13 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya memiliki nama latin Carica papaya dan termasuk ke dalam famili Caricaceae. Pada awalnya, tanaman pepaya berasal dari daerah Meksiko dan biasa ditanam di kebun atau pekarangan rumah. Ada banyak sekali manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi,

Buah pepaya memiliki ciri memanjang dan berukuran cukup besar. Buah pepaya yang sudah matang saat dibelah akan memiliki daging buah berwarna merah, meski beberapa jenis yang lain memiliki warna kuning.




Sementara itu, di bagian tengahnya berkumpul biji buah pepaya dengan jumlah cukup banyak berwarna hitam. Salah satu manfaat buah pepaya adalah bijinya yang bisa digunakan sebagai obat alami jerawat. Anda jangan memakan bijinya karena rasanya pahit.

Buah ini memiliki banyak kandungan air dengan rasa yang manis. Pada umumnya harga sebuah pepaya tidak begitu mahal tetapi meski demikian kandungan gizi dan vitamin di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sejak zaman dahulu kala buah pepaya telah dipercaya mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia, baik kesehatan maupun kecantikan. Lantas, apa sajakah kandungan dan manfaat yang terkandung dalam buah pepaya ?

Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Manusia

Karena memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, maka manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh sudah tidak bisa diragukan lagi. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, riboflavin, niacin, kalsium, zat besi, fosfor, kalori, protein, karbohidrat, lemak dan kalium.

Berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat buah pepaya bagi kesehatan.




1. Mengatasi gangguan pencernaan

Buah pepaya memiliki kandungan serat dan enzim papain yang berfungsi untuk membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan, seperti buang air besar dan sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah penyakit wasir.

Kandungan papain yang terdapat dalam buah pepaya juga bisa membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan di dalam usus.

Dengan pencernaan yang lancar tentunya tubuh juga tidak akan menyimpan timbunan lemak yang berlebih, itulah mengapa manfaat buah pepaya untuk diet bisa anda terapkan untuk mendapatkan bentuk badan yang ramping dan ideal.

10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mencegah flu

Salah satu manfaat buah pepaya yang juga sangat penting adalah mencegah tubuh terserang flu. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah serangan penyakit seperti batuk dan pilek, selain itu juga berfungsi untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh sehingga mencegah terjadinya resiko terserang penyakit kanker.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Selain buahnya, biji buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Biji buah pepaya memiliki kandungan phenotic dan flavonoid, yaitu sebuah senyawa aktif yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan ginjal.

4. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya terbukti dapat mengatasi oksidasi kolesterol dan bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

5. Mempertajam penglihatan

Apabila anda memiliki masalah dengan kesehatan mata, maka sebaiknya rajinlah mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan betakaroten yang bisa di konversi menjadi vitamin A yang bermanfaat melindungi dan menjaga kesehatan mata anda.

6. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah pepaya bagi kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini. Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal adanya radikal bebas yang bisa menjadi penyebab utama kesrusakan kulit, seperti : keriput, jerawat, flek hitam dan lain-lain.

7. Kesehatan kulit

Selain itu, manfaat buah pepaya yang baik bagi tubuh adalah meningkatkan kesehatan kulit. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Apabila anda rutin mengkonsumsi buah pepaya, maka wajah anda akan terasa lebih lembab dan halus, serta warna pigmen kulit akan berubah menjadi lebih cerah dan berseri.

8. Memperbesar alat vit4l

Kandungan enzim arginine yang terdapat di dalam buah pepaya sangat efektif untuk mendongkrak aliran darah pada daerah di sekitar penis.

Enzim arginine berfungsi untuk mendorong asam nitrat tubuh untuk dapat merelaksasikan otot-otot pada area pembuluh darah, sehingga penis akan membesar secara otomatis dan aliran darah di sekitar penis akan lebih lancar.

9. Anti radang

Pepaya memiliki kandungan chymopapain dan papain yang dapat meredakan peradangan dan membantu mempercepat penyembuhan luka bakar.

Khasiat tersebut dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai jenis luka bakar yang terdapat di permukaan kulit, psoriasis serta berbagai penyakit kulit yang lainnya.

10. Menangkal radikal bebas




Apabila tubuh terkena radikal bebas, maka kulit akan mengalami berbagai masalah seperti: flek, keriput dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal tersebut, apabila anda ingin selalu tampak lebih muda, maka sebaiknya anda banyak mengkonsumsi buah pepaya yang kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal terjadinya radikal bebas.

11. Mengatasi sembelit

Manfaat buah pepaya berikutnya adalah menyembuhkan sembelit atau melancarkan buang air besar. Anda cukup mengkonsumsi buah pepaya yang enak dan segar tersebut secara rutin. Dipastikan buang air besar akan lancar setiap hari.

12. Meredakan gejala panas dalam

Anda mungkin pernah mengalami gejala panas dalam, seperti tenggorokan kering dan sakit, tubuh terasa panas, sariawan, dan lain sebagainya. Untuk meredakannya, makanlah buah pepaya secukupnya.

Buah pepaya bersifat dingin karena cukup banyak kadar airnya. Dengan mengkonsumsinya, tubuh Anda akan terasa lebih dingin dan nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Anda bisa memotong kecil-kecil buah pepaya tersebut, lebih enak jika dalam kondisi dingin. Rasanya yang segar dan manis memang sangat menggugah selera.

13. Mencukupi kebutuhan vitamin

Berbagai jenis buah tak terkecuali pepaya dapat mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh Anda. vitamin tersebut berfungsi sebagai pelindung dan pembangun sel di dalam tubuh, sehingga sangat dibutuhkan tiap orang.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. DiMas MuhammadFadillah July 23, 2015
  2. Oki Ma'arif July 23, 2015
  3. GNius Bakhan July 23, 2015
  4. sabun pepaya August 9, 2017

Tulis Komentar