1001 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Buah sirsak adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Selain rasanya yang asam manis, buah sirsak memiliki manfaat bagi kesehatan seperti mengobati sariawan.

Bukan hanya buahnya, daun sirsak pun diketahui memiliki banyak khasiat dan kegunaan. Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas aneka macam khasiat dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan. 




Daun sirsak akhir-akhir ini menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir karena keampuhannya dalam menyembuhkan beragam penyakit, dari yang ringan sampai penyakit berat seperti kanker.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan:

1. Daun Sirsak Mampu Menurunkan Kolesterol

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa daun sirsak memiliki fungsi yang cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol jahat dapat hinggap di dalam tubuh akibat makanan yang tidak sehat yang terus menerus kita konsumsi. Kolesterol yang sudah berlebih dapat memicu penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, jantung dan juga stroke.




Daun sirsak ini diketahui memiliki banyak zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat. Buah sirsak mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti diketahui serat sangat berperan dalam penyerapan kolesterol jahat dari dalam tubuh.

2. Daun Sirsak Dapat Mengatasi Jerawat

Daun sirsak yang telah dihaluskan juga dapat mengatasi masalah jerawat. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah.

  • Ambil beberapa lembar daun sirsak
  • Tumbuk sampai halus
  • Tambahkan sedikir air
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Tunggu hingga beberapa menit sampai kandungan dalam daun sirsak tadi meresap ke wajah
  • Setelah itu bilas dengan air hangat

Tips perawatan wajah dengan daun sirsak sudah digunakan banyak orang sejak dulu kala, anda pun bisa mencobanya kini.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

3. Daun Sirsak Dapat Mengatasi Asam Urat

Salah satu manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang jarang diketahui orang adalah kemampuannya dalam mengatasi asam urat.

Biasanya asam urat akan menyerang orang-orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah banyak atau bisa dibilang berlebihan.

Namun bagi anda yang sudah terkena penyakit asam urat ini, jangan khawatir karena penyakit asam urat kalian tentu bisa di atasi dengan daun sirsak.




Untuk cara penggunaannya pun cukup mudah, anda cukup membuat rebusan air dari daun sirsak lalu minum saat masih hangat.

4. Daun sirsak menyembuhkan penyakit wasir

Wasir sendiri adalah penyakit yang menyerang anus dalam bentuk pembengkakan. Penyakit ini tentu berbahaya karena wasir akan mengakibatkan rasa nyeri pada anus dan juga dapat mengeluarkan darah.

Anda dapat mengatasi wasir menggunakan daun sirsak. Daun ini disinyalir memiliki kandungan zat yang dapat menghentikan pendarahan pada organ anus dan dapat membuat efek pada otot-otot anus menjadi lebih rileks.

5. Daun Sirsak Memiliki Manfaat dan Khasiat sebagai Obat Kanker

Selain berbagai macam penyakit tadi, daun sirsak kali ini dapat digunakan sebagai obat kanker. Bagi anda yang belum terkena kanker, dianjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi rebusan daun sirsak untuk memberikan pencegahan agar tidak terkena penyakit ini.

Kandungan zat dalam daun sirsak ini adalah zat yang proaktif dan mampu membunuh sel kanker dengan kata lain, zat proaktif yang ada pada daun sirsak ini dapat selektif dalam memilih sel mana yang harus dimatikan dan juga sel mana yang harus tetap di biarkan hidup.

Karena sifatnya yang seperti itu, daun sirsak diklaim memiliki manfaat yang jauh lebih ampuh ketimbang pengobatan kemoterapi.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. sauri May 11, 2016
  2. Indah Dunia July 25, 2016

Tulis Komentar