5 Cara Paling Ampuh Merawat dan Mengatasi Kulit Kering

Kulit merupakan bagian pertama dari tubuh kita yang menerima kontak dari dunia luar. Kulit tubuh akan merespon kondisi lingkungan luar dengan beragam cara, seperti dengan berkeringat atau menjadi kering. Begitu pula dengan kulit pada wajah atau muka yang kering akan terlihat kusam dan tidak bersih.

Kulit kering adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami orang. Masalah kulit yang terlalu kering bisa disebabkan oleh faktor internal seperti bawaan genetik atau alergi.




Tapi umumnya, masalah ini lebih disebabkan karena adanya perubahan dari luar, seperti cuaca ataupun tingkat kelembaban yang rendah.

Kondisi kulit kering jika dibiarkan bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan kulit anda. Kulit akan rentan terhadap iritasi dan alergi sehingga mudah mengalami luka. Selain itu, kulit yang kering juga akan membuat penampilan anda terkesan kurang terawat.

Mengatasi Kulit Kering dengan Cara Alami

Nah, bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk menjaga tingkat kelembapan kulit anda.

1.  Menggunakan Moisturizer

Moisturizer atau lotion memiliki fungsi untuk melindungi kulit dan menjaganya agar tetap lembap dalam situasi apapun. Menggunakan lotion setiap hari sebelum berangkat kerja akan membantu kulit tetap lembab dan tidak kekeringan meski dipapar oleh sinar matahari langsung.




Meski demikian, penggunaan moisturizer atau lotion juga harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, yang artinya produk moisturizer yang digunakan tidak boleh asal pakai dan tidak disarankan untuk pinjam pakai punya teman.

Untuk anda yang masih muda dan memiliki kondisi kulit lebih sehat, sebaiknya pilihlah moisturizer yang memiliki kandungan minyak alami. Sementara untuk Anda yang sudah lebih dewasa, gunakanlah moisturizer yang diperkaya banyak vitamin E dan pakai dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan moisturizer setelah mandi. Hal ini dikarenakan seteklah mandi pori-pori kulit akan terbuka sehingga nutrisi dari moisturizer bisa terserap oleh kulit dengan sempurna.

Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer pada malam hari sebelum tidur. (Baca juga: Ini Dia Produk Pelembab Wajah Alami untuk Kulit Berminyak).

2. Turunkan Temperatur AC

Udara yang dingin bisa menjadi pemicu kulit mengalami kekeringan. Nah, jika anda termasuk orang yang sering beraktifitas di dalam ruangan ber AC, sebaiknya usahakan agar temperatur AC dalam batas yang wajar.

Tidak berbeda saat mandi dengan air hangat, suhu ruangan yang terlalu dingin juga akan membuat kulit menjadi kering dan akhirnya akan terlihat kusam.

Cara merawat mengatasi kulit kering

Cara merawat dan mengatasi kulit kering

3. Hindari Menjilat Bibir

Cara jitu merawat kulit kering selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan menjilat bibir. Mungkin hal ini terdengar aneh, namun bibir juga memiliki kondisi yang tidak berbeda jauh dengan kulit di daerah lainnya, yaitu mudah kering.

Bahkan kulit pada bagian bibir lebih berpotensi mengalami masalah lainnya akibat kondisi yang kering, seperti pecah-pecah hingga terluka. Banyak orang yang tidak menyukai bibir kering dan akhirnya membasahinya dengan air liur, padahal air liur mengandung enzim yang dapat membuat kulit bibir bertambah kering.




Untuk mencegah bibir anda mengalami kekeringan, cobalah menggunakan lipbalm yang cocok agar kulit bibir senantiasa terjaga kelembapannya.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengupas kulit dan sangat baik dilakukan sebelum mengaplikasikan moisturizer. Hal ini membantu untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Tapi jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering, karena bisa mengikis kelembapan dan lapisan pada kulitmu sehingga dapat menyebabkan timbulnya masalah baru pada kesehatan anda.

5. Perhatikan Diet

Pada dasarnya, apa yang anda makan setiap hari memberi kontribusi secara tidak langsung terhadap kondisi kulit, termasuk dalam merawat kulit agar tidak menjadi kering.

Minumlah air putih setidaknya delapan gelas setiap hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Banyak minum air putih selain menyehatkan badan juga dapat mempercantik kulit.

Selain banyak minum air putih, anda bisa juga melakukan perawatan dari dalam terhadap kulit kering seperti rajin mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan minyak linen karena kaya dengan omega 3.

Demikian beberapa tips cara merawat dan mengatasi kulit kering secara alami, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Komentar dan Tanggapan

  1. Budin May 30, 2016

Tulis Komentar