya resiko terjadinya gangguan pada tekanan ginjal.

7. Menjaga daya tahan tubuh

Buah anggur mempunyai kandungan senyawa anti bakteri yang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Tidak heran apabila buah anggur sangat mujarab dan ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit.




Manfaat buah anggur untuk menjaga daya tahan tubuh bisa anda peroleh dari buah anggur hitam.

8. Memutihkan gigi secara alami

Salah satu manfaat buah anggur yang juga cukup populer di masyarakat adalah dapat memutihkan warna gigi secara alami. Buah anggur memiliki kandungan asam malat yang berfungsi untuk menghilangkan kerak dan noda pada gigi.

Untuk dapat memutihkan gigi dengan menggunakan buah anggur caranya yaitu dengan menggosok-gosokan buah anggur pada permukaan gigi secara merata. Untuk hasil yang maksimal, lakukan tips ini secara rutin setiap hari sebelum menyikat gigi.

9. Menurunkan kadar gula darah

Mengkonsumsi atau meminum jus anggur secara rutin setiap hari dapat membantu anda menurunkan kadar gula dalam darah secara cepat dan aman. Kadar gula darah yang tinggi dalam darah adalah pertanda penyakit diabetes.

10. Mengatasi migraine

Jika anda sering terserang migraine, cobalah untuk rutin mengkonsumsi anggur hitam dan dalam beberapa saat migraine anda pun akan hilang. Cara ini telah terbukti keampuhannya dan sangat efektif.

Demikian ulasan singkat khasiat dan manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar