5 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Jerawat Di Kulit Kepala Secara Alami

Umumnya, pertumbuhan jerawat lebih sering dijumpai pada bagian wajah dan punggung, ataupun pada bagian dada. Meski demikian, ada kalanya jerawat muncul di kulit kepala. Pada beberapa kasus jerawat di kepala bisa meradang dan menyakitkan. Penyebab jerawat di kulit kepala adalah penumpukan minyak atau sebum pada kulit kepala

Meskipun tidak terlihat, namun jerawat pada kulit kepala bisa sangat mengganggu karena dapat menimbulkan rasa nyeri. Karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas cara mengatasi jerawat di kulit kepala secara alami.




Ada banyak sekali jenis obat jerawat yang bisa anda gunakan, baik itu obat medis maupun obat alami atau herbal. Disarankan lebih baik melakukan pengobatan alami terlebih dahulu untuk menghilangkan jerawat sampai tuntas.

Dalam kasus jerawat sudah sangat kronis dan tidak mempan lagi dihilangkan dengan obat-obatan alami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

Berikut ini 5 jenis tanaman obat alami untuk mengatasi jerawat di kulit kepala secara alami sampai tuntas:

1. Jeruk Lemon

Buah yang terkenal mampu menurunkan berat badan ini ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, termasuk jenis jerawat yang tumbuh di kulit kepala. Hal ini sangat dimungkinkan karena sifat anti bakteri dan anti inflamasi dari jeruk lemon dapat meredam pertumbuhan jerawat itu sendiri.




Caranya mengolahnya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan perasan air jeruk lemon terlebih dahulu, lalu campurkan dengan 1 sdm air putih. Setelah itu, oleskan atau siram pada kulit kepala kamu yang memiliki jerawat tersebut. Apabila kondisi jerawatmu sudah meradang, maka ramuan ini bisa menimbulkan rasa yang perih.

2. Bawang Putih

Jika bawang putih ini biasanya kita gunakan sebagai bumbu masakan, maka kini saatnya untuk menjadikannya sebagai obat jerawat. Tidak berbeda dengan jeruk lemon, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa meringankan peradangan jerawat.

Cukup dengan menghaluskan bawang putih dengan cara ditumbuk atau diparut, lalu gosok-gosokkan secara perlahan pada kulit kepalamu yang berjerawat.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat juga bisa dikurangi berkat kemampuan bawang putih dalam membunuh kuman. Namun mengingat aroma bawang putih yang sangat kuat, sebaiknya cuci rambutmu setelah melakukan perawatan ini.

Menyembuhkan jerawat di kulit kepala

Menyembuhkan jerawat di kulit kepala

3. Pala

Selain lemon dan bawang putih, kamu bisa juga memanfaatkan biji pala untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Siapkan 1 buah biji pala dan tumbuk hingga halus. Campur biji pala ini dengan 4 sdm susu segar dan aduk rata.




Untuk pengaplikasiannya, cukup oleskan pada kulit kepala kamu dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu, keramaslah agar sisa-sisa dari bubuk pala dan susu ini tidak tersisa di rambut karena akan membuatnya terlihat kotor.

4. Minyak Zaitun

Buatlah ramuan dari minyak zaitun dan tea tree oil dengan takaran yang sama. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala hingga rata dan diamkan selama 2 jam.

Selain mampu mengatasi jerawat di kulit kepala, kandungan dari kedua minyak alami ini juga bisa menyehatkan kulit kepala dan rambut. Nah, jika kamu termasuk memiliki kondisi rambut dan kulit kepala yang kering, maka jadikanlah ramuan ini sebagai pelembap alami.

Namun untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak, sebaiknya jangan melakukan perawatan ini karena besar kemungkinan jerawat kamu akan semakin parah.

5. Kayu Manis

Siapkan kayu manis yang sudah dihaluskan, kemudian campur bersama madu asli masing-masing sebanyak 2 sdm. Balurkan pada kulit kepalamu, dan bilas setelah 30 menit. Kandungan dari madu dan bubuk kayu ini mampu membersihkan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sekaligus menyehatkan kulit kepala.

Sekalipun tidak terlihat, jerawat yang muncul pada kulit kepala tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan peradangan. Pada kondisi tertentu, jerawat ini bisa mengganggu kesehatan kulit kepala dan menghampat pertumbuhan rambut.

Semoga tips mengatasi jerawat di kulit kepala yang kami berikan kali ini bisa menjadi alternatif dalam menghadapi pertumbuhan jerawat di tempat yang tersembunyi ini.

Tulis Komentar