Sejuta Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang lezat dan memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Dan salah satu jenis ikan yang direkomendasikan banyak ahli nutrisi adalah ikan salmon.

Selain karena rasanya yang gurih, manfaat ikan salmon juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh seperti dapat membangun sistem imunitas bayi dan merangsang pertumbuhan bayi dengan sempurna.




Ikan salmon memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, omega 3, asam amino, protein, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium dan seng.

Ikan salmon bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, ikan salmon juga bisa langsung dimakan dalam keadaan yang masih mentah.

Manfaat ikan salmon mentah sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebab kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan salmon masih utuh dan terjaga.

Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Protein




Ikan salmon mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kandungan protein yang terdapat dalam ikan salmon adalah untuk membantu proses pertumbuhan otot, sebagai sumber energi, pembentukan zat antibodi, membantu proses pembentukan hormon, mengatur metabolisme dalam tubuh.

Protein yang terdapat dalam ikan salmon mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Ikan salmon tidak mempunyai kandungan protein yang menyebabkan kanker, seperti halnya jenis protein hewani lainnya. Bahkan protein yang juga dikenal sebagai asam amino tersebut sangat penting bagi kesehatan tubuh.

2. Sumber Asam Amino

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan

Salah satu manfaat ikan salmon yang banyak dicari orang adalah khasiatnya dalam membentuk sel darah merah, dan itu berkat kandungan asam amino yang tinggi dalam ikan salom.

Asam amino yang terdapat dalam ikan salmon bermanfaat sebagai pembentuk sel darah merah atau hemoglobin, menstabilkan gula dalam darah, membentuk sel darah putih, sebagai pelindung tubuh dari sinar radiasi, meningkatkan energi, sebagai anti bodi tubuh, memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor, meningkatkan kemampuan, sebagai anti bodi dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

3. Sumber Omega 3

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti kita ketahui kolesterol jahat dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan.

Ikan salmon juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ikan salmon dapat membantu memperkuat otot-otot jantung, memperbaiki kerusakan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan, kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon juga memberi manfaat untuk mencegah pengerasan arteri yang akan mengurangi resiko terjangkit serangan jantung.

Selain itu, kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit stroke, memperbaiki pola lipid darah, mengurangi resiko kematian mendadak akibat penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit diabetes, meningkatkan fungsi pembuluh darah, selain itu ikan salmon juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah mengapa ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil atau menyusui, guna membantu proses tumbuh kembang bayi yang dimilikinya.

4. Sumber Vitamin A




Ikan salmon memiliki kandungan vitamin yang membantu menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, sebagai sumber antioksidan dalam yubuh, sebagai penyembuh luka alami dan berfungsi sebagai sistem imun tubuh.

5. Sumber Vitamin D

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah terjadinya kanker kolon dan prostat, mencegah osteoporosis dan merawat kesehatan kulit.

6. Sumber Vitamin B6

Sumber vitamin B6 yang terkandung di dalam ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan energi, sebagai sistem imun tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan otot dan sistem syaraf.

7. Sumber Vitamin E

Ikan salmon dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi. Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh sangat tinggi.

Dengan vitamin E kita bisa merawat tubuh baik dari dalam maupun dari luar, seperti : mengatasi masalah kulit keriput, mengatasi kurtikula, mengatasi guratan, mencegah penyakit kanker, melawan dampak negatif penggunaan obat-obatan dan membantu mengobati penyakit diabetes.

Demikian informasi singkat khasiat dan juga manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat

Komentar dan Tanggapan

  1. Febrian Rizky Putra July 23, 2015
  2. Si Nubi July 23, 2015

Tulis Komentar