Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel

Bagi beberapa orang terutama kaum remaja, jerawat adalah masalah yang sangat ditakuti. Beberapa dari mereka bahkan malu dan merasa takut keluar rumah karena beberapa bintik kecil tersebut tiba-tiba muncul di permukaan wajah.

Sesungguhnya ada banyak cara menghilangkan jerawat membandel, mulai dari obat-obat farmasi yang diresepkan dokter, obat alergi, pembersih wajah, sampai dengan obat-obatan alami yang dapat menyembuhkan jerawat secara permanen.




Pada kasus jerawat parah yang sudah menahun dan sulit disembuhkan maka tidak ada cara lain selain berkonsultasi ke dokter kulit yang nantinya akan memeriksa kulit wajah anda secara menyeluruh dan akan memberikan obat resep yang biasanya tidak murah.

Pada artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas salah satu obat alami untuk menghilangkan jerawat membandel, yakni cuka apel.

Obat herbal ini telah digunakan banyak orang di banyak negara, dan manfaatnya tidak hanya dapat menghilangkan jerawat tapi juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sari cuka apel adalah salah satu cairan asam yang bersifat anti bakteri pada jaringan kulit.

Menghilangkan jerawat menggunakan obat alami cuka apel

Menghilangkan jerawat menggunakan obat alami cuka apel




Cuka Apel dan Perawatan Kulit

Cuka apel sangat cocok digunakan untuk menyembuhkan kutil, menghilangkan jerawat batu dan masalah kulit lainnya. Cairan ini juga bisa dijadikan sebagai minuman harian anda untuk meningkatkan kesehatan dan dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan lembut.

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat, kita perlu sedikit mengetahui beberapa fungsi kulit dan mengapa kita harus merawatnya secara serius.

Fungsi kulit tubuh adalah:

  1. Mengontrol suhu tubuh
  2. Melindungi bagian dalam tubuh dari unsur-unsur yang berbahaya
  3. Menerima dan meneruskan informasi dari luar ke sistem syaraf

Dari ketiga fungsi kulit di atas kita dapat mengetahui bahwa bagian tubuh yang satu itu sangat vital dan karenanya perlu kita jaga dengan baik.

Tahukah anda?

Para tabib di jaman Yunani kuno dan sang bapak kedokteran, Hippocrates telah menggunakan sari cuka apel sebagai obat yang ampuh meyembuhkan penyakit.

Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel

Cuka apel mengobati jerawat

Cuka apel mengobati jerawat

Cuka apel adalah salah satu metode penyembuhan jerawat yang sangat efektif. Minuman ini adalah sebuah terapi alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh. Cuka sari apel memberi perlindungan terhadap kulit dalam beberapa cara, yakni:

  • Menghilangkan sumbatan pada pori-pori wajah, mencegah jerawat dan juga memberi kemampuan pada kulit untuk bernapas dengan benar
  • Cuka apel membantu menciptakan lapisan pelindung yang kuat pada kulit wajah dan tubuh secara menyeluruh
  • Mencegah kulit menjadi sangat kering

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja cuka apel dalam menyembuhkan jerawat dan menghilangkan flek hitam di wajah, kita perlu mengetahui apa-apa saja faktor penyebab wajah berjerawat.

Penyebab Jerawat

Kulit kita pada dasarnya memiliki lapisan luar yang bersifat asam, namanya protective acid mantel. Pelindung ini menyebabkan kulit menjadi sedikit asam dengan pH antara 4,5-6. Fungsi dari sifat asam pada kulit ini adalah melindungi kulit bagian dalam dari polusi, radikal bebas dan partikel berbahaya lainnya yang banyak di udara.

Saat kita mencuci wajah kita dengan air atau pembersih wajah, secara tidak sengaja kita sudah menghilangkan lapisan asam pelindung tersebut. Meskipun tubuh sudah dirancang untuk memproduksi kembali asam pelindung tetapi pada kenyataannya proses tersebut membutuhkan sedikit waktu, dan selama proses tersebut kulit kita akan rentan terhadap zat berbahaya yang dapat menyebabkan kulit rusak, ruam dan juga jerawat.

Itulah sebabnya terlalu sering mencuci muka justru dapat menyebabkan jerawat dan membuat pH pada kulit wajah menjadi tidak seimbang.

Tahukah anda?

Saat sedang berlayar mencari dunia baru, Christopher Columbus turut membawa cuka apel untuk mengobati penyakit kudis.

Baca juga: 7 Penyebab Jerawat yang Jarang Diketahui Orang

Bagaimana Cuka Apel Mengobati Jerawat

Setidaknya ada tiga cara bagaimana cuka apel dapat menghilangkan jerawat sekaligus membantu kulit tetap sehat:

  1. Beta Karoten. Cuka apel memiliki kadar beta karoten yang tinggi yang dapat menyembuhkan kerusakan-kerusakan pada kulit akibat radikal bebas. Dengan beta karoten, kulit dan wajah bisa menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda.
  2. Anti bakteri. Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan juga anti bakteri yang dapat melindungi kulit tubuh dan wajah dari polusi yang berbahaya.
  3. pH balance. Manfaat paling utama dari sari cuka apel untuk perawatan kulit adalah kemampuannya untuk mengembalikan keseimbangan asam basa tubuh. pH cuka apel berada diantara 4,5 sampai 6 yang mendekati kondisi pH ideal untuk tubuh.

Hal-Hal yang Perlu diperhatikan ketika Menggunakan ACV (Apple Cider Vinegar) pada Kulit Wajah

Toner cuka apel sangat baik untuk kulit dan juga sangat efektif dalam mengobati masalah-masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan penyakit kulit lainnya. Berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan cuka apel untuk merawat kulit.




  1. Gunakan di malam hari. Beberapa orang sangat sensitif terhadap bau yang terlalu kuat dari cuka apel. Seperti halnya anda tidak akan memakan bawang merah sebelum kencan dengan pasangan, anda juga sebaiknya tidak memakai sari cuka apel di wajah sebelum keluar rumah. Jika anda tidak tahan dengan baunya, sebaiknya gunakan hanya di malam hari.
  2. Hati-hati iritasi kulit. Meskipun cuka apel tidak memiliki efek samping, tetapi dalam beberapa kondisi, toner ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. Jika anda mengalami masalah ini maka besar kemungkinan anda tidak cocok dengan cuka apel. Untuk menyiasatinya cobalah menambahkan air sedikit lebih banyak pada cuka apel sebelum digunakan, atau bisa juga dengan mengurangi frekuensi pemakaiannya.
  3. Jerawat bertambah parah. Pada situasi yang sangat jarang terjadi, cuka apel membuka penyumbatan pori-pori pada wajah menyebabkan kotoran keluar sehingga terjadi peradangan pada jerawat yang sudah ada sebelumnya. Jika kondisi ini terjadi sebaiknya hentikan penggunaan cuka apel untuk sementara waktu.
  4. Coba sebelum digunakan. Sebelum mengaplikasikan cuka ini ke kulit secara menyeluruh, coba sedikit terlebih dahulu pada kulit untuk mengetahui reaksinya.
  5. Gunakan tabir surya. Cuka apel dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar ultra violet. Gunakan lotion tabir surya jika anda berencana keluar rumah setelah memakai cuka apel. Masalah sensitifitas ini juga salah satu alasan mengapa anda sebaiknya menggunakan cuka apel di malam hari.
Mencuci muka menghilangkan jerawat

Mencuci muka menghilangkan jerawat

Cara Membuat Toner Cuka Apel

Jerawat memang kadang sangat menjengkelkan terutama jika tidak juga sembuh meskipun telah diobati dengan berbagai macam obat medis. Jika anda memiliki wajah berjerawat, maka ada baiknya anda menggunakan obat alami cuka apel untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Membuat toner cuka apel penghilang jerawat sangat mudah dan bisa anda lakukan di rumah menggunakan bahan-bahan yang juga sangat praktis.

Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan:

  • 250 ml air yang telah disaring, air PDAM juga boleh digunakan
  • 250 ml cuka apel organik, tanpa filter dan tidak dipasteurisasi
  • 1 botol plastik untuk menyimpan toner

Cara pembuatan:

Campurkan air yang telah disaring dengan cuka apel, kemudian kocok sampai kedua cairan tercampur sempurna. Setelah itu, toner cuka apel siap digunakan.

Tips Menggunakan Cuka Apel untuk Menyembuhkan Jerawat Membandel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk membersihkan wajah agar terhindari dari jerawat dan masalah kulit lainnya. Gunakan kapas yang telah dicelupkan pada toner cuka apel kemudian oleskan dengan lembut pada wajah. Pastikan agar olesan tersebut tidak sampai mengenai mata.

Berikut ini beberapa tips tambahan cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan cuka apel:

  • Mulailah mencuci muka dengan cuka apel sekali setiap hari dan dilakukan saat malam. Jika anda merasa tidak ada reaksi negatif yang muncul, anda bisa meningkatkan frekuensinya menjadi dua kali sehari.
  • Gunakan sedikit saja pada kulit saat anda baru menggunakannya pertama kali. Hal ini untuk mengetahui apakah cuka apel dapat menimbulkan iritasi pada kulit anda atau tidak.
  • Bersihkan wajah dengan air setelah lima menit pertama menggunakan cuka apel untuk meminimalkan risiko iritasi. Jika anda merasa aman-aman saja maka anda bisa menggunakan cuka apel lebih lama.
  • Beberapa jerawat muncul di punggung belakang. Gunakan toner yang memiliki semprotan untuk menjangkau area tersebut.
  • Gunakan campuran 1:1 antara air dengan cuka apel organik. Jika kulit anda memiliki kadar toleransi yang tinggi terhadap cuka sari apel maka anda bisa mengurangi kuantitas air atau menambah jumlah cuka menjadi 1:2. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan eksperimen dengan menambahkan atau mengurangi kadar cuka apel sampai anda mendapatkan rasio yang cocok untuk jenis kulit anda.
  • Jangan menggunakan cuka apel murni (yang belum diencerkan) langsung pada kulit. Cuka apel bersifat sangat asam dan dapat merusak jaringan kulit jika kadar asam sangat tinggi.
  • Jauhkan cuka apel dari mata dan area sekitar mata. Mata yang terkena cuka apel bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan perasaan terbakar. Jika hal ini terjadi, bersihkan mata menggunakan air atau tetes mata.
  • Anda bebas mencampurkan bahan lain yang bermanfaat pada toner cuka apel anda seperti lidah buaya atau teh hijau yang juga sangat baik bagi kesehatan kulit dan dapat menyembuhkan jerawat membandel.

Cuka apel atau apple cider vinegar sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat membandel dan menyembuhkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Gunakan obat alami cuka apel ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Komentar dan Tanggapan

  1. rama January 26, 2016
  2. lilo February 3, 2016
    • Kishi April 11, 2016
  3. desi February 17, 2016
    • adeputra February 24, 2016
    • kim haena March 6, 2016
    • timmy March 9, 2016
    • Nusril Nuzul May 3, 2016
  4. olga April 20, 2016
    • willynuraini August 21, 2017
  5. Nusril Nuzul May 2, 2016
  6. hafshah May 20, 2016
  7. nafisah May 23, 2016
    • ana April 16, 2017
  8. Corina August 9, 2016
  9. Jalanjalan September 24, 2016
  10. Dina khaforsink November 2, 2016
    • riefky November 15, 2016
  11. Siti darwiyanto January 5, 2017
  12. ajeng sundari January 20, 2017
    • Nafa March 11, 2017
  13. Maulida February 20, 2017
    • utin yuliaa July 16, 2017
  14. Nabila March 10, 2017
  15. Widya March 19, 2017
  16. Thomas March 26, 2017
  17. Khaylila March 29, 2017
  18. Iin April 11, 2017
  19. Rahma April 17, 2017
  20. tepi April 21, 2017
  21. Salma April 29, 2017
  22. danydani May 11, 2017
  23. valiant choirunnisa susanta August 1, 2017
  24. Hesty August 27, 2017
  25. fitri yani September 12, 2017

Tulis Komentar