7 Manfaat Cokelat Panas Bagi Kesehatan

Cokelat adalah salah satu jenis minuman favorit banyak orang, selain rasanya yang nikmat jika diminum panas, manfaatnya untuk kesehatan juga sangat besar. Apalagi jika minum segelas cokelat panas di musim hujan tentu rasanya akan semakin nikmat.

Beragam penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu manfaat cokelat. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa cokelat memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Disebutkan bahwa cokelat yang semakin gelap berarti mengandung antioksidan yang lebih tinggi juga.




Menggunakan cokelat panas sebagai obat bagi yang sakit telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Di negara Cina, coklat sudah digunakan sebagai minuman kesehatan yang sangat mujarab sejak abad ke 16.

Mengapa cokelat begitu bermanfaat? tak lain dan tak bukan karena kandungan di dalamnya. Untuk setiap gelas cokelat panas yang anda minum mengandung zat berikut ini:

  • Karbohidrat 14%
  • Protein 9% (terdiri atas zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • Lemak 31%
  • Alkanoid (penyebab rasa pahit pada cokelat)
  • Zat-zat lain

Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu tidak salah jika beberapa orang menjadikan cokelat sebagai minuman harian mereka untuk menjaga kesehatan sekaligus menikmatinya rasanya.

Manfaat cokelat untuk kesehatan

Manfaat cokelat untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Cokelat yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini beberapa manfaat cokelat panas alasan untuk dunia kesehatan yang akan membuat Anda semakin menyukainya lagi.




1. Meningkatkan kesehatan otak

Otak adalah organ vital yang aktif bekerja 24 jam setiap hari, karena itu agar bisa bekerja optimal otak membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Salah satu sumber nutrisi terbaik untuk otak adalah segelas cokelat panas.

Cokelat mengandung flavanoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah sekaligus oksigen menuju otak. Lebih banyak darah yang membawa oksigen ke otak berarti otak akan lebih segar dan tentu saja lebih sehat.

2. Antioksidan alami

Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Dibandingkan dengan sebatang cokelat, kandungan antioksidan dalam segelas cokelat panas lebih banyak dan lebih kuatmemberi efek positif pada kesehatan tubuh.

3. Memperbaiki suasana hati

Manfaat cokelat untuk memperbaiki suasana hati memang sudah diketahui banyak orang. Coklat panas dapat menurunkan stres, depresi maupun kecemasan. Endorfin yang memiliki tanggung jawab besar atas suasana hati Anda akan disekresikan ketika Anda meminum segelas cokelat panas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat cokelat panas bagi kesehatan adalah membuat jantung lebih kuat. Kandungan flavanoid dalam coklat sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Minumlah cokelaat panas segelas setiap hari tapi tidak lebih dari dua cangkir sebab berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari rutin minum cokelat adalah berat badan yang turun. Coklat mengandung kalori yang cukup banyak sehingga membuat anda lebih tahan terhadap lapar. Jika tubuh mendapat cukup kalori maka anda tidak butuh lagi asupan tambahan atau setidaknya keinginan anda untuk makan berat sedikit berkurang.

6. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat sangat berbahaya jika terlalu banyak bercokol di dalam darah. Dengan rutin minum cokelat panas setiap hari akan membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

7. Meningkatkan produksi insulin secara alami

Manfaat cokelat bagi kesehatan sangat besar, ini terlihat dari kemampuan tubuh dalam memproduk insulin yang semakin meningkat dengan secara rutin minum coklat. Hal ini berarti risiko diebetes juga semakin kecil.

Tujuh poin penting di atas membuktikan betapa cokelat sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Coklat yang dimaksud dalam artikel ini tentu bukanlah makanan cokelat berupa cemilan yang biasa ditemui di toko-toko. Cokelat batangan seperti ini justru tidak baik karena sudah mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Bagi Anda yang ingin menyajikan cokelat olahan, berikut ini beberapa tips bagaimana cara melelehkan coklat secara tepat dan baik bagi kesehatan.

Tips melelehkan cokelat yang baik

Salah satu faktor yang umumnya menjadi penyebab kegagalan Anda dalam melelehkan coklat yaitu karena Anda terlalu besar dalam menyalakan api. Hal ini menyebabkan panci yang Anda gunakan untuk melelehkan coklat justru terlalu panas.

Tentu saja ini akan menyebabkan hasil lelehan cokelat Anda tidak baik. Anda bukannya akan mendapatkan coklat cair yang lembut, halus sekaligus dengan konsistensi kekentalan yang ringan, akan tetapi Anda malah akan memperoleh hasil berupa lelehan cokelat yang cenderung kasar, terlalu sulit diangkat atau bahkan hangus.

Cara tepat melelehkan cokelat:

1. Cairkan atau lelehkan cokelat pada wadah alumunium




Cara terbaik untuk melelehkan atau mencairkan cokelat yaitu dengan melakukan proses pencairan secara perlahan. Cobalah Anda taruh cokelat ke dalam wadah cekung atau mangkuk alumunium maupun wadah penghantar panas yang baik lainnya.

Nyalakan api yang kecil saja, aduk secara perlahan. Kemudian jangan lupa untuk mengangkat wadah tersebut sebelum menjadi benar-benar panas. Aduk terus hingga menjadi halus sembari menunggu sisa panas menguap dari dalam wadah.

2. Cairkan atau lelehkan cokelat di dalam microwave

Jika Anda menggunakan microwave, maka lakukanlah dengan hati-hati dan jangan lupa untuk mengeluarkan cokelat 20 hingga 30 detik sekali guna mengaduk sekaligus memeriksa tekstur cokelat.

Namun jika Anda lebih memilih untuk menggunakan air panas, letakkanlah panci yang berisi air ke atas kompor dan tunggulah hingga air yang ada di dalam panci berubah menghangat. Masukan wadah cokelat ke atas air hangat tersebut dan lelehkanlah secara perlahan.

Silahkan Anda praktekkan di rumah beberapa tips singkat diatas untuk mendapatkan manfaat cokelat panas bagi kesehatan secara mandiri. Ketika berhasil tentunya Anda tidak perlu lagi repot-repot ke cafe hanya untuk bersantai sembari menikmati secangkir coklat panas.

Penting diperhatikan, Anda tidak boleh terburu-buru atau menggunakan suhu yang terlalu panas ketika melelahkan coklat. Suhu yang telalu panas menyebabkan banyak yang menguap dan terbuang sia-sia.

Terlalu panas juga menyebabkan coklat jadi hangus dan tidak layak konsumsi atau bahkan lengket dan menempel begitu kuat pada wadah. Makan cokelat seperti ini justru sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan Anda.

Demikian beberapa manfaat cokelat panas bagi kesehatan dan beberapa tips bagaimana melelehkan batang cokelat menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan.

Tulis Komentar