5 Kandungan Jeruk Nipis yang Dapat Melangsingkan Badan

Sebagai bumbu masakan jeruk nipis sudah digunakan banyak orang sejak dulu kala sampai sekarang, begitu pula jeruk nipis yang digunakan untuk merawat wajah, sudah banyak yang melakukannya Tapi sebagai bahan untuk diet dan melangsingkan badan, mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Beberapa ahli diet menyebutkan bahwa salah satu manfaat jeruk nipis yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya sebagai bahan diet atau melangsingkan badan. Ada alasan-alasan ilmiah yang mendukung pendapat tersebut jika dilihat dari nutrisi yang dikandung di dalamnya.




Manfaat dan Kandungan Jeruk Nipis

Berikut ini beberapa penjelasan ilmiah bagaimana buah jeruk nipis dapat menjadi bahan diet dan menguruskan badan yang gemuk:

1. Jeruk nipis kaya akan vitamin C

Kandungsn vitamin C yang tinggi dalam jeruk ini menyebabkan terjadinya penyerapan kalsium yang berada di dalam sel-sel lemak. Penyerapan kalsium adalah salah satu dari fungsi vitamin C di dalam tubuh.

Selain itu, pembuatan kartinin yang berfungsi untuk menyalurkan lemak agar diubah menjadi bahan bakar juga merupakan salah satu fungsi dari vitamin C. Oleh karena itu, terpenuhinya vitamin C dalam tubuh kita, akan menyebabkan terkikisnya timbunan lemak dalam tubuh.

2. Kandungan polisakarida non pati




Di dalam Jeruk nipis terdapat zat yang disebut polisakarida non-pati yang juga sering kita sebut dengan istilah serat makanan. Serat ini sangat banyak fungsinya termasuk hubungannya dengan masalah menurunkan berat badan, karena dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi membuat perut merasa kenyang lebih tahan lama.

Disamping itu, salah satu manfaat serat adalah melancarkan pencernaan dan mengurangi kolesterol jahat di dalam darah.

Manfaat jeruk nipis dapat melangsingkan badan

Manfaat jeruk nipis dapat melangsingkan badan

3. Mampu menghilangkan lemak jahat




Dengan mengkonsumsi buah ini berarti lemak jahat dalam tubuh sedikit demi sedikit akan berkurang, sebab dalam jeruk nipis ada zat yang bernama zat saponin.

Kandungan saponin yang ada dalam jeruk nipis menyebabkan lemak terkikis habis karena fungsi daripada saponin salah satunya adalah untuk menghancurkan lemak, dan dampaknya tentu saja dapat melangsingkan badan yang terlalu gemuk.

4. Kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang

Buah ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh berkat bantuan satu zat yang bernama limonin, zat ini berfungsi mencegah pembuatan zat apo b. Seperti diketahui zat apo b termasuk senyawa yang sangat erat kaitannya dengan pembentukan kolesterol dalam tubuh. Zat apo b tersebut dihasilkan oleh sel-sel yang terdapat pada hati manusia.

5. Mengandung sulfur

Zat ini dapat membunuh kuman dan bakteri yang terdapat dalam makanan ataupun dalam saluran pencernaan. Disamping itu, zat sulfur pada jeruk nipis juga memiliki sifat astringent, yakni dapat menyebabkan terjadinya pengecilan pori-pori pada organ pencernaan terutama pada saat makanan melewati usus halus, pada saat inilah maka pori-pori mengkerut dan mengecil sehingga memungkinan terjadi sedikit saja penyerapan makanan, sehingga yang terjadi adalah percepatan proses perjalanan makanan untuk dijadikan feses.

Demikian beberapa alasan ilmiah bagaimana jeruk nipis dapat menjadi bahan diet untuk menguruskan badan. Bagi anda yang ingin menjalani diet tanpa efek samping berbahaya dan tanpa takut kelaparan bisa mencoba diet dengan jeruk nips.

Adapun cara menggunakannya sebagai bahan diet ada dua cara, yakni dengan langsung mengkonsumsinya begitu saja dan memeras dan mengkombinasikan dengan madu dan air hangat sebelum diminum, gunanya agar jeruk tidak terlalu terasa asam di mulut.

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin melakukan diet, anda bisa mencobanya hari ini juga dan mulai mengkonsumsi jeruk nipis.

Komentar dan Tanggapan

  1. lismahyuni October 3, 2016

Tulis Komentar