Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kulit Wajah

Manfaat jeruk nipis telah dirasakan oleh banyak orang yang telah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai masalah di kulit wajah.




Manfaat jeruk nipis yang paling umum adalah melangsingkan badan dan mengecilkan perut buncit. Di artikel pengensehat.com kali ini kita hanya akan membahas beberapa manfaat jeruk nipis bagi kulit wajah.

Buah jeruk nipis adalah karunia Tuhan terutama bagi mereka-mereka yang tidak memiliki banyak uang untuk membeli kosmetik yang mahal. Dengan harga yang sangat murah kita juga dapat memiliki kulit wajah yang putih dan bersih dari jerawat.

Apalagi saat ini dengan banyaknya beredar cream pemutih wajah yang berbahaya membuat kita musti lebih berhati-hati dan jika perlu beralih menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat wajah seperti jeruk nipis ini.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis

Sering disebut buah Limo, memiliki ukuran yang kecil tapi manfaatnya sangat besar karena kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa ratus tahun yang lalu, jeruk nipis bahkan disebut menjadi penyelamat para pelaut Inggris dari penyakit kulit kudis.

Jeruk nipis memiliki banyak asam dan juga mengandung gula alami. Berikut ini kandungan nutrisi jeruk nipis dengan berat sekitar 67 gram:

NutrisiJumlah
Protein 0,21 gr
Karbohidrat4,21 g
Fat 0,15 g
Dietary Fiber0,18 g
Kalori13,42
Vitamin C23,61 mg




Karena memiliki jumlah vitamin C yang tinggi jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas karena antioksidan di dalamnya.

Artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang bagaimana cara menggunakan jeruk sebagai obat kulit wajah Anda. Namun, sebelum masuk ke ulasan tersebut, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui apa saja manfaat jeruk nipis bagi kulit wajah, seperti di bawah ini :

1. Melembabkan dan mengencangkan kulit

Anda tidak perlu takut mengalami kulit menjadi renggang atau lentur setelah diet beberapa kilogram. Atau kubur dalam-dalam perasaan takut tidak bisa kembali ke bentuk semula setelah melewati masa melahirkan anak pertama.

Anda mungkin bisa ke dokter spesialis kulit untuk membeli obat pengencang kulit, tapi anda bisa menghemat banyak biaya juga dengan memilih menggunakan jeruk sebagai alternatif mengencangkan kulit.

Karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, jeruk nipis memiliki manfaat mengencangkan kulit yang lentur. Hanya saja waktu yang diperlukan cukup lama dan Anda harus memiliki waktu khusus setiap hari untuk melakukan aktivitas ini. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa mencobanya selama 3 minggu secara teratur.

Manfaat jeruk nipis dalam merawat kulit wajah

Manfaat jeruk nipis dalam merawat kulit wajah

2. Mengatasi kulit wajah berminyak

Minyak yang muncul di wajah adalah hal yang wajar. Akan tetapi, anda perlu menganggapnya sebagai gangguan jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan dan mengganggu kecantikan yang pada level tertentu telah menyebabkan anda mengalami krisis kepercayaan diri.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, cobalah untuk membeli dan memanfaatkan jeruk nipis. Bahan ini sangat ampuh dalam mengatasi produksi minyak pada wajah yang berlebih.

Oleskan pada bagian wajah secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kandungan asam yang dimiliki oleh jeruk nipis akan membantu Anda mengurangi minyak secara permanen.

3. Menghilangkan noda hitam

Salah satu manfaat jeruk nipis yang luar biasa adalah mampu menghilangkan bekas luka, cacar, jerawat, atau beas hitam pada wajah akibat sinar matahari.

Pada dasarnya gangguan tersebut dapat diatasi dengan membeli obat pencerah wajah. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, cara tersebut akan menambah masalah pada wajah. Sebab, jika tidak cocok bisa jadi anda akan mengalami gatal atau infeksi serius pada wajah.

Buah lime dapat Anda pilih sebagai alternatif terbaik menghilangkan noda hitam pada wajah. Untuk menggunakannya, pastikan Anda memilih jeruk yang masih segar dan belum terlalu kuning. Biasanya kandungan asam pada jeruk yang sudah terlalu masak akan berkurang.

4. Mengobati jerawat

Gangguan kulit seperti jerawat umumnya muncul di masa pubertas ketika tubuh mengalami lonjakan hormon. Pada wanita jerawat juga muncul saat haid atau saat memasuki masa ovulasi.

Daripada mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan jerawat setiap bulan, anda bisa mengobati jerawat secara alami dengan buah jeruk nipis.

Saat menggunakan jeruk nipis anda perlu lebih sabar karena wajah anda akan terasa perih akibat asam pada jeruk tapi dengan mengoleskan jeruk pada wajah secara teratur maka wajah jadi bebas dari jerawat dan akan tampak lebih putih.

5. Mencerahkan dan memutihkan wajah

Banyak orang yang ingin memiliki wajah putih, sayangnya obat pemutih wajah yang dijual terkadang palsu dan membahayakan kulit.

Jeruk nipis adalah bahan yang paling praktis dan aman untuk masalah Anda yang satu ini. Pertama, harganya murah, kedua, manfaatnya dalam memutihkan wajah yang ampuh dan ketiga, tidak memiliki efek samping.

6. Menyembuhkan bibir pecah-pecah

Selain digunakan merawat kulit wajah, manfaat jeruk nipis yang lain adalah dapat membantu menyembuhkan bibir pecah dengan cepat.

Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan sedikit air jeruk di bibir Anda sebelum tidur, dan cuci di pagi hari untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kulit kering.

Bagaimana Mengolah Jeruk Nipis Untuk Merawat Kulit Wajah

Berikut ini beberapa cara mengolah jeruk nipis secara maksimal dalam menghilangkan gangguan pada kulit dan wajah:




1. Masker alami

Masker adalah pengobatan favorit untuk para wanita. Anda bisa membuat masker jeruk nipis dengan beberapa cara.

Pertama, potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian kecil, kemudian tempelkan pada wajah Anda.

Kedua, Anda bisa langsung membelah menjadi dua jeruk tersebut, kemudian memeras jeruk lalu dioleskan di wajah.

Ketiga, Anda bisa mencampur air perasan jeruk dengan air hangat. Lalu basuh wajah anda dengan air tersebut. Tunggu sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Meminum air jeruk

Selain mengolesnya pada wajah, anda juga bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis dengan cara meminumnya. Ini cocok untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu melakukan terapi masker.

Caranya seperti membuat minuman jeruk pada umumnya. Ambil perasan air jeruk kemudian langsung diminum pada gelas atau bisa menambahkan air bila lambung Anda tidak kuat.

3. Mencampur dengan bahan makanan yang lain

Jeruk juga bisa dicampur dengan makanan atau minuman lain. Misal teh dengan jeruk. Ada juga jeruk dicampur dengan madu (diminum dalam jumlah sedikit), atau dicampur dengan bumbu dapur seperti kunyit untuk membantu mencerahkan wajah. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan waktu Anda.

Demikian beberapa informasi singkat tentang manfaat jeruk nipis dan bagaimana cara mengolahnya menjadi bahan untuk merawat wajah.

Leave a Reply