Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Di bulan Ramadhan, umat muslim di larang makan minum dan juga bercinta di siang hari. Tentu saja tidak makan ataupun minum seharian akan menimbulkan kondisi tidak seimbangnya asam basa di mulut yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap.




Terkadang karena merasa mulut berbau membuat perasaan jadi tidak enak saat sedang bersama teman-teman, takut tertawa lebar-lebar karena hawa mulut yang menyebarkan bau tidak enak.

Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, bau mulut memang kadang menjadi masalah yang sering dihadapi. Kondisi ini semakin parah jika anda mengkonsumsi makanan berat seperti daging saat sedang sahur.




Penyebab bau mulut bermacam-macam, bisa disebabkan karena adanya lubang di gigi, ada sisa makanan dalam mulut, atau ada karang gigi dan sebagainya.

Cara menghilangkan bau mulut yang tepat adalah dengan mengatasi faktor penyebabnya, setelah penyebab hilang bau mulut akan kembali segar.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips cara menghilangkan bau mulut terutama untuk anda yang sedang berpuasa.

Tips Praktis Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips mencegah bau mulut saat berpuasa di bulan Ramadhan




Pada dasarnya bau tidak sedap yang keluar dari mulut mulut saat berpuasa sifatnya hanya sementara saja, setelah sikat gigi atau kumur-kumur saat berbuka puasa bau pun segera hilang.

Yang masalah adalah jika bau yang diderita bersifat permanen artinya meski tidak sedang berpuasa, mulut tetap mengeluarkan bau tidak sedap. Jika ini yang terjadi maka kemungkina besar terjadi kondisi ketidakseimbangan asam basa di mulut yang sudah parah.

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulut seperti di atas, berikut ini sebuah tips cara mencegah bau mulut saat berpuasa.

  1. Jangan mengkonsumsi makanan yang baunya menyengat saat makan sahur seperti makanan gorengan, jengkol, dan petai
  2. Perbanyak makanan yang kaya dengan serat seperti buah-buahan dan sayuran.
  3. Setelah berbuka puasa dan makan sahur selalu menggosok gigi.
  4. Konsumsi air putih yang cukup
  5. Hindari merokok dan minuman beralkohol karena menyebabkan bakteri semakin banyak di mulut

Bau mulut bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri dalam pergaulan, dijauhi teman dan merusak hubungan dengan kekasih. Bau pada mulut yang berkepanjangan juga adalah sebuah pertanda adanya penyakit seperti jantung, liver, diabetes dan lain-lain.

Semua orang yang berpuasa biasanya memang memiliki masalah dengan bau di mulut terutama oleh mereka yang memang menderita sakit magh. Bau tersebut bisa dikurangi dengan cara rajin menyikat gigi.

Saat makan sahur, usahakan perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan karena sangat baik untuk mengurangi mulut berbau.

Demikian beberapa tips cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Kata orang bau orang berpuasa lebih harum dari bau minyak kasturi, jadi jangan takut aroma mulut tidak sedap karena berpuasa. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa.

One Response

  1. George xx June 30, 2015

Leave a Reply