Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Gadget

Pada masa sekarang ini, gadget merupakan barang yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Setiap hari, aktivitas kita hampir tidak bisa berpisah dengan gadget baik itu komputer, smartphone, maupun yang lainnya.

Perkembangan dunia gadget memang membuat orang lebih menyukai menatap layar mereka daripada lingkungan sekitar. Saat menatap layar terlalu lama, tentunya mata kita akan menjadi kurang sehat dan menimbulkan berbagai masalah.




Mata akan menjadi memerah, perih, dan terjadi masalah pada mata yang lainnya. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan mata kita dari bahaya layar gadget.

Lalu seperti apa caranya? Berikut ini terdapat beberapa tips dalam menjaga kesehatan mata walaupun setiap hari kita melihat layar gadget.

1. Atur jarak pandang

Aturlah jarak pandang antara mata kita dengan gadget di depan anda. Kadang kala, kita sering mengabaikan jarak antara mata dengan gadget saat menggunakannya.

Jarak pandang yang terlalu dekat akan menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan perih. Selain itu, usahakan untuk selalu berkedip karena dengan berkedip maka mata kita akan kembali segar dan tidak kering.




Selain menjaga jarak, usahakan setiap 1 – 2 jam, alihkan pandangan mata dari layar gadget dan pandanglah ke luar ruangan dengan jarak yang jauh atau memandang pemandangan alam.

Hal ini bertujuan untuk menjaga mata dari memandang dengan fokus yang sama dalam waktu yang lama. Dengan memandang objek yang jauh, maka mata kita akan sedikit beristirahat.

2. Menata pencahayaan gadget

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat walaupun sering menatap layar gadget adalah dengan menata pencahayaan baik itu di ruangan maupun pencahayaan dari layar gadget itu sendiri.

Pencahayaan memang sangat penting agar mata kita tetap nyaman saat menatap layar dalam waktu yang cukup lama. Jika anda menatap layar pada siang hari, usahakan agar sinar matahari masuk kedalam ruangan.

Namun apabila anda menatap layar pada saat malam hari, sebaiknya gunakan penerangan lampu yang cukup terang sehingga mata tidak mudah sakit. Atur juga pencahayaan pada layar agar tidak terlalu terang sehingga cahaya layar tidak mengalahkan cahaya ruangan.

Menjaga kesehatan mata dari gadget

Menjaga kesehatan mata agar terhindari dari radiasi

3. Atur posisi layar hp




Atur juga posisi layar dari hadapan anda. Layar gadget terbuat dari kaca sehingga pada sudut tertentu akan menimbulkan silau. Jika anda ingin mata tetap sehat, maka aturlah ketinggian layar gadget anda sehingga mata merasa nyaman saat memandangnya.

Posisi layar yang baik untuk kesehatan mata adalah berada di bawah mata kurang lebih 5 inci. Hal ini membuat mata anda tidak mudah lelah karena kelopak mata anda akan sedikit menutup.

Anda juga dapat menggunakan kacamata khusus yang diperuntukkan bagi pengguna gadget. Kacamata ini memiliki fungsi untuk mengurangi paparan radiasi dari layar gadget yang masuk ke mata sehingga kita tidak perlu khawatir lagi terkena sinar radiasi yang membahayakan mata.

4. Hindari main hp menjelang tidur

Jangan menatap layar pada saat anda akan tidur. Selain dapat merusak mata, hal tersebut juga akan mengurasi rasa kantuk sehingga mata sulit terpejam dan susah tidur.

Jangan melupakan untuk tetap beristirahat. Istirahat tetap penting walaupun kita hanya menatap layar gadget. Istirahatlah selama 1 menit setiap anda menatap layar gadget 15 menit. Ini akan membantu anda agar tidak mudah lelah dan mata tidak mudah sakit.

5. Konsumsi vitamin A

Terakhir, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin A dan vitamin C harian, maka kesehatan mata kita akan tetap terjaga. Selain itu, olahragalah secara rutin agar oksigen yang mengalir dalam tubuh seperti yang mengalir pada mata tetap lancar.

Itu dia beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata saat menatap layar gadget. Jika mata sehat, maka aktifitas melihat kita akan nyaman dan tidak terganggu.

Tulis Komentar