6 Tips Paling Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada juga yang lemah. Daya tahan tubuh adalah kemampuan dari dalam tubuh untuk mencegah jatuh sakit akibat serangan bakteri atau virus. Setiap orang perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh seperti rajin berolahraga, banyak istirahat, tidak stres dan tentu saja menjaga pola makan yang sehat.




Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami agar supaya tubuh selalu sehat.

Jika badan lemah maka bakteri dan virus semakin mudah menyerang dan akhirnya jatuh sakit. Saat itu tentu kita harus ke rumah sakit untuk berobat. Bayangkan berapa banyak biaya dan waktu yang harus kita keluarkan jika sakit. Karenanya cara terbaik agar tubuh selalu sehat adalah dengan menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa Tips Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Cepat dan Alami

Menjaga kesehatan adalah tanggung jawab setiap individu, dengan tubuh yang sehat maka segala penyakit tidak mudah datang dan aktifitas sehari-hari tidak akan terganggu.

Berikut ini beberapa tips bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh secara cepat dan alami:

1. Tidak stres




Selalu berpikir positif dalam segala hal akan meringankan beban kerja tubuh. Selalu stres dan berpikir negatif akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi lebih banyak dan akibatnya tubuh jadi mudah sakit.

2. Jumlah istirahat yang cukup

Istirahat artinya bukan sekedar tidak bekerja di kantor atau di rumah berleha-leha. Istirahat dalam hal ini adalah jam tidur yang cukup dan tidak terbebani pekerjaan secara psikis saat sedang di rumah.

3. Rajin berolahraga

Olahraga dan aktif mengeluarkan keringat akan berdampak pada organ dalam tubuh yang menjadi lebih kuat dan sehat. Peredaran darah pun jadi lebih lancar dan suasana hati terasa menyenangkan. Rajin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Tips meningkatkan daya tahan tubuh

Tips meningkatkan daya tahan tubuh

4. Pola makan sehat




Pola makan sehat adalah memberi tubuh asupan nutrisi yang memang dibutuhkan, bukannya membanjiri tubuh dengan segala macam zat berbahaya yang biasa terkandung dalam makanan instan dan siap saji. Perbanyak makan buah dan sayuran organik dan kurangi konsumsi gula dan garam.

Cobalah makan dengan porsi yang secukupnya dan jangan terlalu berlebihan, terlalu banyak makan terutama karbohidrat dapat membuat tubuh jadi gemuk dan orang yang kegemukan mudah terserang penyakit.

5. Banyak konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan berserat maka pencernaan jadi lebih lancar dan tubuh jadi lebih kuat. Contoh makanan berserat adalah kacang-kacangan dan beberapa jenis buah-buahan. Fungsi makanan yang berserat adalah untuk menjaga tubuh kalian dari serangan bakteri.

6. Vitamin D

Tubuh sangat membutuhkan vitamin D untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari. Penuhilah kebutuhan vitamin D pada tubuh dengan cara minum suplemen atau perbanyak makan buah. Vitamin D berfungsi untuk menstimulus sel imun yang dapat menghalau virus-virus maupun bakteri.

Demikian beberapa tips bagaimana cara menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Menjalani gaya hidup yang sehat, rajin berolahraga, dan memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan optimal.

Sebaliknya, kurang olahraga, merokok, begadang, dan makan tidak teratur tentu akan membuat tubuh lebih keras bekerja, akibatnya di saat-saat tertentu badan jadi lemah dan akhirnya jatuh sakit.

Demikian, semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Tulis Komentar