Daftar Pemutih Wajah Alami Dari Bahan Tradisional

Saat ini ada banyak pilihan produk pemutih wajah yang bisa anda gunakan, meski demikian tidak semua produk tersebut dapat memutihkan wajah secara alami dan cepat.

Untuk mendapatkan wajah yang tampak putih bersinar memang tidaklah mudah. Anda harus menggunakan krim pemutih wajah dengan harga selangit. Karena tidak punya uang lebih, beberapa orang nekat menggunakan krim pemutih palsu yang notabene lebih murah tetapi memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan kulit.




Meskipun demikian, ada satu cara untuk mendapatkan wajah putih dengan cepat, murah, dan juga sehat. Yaitu menggunakan ramuan obat tradisonal yang bisa dengan mudah anda olah dan buat sendiri di rumah.

Meskipun terdengar konservatif, tetapi penggunaan obat tradisional untuk memutihkan wajah telah terbukti ampuh dan banyak digunakan orang untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa ramuan yang bisa Anda gunakan untuk membuat obat yang mujarab agar wajah Anda terlihat tampak cerah dan bersinar.

1. Masker Pemutih Wajah dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat memutihkan wajah dengan cepat

Jeruk nipis dapat memutihkan wajah dengan cepat

Salah satu obat tradisional pemutih wajah yang sangat ampuh adalah masker dari jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat digunakan untuk membuat wajah tampil lebih segar dan cerah.




Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pengobatan jerawat secara gratis karena kandungan asam pada jeruk nipis mampu membunuh bakteri pada wajah. Selain itu, jeruk nipis juga sangat baik untuk mengencangkan kulit pada wajah.

Cara membuatnya cukup mudah:

  • Peras sejumlah jeruk nipis hingga mendapatkan beberapa sendok teh air jeruk
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengoleskan perasan jeruk nipis tersebut pada wajah
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah mencampurkan putih telur ke dalam campuran air jeruk nipis.
  • Setelah itu, oleskan pada wajah secara keseluruhan. Biarkan kira-kira 15 menit hingga masker kering dan Anda merasa kulit lebih kencang.
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat dan jangan lupa untuk segera membersihkan wajah dengan handuk atau tisu yang bersih.
  • Lakukan langkah tersebut selama seminggu sekali secara rutin

Membersihkan wajah dengan handuk bersih sangat penting untuk menghindari sisa bakteri yang masih tertinggal kembali berkembang biak pada wajah.

Saat membuat ramuan tradisional ini, lakukan dengan hati-hati, karena campuran air jeruk dan telur cukup pedih jika terkena mata.

2. Memutihkan Wajah Dengan Asam Kojic

Sebuah bubuk kristal putih yang berasal dari jamur di Asia bernama asam kojic telah lama digunakan di Jepang sebagai obat alternatif alami untuk mengatasi perubahan warna kulit. Menurut American Academy of Dermatologists, asam kojic telah secara klinis terbukti mengurangi hiper pigmentasi.

Tumbuhan ini bekerja dengan cara menghambat fungsi tirosinase, protein yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin. Asam kojic juga bertindak sebagai antioksidan dan cocok untuk kulit yang sensitif terhadap sinar matahari.

3. Ekstrak bearberry

Ekstak bearberry pemutih wajah alami

Ekstak bearberry pemutih wajah alami

Bahan tradisional ini berasal dari daun tanaman Bearberry atau beargrape. Banyak kosmetik yang menggunakan bearberry sebagai bahan dasar karena mengandung Alpha arbutin, yang dikenal dapat mencerahkan kulit dengan cepat.

Arbutin telah terbukti efektif menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit wajah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan farmasi Pentapharm menemukan bahwa 1% Alpha arbutin cukup kuat untuk menimbulkan efek cerah pada kulit wajah dengan cepat.

Ekstrak Bearberry juga berguna karena mengandung filter perlindungan matahari yang dapat membantu mengurangi jumlah “tanning” secara alami akibat paparan sinar matahari, sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

4. Masker Pemutih Wajah dari Tomat

Tomat memiliki kandungan kaya antioksidan yang ternyata juga berfungsi untuk mencerahkan wajah Anda. Tentu saja cara Anda harus bisa memilih tomat yang masih segar, karena lebih kaya manfaat dibanding tomat yang sudah beberapa hari dijual di pasaran.

Cara membuat ramuan tradisional untuk membuat wajah dari tomat adalah sebagai berikut:

  • Ambil beberapa butir tomat
  • Rebus tomat tersebut di dalam air selama 3 menit
  • Setelah 3 menit, ambil tomat kembali dan haluskan.
  • Tomat sudah bisa digunakan dengan cara langsung mengoleskan pada wajah, tanpa harus mengambil sari-sari airnya.
  • Diamkan wajah Anda selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin untuk membersihkan.
  • Jangan lupa untuk seka dengan handuk yang bersih. Lakukan hal tersebut selama 1 kali dalam seminggu.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu atau peralatan yang terbatas, Anda bisa menggunakan langkah yang lebih praktis.




Caranya yaitu langsung menghaluskan tomat yang masih segar, kemudian oleskan pada wajah Anda. Diamkan juga selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat, dan seka dengan handuk yang bersih.

Obat tradisional untuk memutihkan wajah dengan cepat

Obat tradisional untuk memutihkan wajah dengan cepat

5. Masker Pemutih Wajah dari Bengkoang

Bengkoang kaya akan vitamin B1 dan vitamin C, yaitu nutrisi yang baik untuk mencerahkan kulit, khususnya wajah. Selain itu, bengkoang juga memiliki kandungan zat yang berfungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah.

Anda bisa menjadi ahli kosmetik tanpa perlu membeli peralatan yang mahal dengan memanfaatkan ramuan dari bengkoang.

Caranya membuat ramuan tradisional pemutih wajah alami dari bengkoang:

  • Pilih beberapa butir bengkoang segar
  • Kupas kulitnya kemudian parut semuanya.
  • Setelah itu, peras parutan bengkoang untuk mendapatkan airnya.
  • Namun, jangan gunakan air tersebut untuk bahan masker.
  • Diamkan air tersebut hingga muncul endapan. Hasil endapan tersebut yang nantinya digunakan untuk membuat masker wajah.
  • Oleskan endapan yang sudah didapat ke wajah, bila tidak cukup Anda bisa memulai menghilangkan noda hitam pada wajah terlebih dahulu.
  • Diamkan selama 20-30 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan handuk.
  • Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

6. Masker Pemutih Wajah dari Beras

Banyak yang belum mengetahui jika ternyata masker beras dapat memutihkan wajah secara alami. Beras memiliki kandungan yang baik untuk memutihkan dan mencerahkan wajah.

Berikut ini cara mengolah beras menjadi masker pemutih wajah:

  • Cara membuat masker pemutih alami dari beras:
  • Ambul 2 gelas kecil beras
  • Kemudian campurkan beras dengan air dan biarkan merendam pada satu malam.
  • Keesokan harinya, tumbuk beras tersebut hingga encer dan tercampur rata.
  • Campur 2 sendok tepung beras
  • Tambahkan dengan 1 sendok madu murni
  • Oleskan pada wajah selama 15-20 menit untuk mendapat hasil yang maksimal.
  • Setelah terasa sedikit keras dan kencang di wajah, segeralah untuk membersihkan wajah Anda. Ambil air hangat, kemudian bersihkan dan seka menggunakan handuk yang masih bersih dan lembut.
  • Lakukan hal yang sama kurang lebih 2 kali dalam 1 minggu.

Jika Anda ingin membeli cream pemutih yang wajah yang bagus untuk mencerahkan warna kulit atau mengurangi munculnya pigmentasi gelap, yang pertama harus anda lakukan adalah periksa kandungannya. Beberapa bahan dalam krim pemutih mungkin tidak cocok untuk jenis kulit anda.

Demikian beberapa ramuan tradisional yang tidak kalah efektifnya dengan ramuan kimia dalam memutihkan wajah. Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus tekun dalam membuatnya dan tentu saja ketika sedang memiliki waktu luang. Ingat proses yang baik akan memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan. Selamat mencoba.

Komentar dan Tanggapan

  1. yona March 14, 2017
  2. Anggeliputri March 28, 2017
  3. Dina April 3, 2017
  4. Meera September 24, 2017

Tulis Komentar