Cara Cepat Mengatasi Flu dan Sakit Tenggorokan

Flu merupakan penyakit sangat menular yang muncul akibat virus influenza, karena itu flu juga dikenal dengan nama influenza. Ada banyak obat untuk menyembuhkan flu tetapi di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas cara mengatasi flu dan menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat

Penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan ini, sering dianggap pilek biasa karena mempunyai gejala-gejala yang mirip. Namun, virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek, penyakit flu cenderung lebih serius. Bahkan, flu yang parah dapat membahayakan nyawa.




Flu merupakan penyakit yang paling banyak di derita manusia, dan satu orang bisa menderita flu berkali-kali dalam setahun. Penyakit ini erat kaitannya dengan musim atau cuaca dan biasanya ditandai dengan batuk dan pilek.

Karena flu merupakan penyakit umum yang seringkali menyerang siapapun, seyogianya setiap orang harus mengetahui cara yang benar-benar ampuh untuk mengobati penyakit ini.

Beberapa gejala yang timbul saat flu menyerang, di antaranya adalah:

  • Nyeri dan gatal di tenggorokan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada otot dan persendian tubuh
  • Meriang  (badan mengigil kedinginan)
  • Batuk kering
  • Hidung berair dan tersumbat
  • Merasa lelah
  • Serta rasa tak nyaman secara umum.

Lalu, Bagaimana Cara Menyembuhkan Flu?

Mengatasi flu dan tenggorokan gatal

Mengatasi flu dan tenggorokan gatal

Di bawah ini, akan dipaparkan cara mengatasi flu bila tak kunjung sembuh. Namun sebelum membahasnya, ada hal penting yang perlu Anda ketahui tentang flu, apakah itu.




Tahukah Anda, bahwa gejala-gejala flu yang menurut penderitanya sangat mengganggu, sebenarnya merupakan proses penyembuhan alami yang tak membutuhkan pengobatan?

Bahkan, munculnya gejala-gejala flu itu merupakan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit, gejala-gejala itu antara lain :

1. Demam

Ini merupakan reaksi tubuh menciptakan lingkungan yang lebih panas dari suhu normal. Tujuannya, agar virus penyebab flu tidak betah atau mati.

Selain itu, protein dan sel-sel daya tahan tubuh pembunuh kuman dalam darah menjadi lebih cepat beredar dan bekerja lebih efektif saat tubuh panas. Oleh sebab itu, jika demamnya ringan hingga sedang, bisa dipertahankan satu atau dua hari, agar flunya sembuh lebih cepat.

2. Batuk

Ini merupakan cara tubuh membersihkan saluran pernapasan secara alami dari lendir tebal. Lendir merupakan kendaraan kuman ke paru-paru, serta ke seluruh tubuh.

3. Hidung tersumbat

Hidung tersumbat, terjadi akibat aliran darah pada daerah hidung meningkat. Salah satu keuntungan aliran darah meningkat, adalah menghangatkan daerah yang terinfeksi serta membantu sekresi (pengeluaran lendir).

Tips Mengatasi Flu yang Berkepanjangan

Seperti dijelaskan di atas, pada dasarnya flu bisa sembuh dengans sendirinya tanpa harus mengonsumsi obat. Namun, bila flu tak kunjung sembuh dan sudah sampai pada tahap mengganggu kegiatan Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu yang Anda derita, antara lain :

1. Istirahat yang cukup

Saat terserang flu, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh secara total. Ini akan membantu anda menghemat energi dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah. Sebaiknya Anda menggunakan selimut agar tetap hangat. Bila perlu oleskan minyak kayu putih ke seluruh tubuh Anda.

2. Konsumsi buah dan sayur

Saat menderita flu, sebaiknya Anda memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur terutama buah yang mengandung vitamin c tinggi. Ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sedang drop.

3. Berkumur dengan larutan garam

Campur ½ sendok teh garam dan 8 ons air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut empat kali sehari. Cara ini efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang menyertai flu.

Sedangkan untuk mengatasi gatal tenggorokan, berkumurlah atau minum sekalian, teh yang mengandung tanin. Bisa juga dengan madu yang dicampur dengan sari apel. Sedangkan untuk meredakan batuknya, bisa meminum obat batuk yang ‘lezat’, yaitu secangkir teh hangat yang ditambahkan 1 sendok madu dan jus lemon.

4. Mandi dengan air hangat




Saat flu, anda bisa mandi air hangat atau air yang beruap untuk melembabkan hidung serta membantu otot-otot menjadi rileks.

5. Minyak kayu putih

Oleskan setetas minyak kayu putih atau salep mentol di bawah hidung, untuk membantu  melegakan saluran pernapasan yang tersumbat.  Menthol, eucalyptus, dan minyak kayu putih memiliki bahan pati ringan, yang bisa membantu meringankan rasa sakit dalam hidung. Tapi ingat, jangan mengolesnya terlalu tebal dan jangan mengolesnya di dalam rongga hidung.

6. Tidur dengan bantal tinggi

Letakkan beberapa bantal sedemikian rupa di bawah kepala untuk meninggikan kepala. Meninggikan kepala saat tidur, akan membantu meringankan hidung yang tersumbat.

7. Konsumsi makanan pelawan infeksi

Saat menderita flu, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makan makanan yang baik untuk melawan infeksi, seperti :

  • Buah yang kaya dengan vitamin C, seperti jambu biji serta jeruk;
  • Blueberry yang mengandung aspirin alami. Ini bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan rasa nyeri;
  • Cabai, baik untuk membuka hidung tersumbat, dan membantu memecah lendir di paru-paru;
  • Bawang, kandungan phytochemicalnya bisa membantu tubuh melawan infeksi akibat firus flu.

Flu dan sakit tenggorokan adalah penyakit yang biasanya datang sepaket. Flu berat biasanya sangat menyiksa penderita dan dapat menghambat aktivitas.

Lakukan tips-tips di atas untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda sehingga dapat mengatasi flu dan sakit pada tenggorokan dengan cepat.

Tulis Komentar