Tips Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

Mulut yang mengeluarkan aroma kurang sedap, saat berbincang dengan seseorang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Terkadang, penderita bau mulut tidak menyadari kondisinya. Padahal, dalam pergaulan sehari-hari, bau mulut yang tak enak bisa menyebabkan orang lain menjaga jarak atau menghindar.

Makanya, orang yang mengalami masalah mulut dan nafas bau, harus segera mengatasi gangguan yang dideritanya. Ini penting, agar aktivitasnya bersama orang lain terutama orang banyak tidak terhambat, juga rasa percaya dirinya tidak hilang.




Bau mulut pada umumnya disebabkan oleh kesehatan gigi yang buruk. Tetapi meski demikian dalam beberapa kasus, bau tak sedap dari mulut juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh.

Selain itu mulut juga bisa mengeluarkan bau tak sedap setelah mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Beberapa jenis makanan dengan aroma khas dapat menetap di dalam mulut dalam waktu yang cukup lama.

Artikel pengensehat.com kali ini akan membahas beberapa tips cara menghilangkan bau mulut secara permanen, tetapi sebelumnya kita perlu membahas beberapa faktor penyebab bau mulut tak sedap.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis, bisa disebabkan banyak faktor. Berdasarkan penelitian, sekitar 90% halitosis disebabkan oleh kelainan rongga mulut, bisa karena karies gigi maupun infeksi jaringan penyangga pada gigi.

1. Kebersihan Gigi




Jika Anda malas gosok gigi, maka partikel makanan akan tetap berada di dalam mulut Anda, dan akan meningkatkan pertumbuhan bakteri di antara gigi, di sekitar gusi, dan lidah. Hal ini menyebabkan mulut jadi bau.

Pada anak-anak, halitosis bisa terjadi karena adanya benda asing yang masuk ke hidung, namun tidak terdeteksi sehingga menyebabkan pembusukan dan menyebabkan bau.

Kondisi seperti ini tetap disebut bau mulut, walaupun sumbernya berasal dari hidung. Penyakit kanker dan radang amandel kronis, juga bisa menyebabkan masalah bau pada mulut.

2. Kondisi medis

Bau mulut bukan hanya disebabkan faktor kebersihan gigi dan mulut, bau tak sedap tersebut juga bisa merupakan indikasi adanya penyakit dalam tubuh. Misalnya kencing manis, infeksi paru-paru, dan infeksi lambung atau usus.

Pada penderita maag, mulut berbau bisa terjadi karena tidak seimbangnya asam dan basa di dalam lambung. Saat asam lambung meningkat, tingkat keasaman lambung akan naik ke atas tenggorokan sehingga timbul bau mulut tak sedap.

Disarankan untuk orang yang punya masalah lambung untuk sering ngemil, agar keasaman di lambung menjadi seimbang.

Cara menghilangkan bau mulut secara permanen

Cara menghilangkan bau mulut secara permanen

3. Makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan seperti petai, jengkol, bawang putih dan alkohol juga bisa memicu bau tak sedap pada mulut. Begitu pula dengan perokok, akan mengalami masalah dengan mulut dan nafas bau.

Orang-orang yang menggunakan gigi palsu, harus rajin melakukan perawatan. Karena alat-alat yang mengandung metal akan mengeluarkan bau bila tak telaten merawatnya.

Singkatnya, berikut ini beberapa faktor penyebab bau mulut tak sedap:

  • Terjadi infeksi pada jaringan gigi
  • Karang gigi
  • Menderita penyakit seperti diabetes
  • Ketidakseimbangan asam basa
  • Makanan dan minuman tertentu
  • Rokok
  • Penggunaan gigi palsu

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab bau mulut, kita juga perlu tahu cara mendeteksi mulut bau agar nanti dapat mengatasinya secara permanen.

Kebanyakan orang mendeteksi nafas dan bau mulut secara keliru, yaitu mengembuskan nafas pada telapak tangan, lalu membauinya. Padahal ada cara yang lebih efektif untuk mendeteksi bau mulut :

  • Jilat telapak tangan anda;
  • Diamkan, hingga air liur, di telapak tangan anda mengering;
  • Cobalah untuk membaui telapak tangan anda. Jika menimbulkan bau tak sedap, maka
    besar kemungkinan anda mengalami masalah bau mulut. Jika tidak, berarti mulut anda dalam keadaan normal.

Pada dasarnya, semua makanan akan hancur di dalam mulut. Jika Anda makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, tindakan pencegahan seperti menyikat gigi atau menggunakan benang gigi – atau bahkan menggunakan obat kumur – hanya akan menutupi bau sementara. Bau tidak akan hilang sepenuhnya sampai mereka habis diserap sempurna dalam tubuh.

Tips Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Seperti dijelaskan di atas, sebagian besar kasus bau mulut tak sedap muncul akibat faktor kebersihan pada gigi dan mulut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nafas dan mulut berbau tidak sedap, yaitu :

1. Rajin menggosok gigi

Untuk menjaga kebersihan mulut, gosoklah gigi secara rutin pagi, siang dan malam sebelum tidur. Jangan lupa, untuk mengganti sikat gigi anda 3 bulan sekali.

2. Memeriksa kesehatan gigi secara teratur

Pemeriksaan gigi secara teratur, setiap enam bulan sekali akan membantu untuk pencegahan dini, bila gigi mengalami masalah kesehatan.

3. Atasi gigi yang berlubang

Gigi berlubang adalah sarang bakteri penyebab bau pada mulut. Cara terbaik menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah dengan menambalnya atau mencabutnya.

4. Minum air putih yang banyak

Merutinkan minum air sebanyak 8 gelas sehari, tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga bisa membersihkan bakteri dan kotoran yang ada di sekitar mulut.

5. Jangan lupakan sarapan

Banyak orang yang mengabaikan sarapan. Padahal, selain penting untuk otak, dan menambah tenaga, sarapan juga bisa mencegah bau mulut. Bila anda tak sarapan, kadar asam akan meningkat, sehingga menyebabkan mulut mengeluarkan bau tak sedap.

6. Kunyah beras

Beras bisa mengurangi bau menyengat dari mulut akibat makanan yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti jengkol dan petai. Caranya pun mudah : kunyah hingga halus beras sekepalan tangan. Biarkan 5-10 menit, lalu telan. Tunggu 3 menit, kemudian minum air putih.

7. Kunyah daun sirih




Daun sirih memiliki sifat anti-bakterial yang berguna untuk membasmi bakteri dan kuman. Sehingga, bisa dimanfaatkan untuk obat kumur untuk mencegah bahkan mengatasi masalah bau pada mulut

8. Konsumsi buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, secara tak langsung membantu anda untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Vitamin C berguna untuk untuk membasmi bakteri jahat.

9. Stop merokok dan minum alkohol

Bila anda perokok aktif, untuk mengatasi bau mulut, mau tidak mau anda harus berhenti merokok. Begitu pun bila anda hobi minum minuman beralkohol.

10. Konsultasi pada dokter spesialis

Bila bau pada nafas dan mulut tak kunjung hilang setelah mencoba berbagai cara, cobalah berkonsultasi pada dokter spesialis, untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat dan efektif.

Bau mulut juga bisa muncul saat anda sedang berpuasa. Anda bisa mencegah bau mulut saat berpuasa dengan cara memperbanyak konsumsi makanan berserat saat sahur dan makan malam.

Demikian informasi singkat beberapa penyebab mulut berbau dan tips cara menghilangkan bau mulut secara permanen dan alami. []

Tulis Komentar