Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan

Buah naga atau yang biasa juga disebut buah Pitaya adalah buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus. Aslinya buah ini berasal dari negara Meksiko dan berhasil dibudidayakan di beberapa negara Asia seperti Indonesia dan Malaysia.

Manfaat buah naga merah sangat banyak terutama bagi kesehatan. Kandungannya yang memiliki banyak nutrisi sangat berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.




Saat ini, anda bisa menemukan buah naga merah atau putih di pasar-pasar tradisional maupun modern di sekitar tempat tinggal Anda masing-masing. Harganya yang cukup terjangkau membuat buah ini bisa dibeli oleh semua kalangan.

Buah naga memiliki ciri khusus pada bentuk dan bagian dalamnya. Secara umum, ada jenis buah naga jika dilihat dari warna daging buahnya, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Buah naga merah memiliki warna daging buah merah dengan banyak titik-titik hitam yang merupakan bijinya.

Sementara buah naga putih memiliki daging buah berwarna putih yang juga bertitik-titik hitam bijinya. Anda bisa melihat perbedaannya saat membelah buah naga tersebut. Jika dilihat dari penampilan fisiknya sama saja, yaitu kulit buah seperti bersisik besar dengan warna dominan merah dan ujung-ujungnya hijau.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Lalu, apa saja manfaat buah naga merah yang perlu diketahui? Berikut ini informasi singkat khasiat buah naga merah yang perlu diketahui.

1. Mencegah dehidrasi dan menghaluskan kulit tubuh




Buah naga merah mengandung banyak air sehingga sangat bermanfaat mencegah dehidrasi. Anda bisa memakan daging buah ini secara langsung dan mendapatkan air di dalamnya.

Jika tidak terbiasa, daging naga merah akan terasa hambar alias tidak ada rasanya. Namun demikian, kesegarannya luar biasa sehingga dapat menyuplai cairan bagi tubuh. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari gejala dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dianjurkan dikonsumsi pada pagi hari, setelah Anda berolahraga sehingga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Manfaat buah naga merah bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah naga merah bagi kesehatan dan kecantikan

2. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat buah naga merah berikutnya, yaitu dapat menstabilkan kadar gula pada darah, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes. Pasalnya, kandungan nutrisi di dalam buah naga merah sangat minim gula.

Selain itu, buah ini juga dapat menetralisir kandungan gula berlebih di dalam darah yang tidak menutup kemungkinan menjadi racun yang bisa menyebabkan penyakit mematikan.

Anda bisa mengkonsumsi buah naga merah secara teratur, baik di makan langsung atau dijadikan minuman jus segar. Silakan dicoba di rumah.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah naga merah yang banyak dicari orang adalah kemampuannya mencegah penyakit kanker. Kandungan zat antioksidan di dalam daging buah naga merah cukup banyak.




Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Zat antioksidan sangat bermanfaat untuk mencegah sel-sel kanker yang bisa jadi menyerang tubuh Anda.

4. Manfaat Buah Naga Merah Bagi Tulang

Buah naga merah mengandung kalsium dan zat besi yang tinggi. Satu buah kecil naga merah dapat memenuhi 1 persen kebutuhan gizi harian.

Buah naga merah dan putih adalah sumber zat besi yang sangat tinggi dan dapat memenuhi 8 persen kebutuhan harian manusia.

Selain membantu kesehatan tulang dan gigi, zat kalsium juga diperlukan untuk meningkatkan fungsi otot manusia. Zat besi sangat dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh.

5. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang menjengkelkan karena kadang sulit di atasi. Jika anda memiliki masalah jerawat membandel, anda bisa menggunakan buah naga merah sebagai obat jerawat alami.

Anda bisa membuat masker wajah dari buah ini dan dioleskan langsung ke seluruh wajah. Setelah itu tunggu sampai masker kering di wajah lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal lakukan dua kali sehari.

Demikian informasi singkat beberapa manfaat buah naga merah bagi kesehatan dan juga kecantikan, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Susy Imelia March 16, 2016
  2. ichal March 21, 2016
  3. tanya buah naga April 4, 2016

Tulis Komentar