5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Bau kaki adalah aroma tidak sedap yang dikeluarkan oleh kaki dan disebabkan oleh bakteri jahat. Kita mungkin tidak menyadari bau tersebut jika sedang beraktifitas tapi percayalah orang-orang di sekitar kita dapat mencium bau tak sedap tersebut.

Tentu saja memiliki kaki yang beraroma tidak sedap dapat membuat orang di sekeliling kita merasa tidak nyaman berada di dekat kita. Permasalahan ini haruslah diselesaikan, secepat yang anda bisa.




Dari mana munculnya dan bagaimana menghilangkan bau kaki tersebut? di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips cara menghilangkan bau kaki secara alami.

Penyebab Timbulnya Bau Tidak Sedap pada Kaki

Biasanya, bau kaki terjadi karena keberadaan sejumlah bakteri yang mengendap pada kaki. Bakteri-bakteri ini bisa ada di sana karena sepatu atau kaos kaki yang lembab atau kaki berinteraksi dengan benda-benda tertentu.

Semakin lama bakteri-bakteri tersebut akan berkembang makin banyak dan dapat menciptakan jamur, dan dalam waktu yang tidak lama, kaki mulai mengalami gatal yang membuat anda terus menggaruknya.

Bromhidrosis adalah salah satu jenis bakteri yang memproduksi bau tidak sedap, bakteri ini selalu tumbuh dan berkembang di daerah-daerah tubuh yang terpencil seperti di sela-sela kuku jari kaki.

Sementara bakteri hiperdrosis adalah jenis bakteri yang dapat merangsang tubuh memproduksi keringat berlebih terutama pada daerah kaki. Jika anda mengalami keringat berlebih pada kaki anda maka ada kemungkinan di situ sudah tumbuh bakteri hiperdrosis.




Cara menghilangkan bau kaki tidak sedap

Cara menghilangkan bau kaki tidak sedap

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Tentu anda pernah memakai sepatu dan kaos kaki ketika kondisi cuaca sedang turun hujan bukan? Nah, pada kondisi tersebut bakteri bisa saja hinggap di kaki dan berkembang biak menciptakan aroma bau yang tidak sedap pada kaki.

Setelah kita mengetahui apa-apa saja yang menyebabkan kaki bau, berikutnya kita akan mempelajari bagaimana menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Mencuci atau merendam kaki

Apabila anda seorang pekerja ataupun seseorang yang selalu beraktifitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk membiasakan diri selalu mencuci kaki secara rutin.

Dalam beraktifitas di luar ruangan anda menggunakan sepatu dan kaos kaki, kondisi ini akan membuat kaki jadi lembab dan merangsang bakteri tumbuh di sana. Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan rajin mencuci dan merendam kaki anda.

Rendamlah kaki anda dengan air hangat setelah seharian bekerja. Gunakan sabun khusus anti bakteri untuk membunuh bakteri dan kuman yang melekat di kaki. Anda juga bisa menggunakan baking soda saat merendam kaki, gunanya untuk mengurangi bakteri yang hidup di sana.

2. Mengganti kaos kaki seminggu tiga atau empat kali

Untuk mencegah dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses menghilangkan bau kaki, anda wajib untuk mengganti kaos kaki setidaknya tiga atau empat kali dalam seminggu.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan kaos kaki yang berbahan dasar dari katun atau wol agar dapat membantu menghindari problem aroma kaki yang tidak sedap.

3. Menggunakan Antiperspirant Untuk Menghilangkan Bau Kaki




Kosmetik antiperspirant biasanya digunakan sebagai kosmetik untuk mengatasi bau ketiak, namun anda juga bisa membelinya untuk kaki. Kosmetik ini memiliki fungsi yang dapat mencegah keringat keluar secara berlebihan.

Oleskan antiperspirant pada permukaan kaki untuk mempersempit pori-pori keringat sehingga dapat mengurangi jumlah keringat yang keluar. Metode ini sebenarnya hanya menghilangkan gejala dan tidak menghilangkan penyebab keringat terlalu banyak keluar di kaki.

4. Memakai Obat Kumur

Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk menghilangkan aroma kaki yang tidak sedap, karena pada dasarnya obat kumur juga berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada mulut. Dengan fungsi yang sama, obat kumur dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Cara menggunakannya cukup mudah, campur obat kumur dengan air kemudian rendam kaki di air tersebut selama beberapa menit setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

5. Memakai sepatu dan kaos kaki dengan ukuran yang pas

Dalam memilih ukuran kaos kaki dan sepatu, cobalah untuk mencari ukuran yang sesuai dengan kaki anda. Sepatu yang terlalu sempit atau kaos kaki yang sangat ketat akan meningkatkan kelembaban kaki dan bakteri tentunya akan semakin senang tinggal di sana.

Gunakan sepatu dan kaos kaku dengan ukuran yang pas, longgar sedikit tidak masalah yang penting masih ada ruang untuk udara agar tetap bisa masuk dan keluar dengan bebas.

Demikian beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bau kaki tidak sedap secara alami, silahkan praktekkan langkah-langkah mudah di atas secara rutin, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar