Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Mengonsumsi Pisang Setiap Hari

Pisang adalah salah satu tumbuhan tropis yang berbuah sepanjang tahun dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Manfaat pisang bagi kesehatan sangat besar karena kandungan mineralnya yang beragam banyaknya. Beberapa daerah di Indonesia bahkan menjadikan makanan dari pisang sebagai pangan pokok sehari-hari.

Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa kandungan dan manfaat pisang bagi kesehatan. Dan dibagian akhir kita juga akan menyinggung beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi pisang.




Pohon pisang diduga berasal dari negara Malaysia dan mulai tumbuh sekitar 4000 tahun yang lalu. Dari Malaysia, pisang tersebar ke seluruh dunia melalui Filipina dan India. Dari catatan sejarah yang ditulis oleh tentara Alexander Agung pada tahun 327 SM, orang-orang sudah mulai menanam pisang pada abad tersebut sebagai kebutuhan.

Pisang diperkenalkan ke Afrika oleh pedagang Arab dan kemudian ditemukan oleh penjelajah Portugis pada tahun 1482 Masehi yang lalu membawa buah ajaib ini ke negara Amerika, tempat dimana mayoritas pisang dari berbagai jenis diproduksi saat ini.

Pada abad ke-19 orang-orang di Amerika Serikat telah mengetahui manfaat pisang dengan sangat baik, saat itu buah ini telah dikonsumsi oleh semua kalangan terutama oleh orang-orang yang hidup di pesisir dan di dekat pelabuhan.

Saat ini, pisang tumbuh di sebagian besar daerah tropis dan subtropis dengan produsen komersial utama berasal dari Kosta Rika, Meksiko, Ekuador dan Brasil.

Manfaat pisang untuk pengobatan dan kesehatan

Manfaat pisang untuk pengobatan dan kesehatan




Kandungan dan Nutrisi Buah Pisang

Manfaat pisang diperoleh dari kandungan nutrisinya yang luar biasa. Tidak hanya buahnya yang dapat menjadi sumber energi tapi juga beberapa bagian dari pohonnya juga dapat dimanfaatkan, seperti jantung pisang untuk sayuran dan daunnya yang dapat dijadikan sebagai pembungkus makanan tradisional.

Di Papua, batang pohon pisang bahkan dapat diolah menjadi sumber makanan yang menyenangkan.

Mengonsumsi buah pisang setiap hari sangat berkhasiat bagi kesehatan terutama oleh mereka yang menderita konstipasi. Para dokter juga sering menyarankan Ibu hamil agar sering-sering makan pisang untuk mendapatkan tambahan nutrisi seperti asam folat, kalsium, nitrogen dan kalium.

Nutrisi yang dikandung buah pisang (per 100 gram)

NutrisiKadar
Kalori89 gram
Lemak0,3 gram
Kolesterol0
Sodium1 mg
Potassium358 mg
Karbohidrat23 gr
Dietary fiber 2,6 gram
Protein1,1 gram
Gula 12 gram

Untuk memaksimalkan manfaat pisang bagi tubuh, asupan yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi orang di planet in. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, buah pisang kuning yang melengkung tinggi memiliki kadar kalium dan pektin (salah satu bentuk serat) yang paling besar dibandingkan jenis pisang yang lain.

Laura Flores, seorang ahli gizi yang berbasis di San Diego menyebut pisang memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap tubuh dari radikal bebas yang setiap hari menyerang tubuh kita.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, buah ini sangat mudah ditemukan dan memberi manfaat pada masyarakat, mengonsumsi pisang setiap hari sangat baik bagi metabolisme dalam tubuh. Rasanya yang creamy dan manis membuat pisang menjadi favorit semua orang, dari bayi sampai orang lanjut usia (lansia).

Berikut ini beberapa manfaat pisang bagi kesehatan tubuh:

  1. Menjaga fungsi kardiovaskular

Salah satu manfaat pisang adalah menguatkan fungsi sistem kardiovaskular, hal ini disebabkan karena kandungan zat potassium pisang yang sangat tinggi. Potasium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dan berfungsi baik.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 400 mg potassium. Mengonsumsinya secara teratur dapat mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi tubuh dari aterosklerosis.

  1. Cocok untuk makanan diet

Selain berkhasiat menjaga kesehatan jantung, manfaat pisang juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang diet untuk melangsingkan badan. Buah pisang diketahui mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi sehingga dapat memberi rasa kenyang yang cukup lama.

  1. Indeks Glikemik rendah

Meski rasanya manis karena mengandung gula sekitar 15 gram, pisang sangat aman dikonsumsi karena indeks glikemik (GI) yang sangat rendah. Indeks Glikemik adalah sebuah parameter untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat makanan diserap oleh tubuh.

Makanan dengan GI yang rendah berarti melepas karbohidrat ke dalam tubuh dengan lambat. Jika GI rendah maka kadar gula darah akan tetap stabil. Dari hasil penelitian diketahui pisang memiliki indeks glikemik 51 yang merupakan nilai yang sangat rendah.

  1. Serat tinggi

Buah pisang juga mengandung fiber (serat) yang sangat tinggi yaitu sekitar 3 gram. Seperti kita tahu, serat adalah salah satu nutrisi yang membantu fungsi pencernaan bekerja optimal. Buah pisang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami konstipasi.

Jumlah serat pada pisang dua kali lipat dibandingkan apel, kandungan serat pada buah pisang akan mengikat lemak dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Manfaat bagi Tubuh Jika Rajin Mengonsumsi Pisang

Untuk mendapatkan manfaat pisang secara optimal, makanlah buah ini setiap hari di pagi, siang dan malam hari. Berikut ini khasiat pisang dalam mengobati dan mengurangi gejala-gejala penyakit tertentu pada tubuh.

1. Mual pagi hari (morning sickness)

Manfaat pisang bagi ibu hamil bisa dirasakan secara langsung terutama jika mengalami rasa mual di pagi hari. Mengonsumsi pisang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal dan secara langsung dapat mengurangi kemungkinan morning sickness.

2. Mabuk karena alkohol

Dalam kasus mabuk, buah pisang dapat membantu mengurangi gejala pusing, terutama jika dicampur dengan madu. Pisang akan menenangkan perut dan madu akan menurunkan kadar gula darah.

3. Depresi

Ternyata salah satu manfaat pisang yang luar biasa adalah memberi rasa tenang dan rileks. Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, menunjukkan bahwa makan pisang setiap hari membuat pasien menjadi lebih tenang.

Pisang diketahui mengandung tryptophan, sejenis protein yang di dalam tubuh menjadi Serotonin (hormon kebahagiaan), yang membuat tubuh jadi rileks, meningkatkan mood, dan secara umum membuat kita merasa bahagia.

4. Sembelit

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, pisang merangsang gerakan usus menjadi lebih teratur dan meringankan sembelit. Dalam hal ini manfaat pisang adalah membantu melancarkan buang air besar dan menyembuhkan sembelit.

5. Magh

Salah satu manfaat buah pisang adalah sebagai obat alami untuk penyakit usus karena komposisinya yang lembut dan halus. Buah ini memiliki kemampuan menetralkan keasaman dalam tubuh dan mencegah iritasi pada lambung, dengan menciptakan lapisan pelindung di perut.

Pisang mengandung sifat antasid yang dapat membantu mereka yang mengalami sakit maag. Sebuah pisang dapat menenangkan gejala sakit maag Anda dalam sekejap!

6. Tekanan darah

Khasiat pisang yang jarang diketahui orang adalah kemampuannya dalam menjaga tekanan darah. Pisang kaya akan kalium dan hanya mengandung sedikit garam, yang merupakan aset besar dalam memerangi tekanan darah tinggi.

The Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah mengkonfirmasi bahwa pisang dapat digunakan dalam produksi obat dalam memerangi stroke dan tekanan darah tinggi.

7. Anemia

Pisang mengandung sejumlah besar zat besi yang memungkinkan dan merangsang produksi hemoglobin darah. Jika anda sering begadang maka jangan lupa mengonsumsi buah pisang untuk mencegah terjadinya anemia.




8. Syaraf

Manfaat pisang bagi anak-anak adalah merangsang kinerja sistem syaraf. Rajin mengonsumsi pisang berkhasiat menenangkan sistem syaraf, hal ini dikarenakan kandungan vitamin B dalam buah pisang yang sangat banyak.

9. Premenstrual Syndrome (PMS)

Para wanita yang sering mengalami gejala PMS setiap bulan bisa mengonsumsi buah ini. Pisang mengandung vitamin B6, yang dapat mengatur tingkat glukosa dan memiliki pengaruh langsung pada suasana hati.

10. Manfaat pisang mengontrol suhu tubuh 

Karena memiliki efek pendinginan alami, pisang digunakan oleh banyak budaya untuk mendinginkan suhu tubuh. Di Thailand, wanita hamil memakan pisang untuk menurunkan suhu tubuh mereka

11. Pisang bermanfaat meningkatkan fungsi otak

Karena kadar kalium yang tinggi, konsumsi pisang meningkatkan kekuatan otak. Sebuah studi yang dilakukan pada 200 siswa di sekolah Twickenham di Inggris, menunjukkan bahwa siswa yang mengkonsumsi pisang saat sarapan, istirahat dan makan siang, meningkatkan kemampuan belajar mereka dan terbantu dalam ujian mereka.

Manfaat pisang diperoleh dari nutrisi yang dikandung di dalamnya. Mulai hari ini biasakanlah mengonsumsi buah ini setiap hari dan dapatkan sejuta manfaatnya bagi kesehatan.

Komentar dan Tanggapan

  1. cara memutihkan January 18, 2016
  2. pencinta pisang April 24, 2017

Tulis Komentar