Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Buah nanas adalah salah satu jenis buah yang disenangi banyak orang karena rasanya yang manis-manis asam. Selain rasanya yang enak buah nanas juga memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Rasa asam yang dimiliki oleh buah nanas menjadikan buah ini kerap dicampur dengan untuk membuat berbagai macam olahan kuliner nusantara seperti: asinan, rujak ataupun sebagai bahan pelengkap pada resep masakan.




Manfaat buah nanas telah banyak diketahui oleh orang-orang dulu terutama oleh mereka yang memiliki masalah dengan haid yang tidak lancar. Selain itu beberapa khasiatnya yang lain juga ampuh bagi kesehatan seperti mencegah hipertensi dan menguatkan tulang.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah nanas yang perlu anda ketahui:

1. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan sebuah kondisi dimana orang dewasa mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk membaca dan melihat sesuatu.

Nanas memiliki kandungan betakaroten yang mampu meningkatkan sistem penglihatan seseorang dan harus dikonsumsi secara rutin dan teratur demi kesehatan mata.




2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah nanas yang sangat penting bagi kesehatan adalah imunitas. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan dan meningkatkan daya tahan tubuh karena efek antioksidan yang tinggi.

Disamping itu, nanas juga kaya akan kandungan zat asam amino. Zat asam amino yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu menjaga stamina tubuh agar seseorang tidak mudah merasa lelah ketika sedang melakukan aktivitas yang berat.

3. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti berbagai macam buah dan sayur pada umumnya, nanas juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan usus.

Namun, tidak seperti banyak buah dan sayur kebanyakan, nanas memiliki kandungan senyawa bromelain yang cukup besar, dimana enzim tersebut dapat memecah protein yang berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan

4. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan jenis penyakit yang harus segera ditangani, sebab apabila dibiarkan penyakit hipertensi bisa berubah menjadi penyakit jantung atau stroke.

Nanas merupakan alternatif alami yang paling mudah dan efektif mampu mengatasi dan mencegah penyakit hipertensi. Nanas memiliki kandungan sodium yang rendah dan memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium berfungsi untuk membantu menjaga tekanan darah tinggi dan menyeimbangkannya hingga bisa kembali normal.

5. Menguatkan Tulang

Nanas terbukti memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan berfungsi untuk memperkuat tulang dan jaringan ikat dalam tubuh. Mengkonsumsi secangkir jus nanas setiap hari dapat memberikan sekitar 73% nutrisi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan kandungan kalsium yang terdapat dalam buah nanas juga berfungsi untuk mencegah terjadinya osteoporosi pada wanita setelah mengalami masa menopause.

6. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat buah nanas bagi kecantikan adalah menjaga kesehatan kulit. Nanas memberikan asupan nutrisi terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesi kolagen makan kulit akan menjadi semakin sehat dan elastis.




Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah nanas seperti vitamin C dan asam amino dapat memperbaiki jaringan dan sel0sel dalam tubuh yang rusak.

Nanas juga mengandung vitamin B komplek yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit serta memberikan efek hidrasi pada kulit.

7. Merawat Kesehatan Bibir

Buah nanas yang digunakan bersamaan dengan minyak kelapa dapat anda jadikan referensi alami untuk merawat kesehatan bibir agar terhindar dari bibir yang kering dan pecah-pecah.

Disamping itu, campuran antara nanas dan minyak kelapa ini juga dapat memberikan efek kilau yang alami pada bibir, sehingga bibir akan terlihat lebih segar dan mempesona.

8. Membantu menurunkan berat badan

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, tembaga, tiamin dan serat. Salah satu kandungan di dalam buah nanas yang paling penting untuk pembentukan tubuh dan juga untuk melangsingkan tubuh adalah kandungan enzim bromelain.

Enzim bromelain merupakan jenis enzim yang berfungsi untuk menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Enzim bromelain dipercaya mampu menghilangkan lemak berlebih pada bagian paha dan perut.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat buah nanas yang perlu anda ketahui. Sekarang ini, anda bisa membeli buah nanas tidak hanya di pasar tradisional tapi juga di beberapa toko buah dan supermarket.

Tulis Komentar