Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Vitamin A

Ada banyak cara yang umum dilakukan orang untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat di wajah. Salah satu yang sangat ampuh adalah dengan meningkatkan konsumsi vitamin A.

Pada awalnya, vitamin A ditemukan sebagai vitamin yang larut dalam lemak dan menjadi nama generik untuk semua jenis provitamin.




Secara umum, vitamin A berfungsi untuk mempertajam penglihatan, menjaga pertumbuhan dan perkembangan, diferensiasi sel, reproduksi, dan juga menjaga kesehatan kulit.

Nah, dengan kemampuan vitamin A dalam menjaga kesehatan kulit, maka banyak pihak yang kemudian menjadikannya sebagai obat untuk menghilangkan jerawat dan bahkan menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah.

Menghilangkan Jerawat dengan Vitamin A

Vitamin A sangat efektif dalam mengatasi jerawat karena dapat mengoptimalkan proses pembaharuan sel-sel kulit. Seperti kita tahu sel kulit senantiasa mengalami pembaharuan secara alami. Vitamin A berfungsi mempercepat proses tersebut secara alami.

Selain itu, vitamin A juga memiliki kandungan asam yang kemudian bisa membuka pori-pori kulit sehingga mencegah terjadinya penyumbatan, peradangan, dan juga menekan pertumbuhan jerawat yang baru.

Selain efektif dalam menghilangkan jerawat, vitamin A juga memiliki saripati yang bernama retinol atau retinoid. Adapun fungsi dari saripati ini adalah untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang menjadi pemicu sehingga terjadinya penumpukan bakteri di kulit.




Retinoid juga mampu mengatasi masalah lain pada wajah seperti keriput, mengatasi noda hitam, dan meningkatkan kinerja sel-sel yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Dengan melihat kandungan dari vitamin A ini, maka tak heran jika banyak produk kecantikan yang menyertakan vitamin A ke dalam komposisinya. Umumnya, vitamin A dibuat berbentuk kapsul dan tablet.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka masalah jerawat akan segera teratasi sekaligus kulit wajah menjadi lebih sehat. Sementara untuk penggunaan luar, kamu bisa menggunakan krim yang mengandung vitamin A.

Saat ini ada banyak krim Vitamin A yang dijual khusus untuk menghilangkan jerawat yang membandel di wajah. Gunakanlah krim penghilang jerawat yang telah lulus tes BPOM karena lebih aman digunakan.

Sumber Vitamin A

Selain dengan cara mengonsumsi kapsul atau menggunakan krim yang mengandung vitamin A, kita bisa juga memperoleh manfaatnya langsung vitamin A langsung dari makanan.

Dalam artian lain, menghilangkan jerawat dengan vitamin A dapat dilakukan lewat konsumsi makanan-makanan khusus yang memang menyediakan sumber vitamin A melimpah.




Lantas, apa saja jenis makanan tersebut?

  • Sayuran hijau yang mengandung lutein besar dan masih terkait dengan vitamin A.¬†Sayuran memang sudah sangat terkenal sebagai prekusor vitamin A dan anti oksidan.
  • Salah satu jenis kacang yang sering dijadikan varian cokelat ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Ubi Jalar. Makanan tradisional masyarakat Indonesia ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai penangkal radikal bebas. Serangan dari radikal bebas itu sendiri merupakan salah satu pemicu dari jerawat, utamanya untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.
  • Selain memiliki kandungan mineral yang tinggi, tiram juga merupakan sumber vitamin A yang bermanfaat sebagai anti oksidan.
  • Produk olahan susu ini mengandung vitamin A dan zinc yang efektif dalam menetralisir racun di tubuh. Apabila racun di dalam tubuh kita bisa dibuang secara maksimal, maka secara otomatis tubuh kita juga akan terbebas dari jerawat.
  • Bawang putih. Sekalipun lebih terkenal sebagai bumbu dapur, namun bawang putih sangat kaya akan vitamin A sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya. Selain efektif dalam memerangi jerawat, bawang putih juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

Cara Mengonsumsi Vitamin A

Vitamin A dapat menghilangkan jerawat

Mengatasi dan menghilangkan jerawat menggunakan Vitamin A

Sekalipun vitamin A memiliki segudang manfaat bagi kulit, utamanya dalam menghilangkan jerawat, namun konsumsinya tidak boleh sembarangan.

Konsumsi vitamin A yang dianjurkan hanya berkisar 600-700 mikrogram per hari. Apabila tubuh kita kelebihan vitamin A, maka tubuh akan meresponnya secara negatif.

Kondisi inilah yang sering disebut sebagai keracunan vitamin A. Alih-alih mendapat manfaat bagi kulit dan kesehatan, keracunan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Gejala dari kelebihan vitamin A itu sendiri akan mendatangkan sakit kepala yang intens, kulit kering dan mengelupas, rambut rontok, sakit pada tulang, kehilangan nafsu makan, dan pada ibu hamil berpotensi menyebabkan keguguran.

Jadi, konsumsilah vitamin A dengan dosis tepat, agar manfaatnya dalam mengobati jerawat bisa kamu dapatkan secara maksimal.

Sebenarnya, banyak cara untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan vitamin A. Hal ini pun tergolong mudah karena kita hanya dituntut untuk memperbanyak konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin A.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan jerawat dengan vitamin A yang kami berikan ini bisa menjadi alternatif lain bagi kamu dalam mengatasi pertumbuhan jerawat. Selamat mencoba.

Tulis Komentar