8 Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

Mengatasi bau kaki yang tidak sedap gampang-gampang susah, kadang setelah bau berhasil dihilangkan, tidak lama kemudian muncul lagi dengan bau yang lebih menyengat.

Masalah bau kaki bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Bau kaki mungkin terdengar sepele di telinga, dianggap tak penting sehingga seringkali diabaikan.




Bisa jadi bau kaki bukanlah masalah yang besar dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Namun, bukan berarti masalah ini bisa dibiarkan begitu saja.

Karena bila tak diatasi, bau kaki akan menjadi masalah yang mengganggu. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips cara mengatasi dan menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap

Fungsi kelenjar keringat adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan untuk mengatur suhu tubuh saat cuaca panas atau saat sedang berolahraga.

Kelenjar keringat bertebaran di banyak bagian tubuh termasuk di kaki. Namun, tidak seperti kelenjar keringat di tempat lain di tubuh, kelenjar keringat di kaki dikeluarkan sepanjang waktu, bukan hanya ketika cuaca panas atas saat berolahraga.

Penyebab bau kaki tak sedap, sama dengan penyebab bau badan dan bau ketiak yang menyengat, yaitu bercampurnya bakteri dan keringat. Di dalam tubuh manusia hidup bakteri bromhidrosis, yaitu kelompok bakteri penghasil bau.




Bakteri dan keringat yang bertemu lalu bercampur, akan menghasilkan isovaleric acid, yaitu salah satu zat yang menghasilkan bau tak sedap.

Pada kaki, terdapat sekitar 250.000 kelenjar keringat yang bisa menghasilkan 570 ml keringat setiap harinya. Nah, bila seseorang mengalami hiperhidrosis atau produksi kelenjar keringatnya yang berlebihan, maka risiko mengalami bau kaki yang tak sedap akan semakin meningkat.

So, ada baiknya memberi perhatian serius bila anda mengalami masalah bau kaki yang tak sedap, agar bisa diatasi secepat mungkin. Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati.

Namun, jika kaki anda sudah terlanjur bau, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Sehingga, kamu bisa segera mengatasinya dengan tepat.

Cara mengatasi bau kaki tidak sedap secara alami

Cara mengatasi bau kaki tidak sedap secara alami

Beberapa penyebab bau kaki tak sedap yaitu:

  • Sistem kerja tubuh yang bermasalah
  • Seseorang yang menderita penyakit seperti anemia atau gondok, kelenjar keringatnya bisa menjadi sangat aktif. Keringat berlebih yang kemudian bercampur bakteri bisa menjadi sumber masalah bau kaki yang tak sedap
  • Pola hidup yang tidak sehat
  • stress
  • Memakai sepatu atau kaos kaki yang masih basah, mungkin karena hujan atau karena benar-benar kering saat dijemur dan sebagainya.
  • Mengalami kondisi yang disebut hiperhidrosis, yang menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya.

Memiliki bau kaki tidak sedap akan mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar anda, hal ini juga akan menimbulkan rasa tak percaya diri. Akibatnya pergaulan dan aktivitas sosialnya akan terhambat.

Orang yang memiliki masalah bau kaki juga akan dipandang orang yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya alias jorok. Tak ada yang suka dianggap orang yang jorok bukan?

Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

Bila anda mengalami bau kaki tidak sedap, segeralah atasi agar tak menimbulkan masalah yang lebih besar. Berikut ini beberapa cara mengatasi bau kaki tidak sedap:

1. Sepatu dan kaos kaki wajib selalu bersih

Kaos kaki merupakan benda yang paling pertama bersentuhan dan menyerap keringat di kaki anda. Jadi, cuci dan gantilah kaos kaki anda secara teratur.

Usahakan menggunakan kaos kaki berbahan dasar katun. Sepatu juga harus bersih dan diganti berkala. Untuk itu, usahakan memiliki lebih dari satu sepatu.

2. Sering mencuci kaki memakai sabun antibakteri

Mencuci kaki menggunakan sabun anti bakteri dapat membantu mengatasi bau kaki tidak sedap. Ini merupakan salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah, untuk mengatasi bau kaki yang tak sedap. Mencuci kaki akan membantu mengatasi isovaleric acid yang menempel pada kaki.

3. Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant, merupakan bahan kosmetik berbentuk krim, seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan wajah. Namun, ini penggunaannya khusus untuk kaki. Produk ini sangat baik dalam mengatasi bau kaki tidak sedap.

Antiperspirant dioleskan pada telapak kaki sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu. Gunanya, mengurangi keluarnya keringat, karena pori-pori dipersempit dan saluran yang menuju kelenjar keringat akan diblok oleh krim ini. Sehingga, aktivitas yang akan anda kerjakan dalam waktu lama bisa bebas keringat berlebih.

4. Memanfaatkan kopi

Rasanya hampir tak ada yang tak tahu kopi. Selain nikmat untuk diminum, ternyata kopi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki tak sedap.

Caranya dengan menggosok-gosokkan bubuk kopi di telapak kaki. Didiamkan selama 15-30 menit, kemudian dibasuh dengan air dingin.

5. Air Lemon Tea

Ternyata lemon juga efektif mengatasi bau kaki tak sedap. Namun, biar lebih hemat anda bisa memanfaatkan teh yang telah basi. Tambahkan jeruk lemon dan air untuk merendam kaki, dan lakukan minimal sekali seminggu.

6. Asupan makanan

Mengurangi keringat berlebih yang menjadi salah satu penyebab bau kaki menyengat bisa dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab keringat berlebih. Misalnya, makanan pedas dan lain sebagainya.

7. Mencuci kaki dengan air garam

Setelah menggunakan sepatu untuk beraktivitas dalam jangka waktu yang lama, rendamlah kaki dengan air yang dicampur dengan garam, selama kurang lebih 20 menit.

Air garam ampuh menghalau kutu air serta mengatasi bau kaki yang tidak sedap.

8. Berobat




Bila anda menderita penyakit yang menyebabkan produksi keringat anda berlebih seperti anemia dan gondok, tentu saja anda harus segera mengobati penyakit tersebut.

Bau kaki atau bromhidrosis, dapat benar-benar memalukan bagi mereka yang menderita masalah ini.

Pada umumnya penyebabnya adalah keringat tidak menguap saat memakai sepatu atau kaus kaki. Bakteri alami pada kulit Anda tumbuh dan bercampur dengan keringat menyebabkan sel-sel kulit mati, dan akhirnya memproduksi bau yang tidak sedap.

Bagaimana Mencegah Bau Kaki yang Tidak Sedap

Cara terbaik untuk mencegah bau kaki adalah menjaga kebersihan diri sendiri dan tidak mengenakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut.

Sangat penting untuk mencuci kaki Anda setiap hari dan mengeringkannya sampai benar-benar kering, terutama area di antara jari kaki. Anda juga harus memakai kaus kaki bersih berbahan katin atau wol daripada yang berbahan nilon.

Jika Anda rentan terhadap kaki berkeringat, Anda dapat mencegah bau kaki dengan cara:

  • Gunakan deodorant spray atau antiperspirant pada kaki Anda.
  • Keringkan kaki dengan handuk setelah mandi terutama area diantara jari kaki.
  • Masukan obat penghilang bau di dalam sepatu saat sedang tidak digunakan.
  • Gunakan selalu kaus kaki yang bersih untuk mencegah bakteri yang memecah keringat dan menyebabkan bau.
  • Beberapa kaus kaki olahraga memiliki panel ventilasi untuk membantu menjaga kaki tetap kering.
  • Memakai sepatu kulit atau saat musim panas, gunakan sandal dengan ujung terbuka.
  • Bertelanjang kaki di rumah jika lantai rumah bersih dan tidak lembab.

Kaki dengan keringat berlebih dapat diobati dengan menggunakan scrub anti bakteri khusus kaki, namun hindari penggunaan scrub ini jika Anda memiliki kulit yang rusak atau sedang menderita eksim.

Selain melakukan beberapa tips di atas, anda juga bisa menghilangkan bau kaki secara alami menggunakan obat tradisional seperti cuka apel dan baking soda.

Demikian informasi singkat beberapa penyebab bau kaki dan cara mengatasi bau kaki yang tidak sedap, semoga bermanfaat. []

Tulis Komentar