Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Jidat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang meski tidak berbahaya kadang sangat mengganggu terutama penampilan. Jerawat pada umumnya muncul di pipi tapi pada beberapa orang jerawat kecil-kecil kadang juga muncul di jidat atau dahi.

Selain menjaga kebersihan wajah, jerawat kecil-kecil di jidat juga bisa dihilangkan menggunakan obat medis maupun obat alami. Artikel ini akan membahas beberapa tips cara menghilangkan jerawat kecil di jidat secara alami.




Mengapa timbul jerawat berukuran kecil di dahi?

Dahi adalah salah satu tempat di wajah dimana jerawat kadang muncul begitu saja. Orang yang memiliki poni mungkin bisa menutupi jerawat tersebut tapi sayangnya cara ini tentu bukan cara yang tepat menghilangkan jerawat kecil di dahi.

Ada banyak penyebab jerawat muncul di dahi dan wajah. Dalam kepercayaan China kuno, jerawat kecil di jidat adalah pertanda adanya masalah pencernaan yang mungkin belum disadari penderita.

Meski demikian terdapat beberapa faktor penyebab lain yang bisa saja menyebabkan munculnya jerawat di dahi, yaitu:

  1. Pori-pori tersumbat
  2. Ketombe di rambut
  3. Kulit kepala yang berminyak
  4. Pengaruh obat yang dikonsumsi
  5. Gangguan pencernaan
  6. Stres
  7. Pengaruh produk rambut yang digunakan
  8. Helm
  9. Faktor genetik
  10. Faktor hormon

Tidak cukup dengan rajin membersihkan wajah dan rambut, Anda pun perlu menggunakan obat-obatan jika jerawat di dahi tak kunjung hilang.

Obat Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil di Jidat

Kulit bersih dan sehat merupakan dambaan setiap orang, khususnya kaum hawa. Namun, aktivitas keseharian yang mengharuskan kita melakukan kontak dengan polusi udara, sinar matahari, serta makanan tidak sehat membuat kulit kita jadi berkurang keindahannya.




Akibatnya, berbagai masalah kulit pun muncul, seperti kulit kusam, penuaan dini, hingga munculnya jerawat bintik di area dahi.

Umumnya, jerawat di jidat disebabkan oleh keringat atau penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Keringat yang bercucuran dan tidak segera diseka akan membuat kulit di area dahi semakin rentan terkena iritasi.

Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di dahi secara alami

Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di dahi secara alami

Kalau jerawat kecil-kecil sudah mulai bersemayam di dahi, wajah kita jadi tampak tidak indah dipandang, bukan? Namun, jangan khawatir sebab ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat di jidat secara alami. Penasaran apa saja tips-tipsnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Salah satu solusi mengatasi jerawat di jidat adalah dengan melakukan serangkaian perawatan alami seperti di bawah ini:

1. Masker Wajah Berbahan Alami

Banyak orang yang mengandalkan masker kecantikan untuk merawat kebersihan wajah. Masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak tomat, bengkuang, sari lemon, serta bahan alami lainnya dapat bermanfaat dalam mengurangi peradangan jerawat.

Begitu pula, masker wajah dari bahan alami sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat kecil di jidat. Jangan lupa juga perhatikan kandungan lain dalam masker serta kondisi kulit Anda, ya.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Minyak atau gula berlebih yang terkandung dalam makanan tidak jarang memicu timbulnya jerawat di jidat. Jika tidak mau jerawat semakin menghiasi wajah, ada baiknya Anda memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk mencegah jerawat muncul di dahi, biasakan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur untuk menutrisi kulit dan tubuh Anda.

3. Memanfaatkan yoghurt dan sereal gandum

Makanan yang kita temui sehari-hari ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat di jidat. Yogurt dan gandum adalah duet obat alami jerawat yang sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat kecil di jidat maupun pipi.

Anda cukup mencampurkan kedua bahan tersebut lalu mengaduknya. Setelah kedua bahan tercampur dengan sempurna, Anda dapat langsung mengoleskannya pada area wajah.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Selain area dahi akan terasa lebih halus, rasa gatal dan panas yang disebabkan jerawat pun jadi lebih berkurang.

4. Menggunakan lidah buaya

Satu lagi khasiat alam yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi jerawat di jidat yaitu menggunakan ramuan lidah buaya. Cara mengatasi jerawat dengan lidah buaya pun sangat mudah, yaitu:

  • Iris daun lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil,
  • Oleskan lendirnya ke area dahi dan biarkan hingga mengering.

Lidah buaya mengandung zat yang dapat menimbulkan sensasi dingin sehingga mampu mengurangi peradangan akibat jerawat.

5. Mengganti sarung bantal, sprei, dan handuk secara rutin

Bakteri yang menempel pada benda yang kita gunakan sehari-hari dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Nah, itulah sebabnya kita dianjurkan untuk rutin mengganti sarung bantal, sprei, serta handuk setidaknya satu bulan sekali agar tidak menimbulkan berbagai keluhan masalah kulit.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, gunakan produk perawatan wajah yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat. Pilihlah produk pembersih wajah yang tidak terlalu banyak mengandung bahan pewangi serta pewarna agar dapat menjamin keamanannya.

6. Cuka apel

Cuka apel sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat kecil-kecil di dahi dalam semalam. Cara kerjanya dengan membantu membersihkan wajah dari sumbatan penyebab jerawat.

Cuka apel juga mengandung anti bakteri yang dapat melindungi wajah dari polusi dan mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri.

7. Masker tomat




Masker tomat bermanfaat mencegah serta menghilangkan bekas jerawat secara tuntas. Kandungan tomat yang kaya akan antioksidan membantu sel pada kulit wajah melakukan regenerasi dengan cepat.

8. Rutin membersihkan wajah

Untuk menghindari munculnya jerawat berlebih di area dahi, biasakanlah untuk membasuh wajah Anda dua kali sehari menggunakan pembersih yang mengandung sulfur, benzoil peroksida, serta asam salisilat.

Namun, perlu diingat juga untuk tidak terlalu sering mencuci wajah sebab kelembapan area wajah dan dahi dapat berkurang. Akibatnya, kulit akan semakin rentan terhadap iritasi.

Jika jerawat di jidat dirasa sudah telanjur parah dan sulit diatasi, tidak ada salahnya meminta bantuan dermatologis untuk mengatasinya.

Yang terpenting adalah utamakan kebersihan wajah, kandungan produk perawatan wajah, serta makanan yang kita konsumsi untuk menghindari risiko alergi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat memang harus dilakukan dengan berhat-hati. Jika kita teledor sedikit saja dalam memerhatikan benda-benda yang diaplikasikan pada wajah, jerawat justru dapat semakin merajalela.

Selain di dahi, jerawat di leher juga kadang sangat mengganggu karena kadang menyebabkan iritasi. Begitu pula dengan jerawat di dada, yang meski tidak terlihat tapi dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Demikian informasi singkat bagaimana menghilangkan jerawat kecil di dahi dan jidat secara alami dalam semalam, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar