Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Mengubah Gaya Hidup

Jantung adalah salah satu organ penting yang dimiliki manusia, organ ini selalu aktif walaupun kita dalam keadaan tidur. Jika jantung berhenti bekerja selama beberapa detik saja sudah dapat membuat organ tubuh lain gagal fungsi dan dapat menyebabkan kematian.

Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa cara menjaga kesehatan jantung. Dari mulai mengubah gaya hidup, mengatur jenis makanan yang dikonsumsi sampai dengan menentukan jenis olahraga yang cocok untuk kita.




Serangan jantung terjadi karena pembuluh darah tersumbat oleh lapisan lemak sehingga aliran darah jadi terhambat. Lemak memang sangat dibutuhkan untuk menjadi cadangan sumber energi dalam tubuh kita. Tapi kalau kadar lemaknya sudah berlebihan, justru dapat menjadi sumber masalah bagi kesehatan kita juga, termasuk salah satunya jantung.

Kesehatan jantung dipengaruhi oleh bagaimana kita hidup selama ini, sering begadang dan merokok tentu memiliki risiko yang lebih tinggi terkena serangan jantung koroner. Begitu pula dengan apa yang kita makan, karena itu mulailah dari sekarang untuk tidak makan makanan secara sembarangan.

Untuk menjaga kesehatan jantung kita wajib mengurangi makanan yang berlemak yang umumnya berasal dari protein hewani. Sesungguhnya Anda boleh saja mengkonsumsi protein hewani asal tidak berlebihan atau dengan mengurangi porsinya.

Disini peran buah-buahan dan sayuran menjadi sangat penting untuk kita konsumsi. Keduanya memiliki banyak kandungan serat, vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan jantung. Kebutuhan harian kita bisa dicukupi dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah.




Menjaga kesehatan jantung manusia

Menjaga kesehatan jantung manusia




Gantilah beras putih dengan beras merah atau hitam. Atau bisa juga konsumsi gandum. Gandum utuh sangat baik dan cocok bagi yang sedang menjalani diet, karena mengonsumsi gandum utuh ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat membantu mengontrol tinggi kolesterol dan tekanan darah.

Semua jenis makanan yang mengandung gandum utuh biasanya rendah lemak dan kaya akan vitamin. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa makan gandum utuh tiga kali sehari dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Selain makanan, anda juga wajib memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih. Manfaat air putih sangat vital bagi sistem kerja jantung. Jika cairan tubuh cukup maka aliran darah dan sistem pencernaan pun menjadi lancar. Jika keduanya lancar maka kerja jantung juga jadi lebih mudah.

Jangan terlalu menghabiskan waktu terlalu banyak duduk di tempat kerja ataupun di depan televisi. Anda harus bergerak agar jantung dapat berfungsi optimal dan peredaran darah jadi lancar. Mungkin sulit untuk melakukan olahraga secara rutin, namun tidak ada salahnya anda mulai mencobanya agar terbiasa dengan hal-hal yang bermanfaat.

Cobalah memulai olahraga dengan lari pagi selama kurang lebih 20-30 menit. Jika ada waktu luang anda bisa juga melakukan olahraga berenang sekali seminggu atau ke tempat fitnes untuk latihan aerobik. Jenis olahraga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagi anda yang masih merokok cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung dan berbagai penyakit lain yang berbahaya. jangan tukar hidup sehat anda dengan nikmat sementara dari nikotin rokok.

Jika sulit berhenti merokok, anda bisa mulai dengan secara bertahap mengurangi jumlah batang yang dihisap setiap hari. Anda pun wajib mengkonsumsi buah lebih banyak karena asupan vitamin C perokok lebih besar daripada orang biasa.

Mencegah penyakit jantung jauh lebih baik daripada mengobatinya kelak. Demikian artikel singkat bagaimana menjaga kesehatan jantung dengan cara memperbaiki gaya hidup dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Tulis Komentar