Cara merawat rambut agar tidak mudah rontok widget

Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Rontok

Beberapa wanita mendambakan rambut panjang yang sehat, termasuk juga pada sebagian kamu pria. Akan tetapi, merawat rambut panjang tidaklah semudah yang dibayangkan.




Dibutuhkan perawatan yang intensif untuk menghindari sejumlah hal yang kerap terjadi pada rambut panjang, seperti kusam, kering, lembap, dan rontok.

Salah satu masalah utama pada rambut panjang yang harus Anda cegah adalah kerontokan. Kerontokan biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan akar rambut dalam menopang bobot rambut.

Untuk itu diperlukan perawatan khusus dan vitamin tambahan agar akar rambut mampu menopang bobot rambut yang makin berat.

Selain faktor nutrisi, kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh cara menyisir yang kurang tepat. Termasuk diantaranya penggunaan sisir yang giginya terlalu rapat dan sering menyisir rambut dalam keadaan basah.

Penyebab utama lainnya mengapa rambut mudah rontok adalah pengaruh zat-zat kimia pada saat proses pewarnaan, pelurusan, atau pengeritingan rambut.

Hindarilah penggunaan bahan-bahan kimia saat merawat rambut panjang Anda, terutama produk yang dijual bebas atau tanpa nomor registrasi dari BPOM.




Tips Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Rontok

Cara merawat rambut panjang agar tidak mudah rontok

Cara merawat rambut panjang agar tidak mudah rontok

Untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut, mari kita simak cara merawat rambut panjang agar tidak rontok yang dikutip dari situs luxyhair berikut ini:

  1. Gunakan Sisir Rambut yang Jarang

Sisir yang bergigi rapat menyebabkan rambut mengalami gesekan. Akibatnya, rambut yang kusut tersebut akan sulit terurai.

Gesekan antar rambut menyebabkan terjadinya kerontokan. Sebaiknya gunakan sisir berbahan dasar plastic karena dapat memperkecil gesekan antarrambut. Selain itu bahan plastik cenderung lebih ringan dan dapat menguraikan rambut lebih baik.

  1. Sisirlah Rambut saat Sudah Kering

Kepala yang basah menyebabkan rambut menjadi lembap. Kondisi inilah yang menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Sebaiknya setelah keramas, keringkan dulu rambut Anda sebelum menyisirnya.

Adapun cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan mengusapnya secara lembut menggunakan handuk. Jangan gunakan alat pengering rambut untuk mengeringkannya karena dapat menyebabkan rambut panjang Anda rontok.

Suhu panas dari alat tersebutlah penyebabnya. Jika memang perlu menggunakan alat pengering, gunakanlah dalam suhu yang agak rendah.

  1. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Sering

Kebiasaan orang yang memiliki rambut panjang adalah mengikatnya. Dengan mengikatnya, rambut menjadi lebih rapid an tidak menggangu aktivitas.

Namun demikian, saat diikat, rambut ditekan dengan sangat kuat sehingga akar rambut pun bisa ikut tertarik atau bahkan tercabut.

Untuk menghindari kerontokan, jangan mengikat rambut terlalu kencang dan gunakan karet dengan elastisitas yang tinggi. Anda juga bisa menggantinya dengan penjepit rambut yang lebih fleksibel.

Jika sudah mengikat rambut saat beraktivitas, sebaiknya urai saat di rumah. Berikan waktu bagi rambut untuk merasa bebas tanpa tekanan.

  1. Hindari Meluruskan, mengecat, atau mengeriting rambut

Untuk merawat rambut panjang agar selalu terlihat cantik, tentu Anda akan menjalani beberapa proses seperti pelurusan rambut atau rebonding agar terlihat makin menawan.

Akan tetapi, proses rebonding biasanya menggunakan sejumlah bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Selain dapat menyebabkan pecahnya struktur rambut, bahan kimia juga dapat mengubah ikatan ilmiah alami pada rambut. Hal tersebutlah yang menyebabkan rambut rontok dan kusut.

  1. Rutinlah Mencuci Rambut

Rambut panjang memang membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Salah satunya dengan cara keramas atau mencuci rambut.

Untuk Anda yang memiliki rambut panjang, sebaiknya cuci rambut dengan sampo sebanyak dua sampai tiga kali per minggu. Rambut yang jarang dicuci menyebabkan kusut dan kusam sehingga menyebabkan kerontokan.

Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mencuci rambut setiap hari karena dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh.

Akibatnya, pertumbuhan rambut akan terganggu. Permasalah seperti kerontokan dan bercabang juga dapat terjadi karena hal tersebut.

  1. Penting untuk Memotong Rambut secara Teratur

Bagi pemilik rambut panjang, akan lebih baik jika memotong rambut panjang secara teratur untuk membuang bagian yang bercabang.

Tujuannya tidak lain agar rambut baru dapat tumbuh lebih sehat dan kuat. Seberapa panjang Anda harus memotong rambut panjang tersebut? Jangan terlalu panjang, secukupnya saja untuk memangkas bagian yang bercabang.

  1. Pakailah Minyak Rambut dan Kondisioner

Salah satu cara merawat rambut panjang yang umum adalah mengginakan mintak rambut yang benar dan cocok dengan kulit kepala.

Minyak rambut menyebabkan rambut terurai dengan baik dan tidak kusut. Karena rambut kusut menyebabkan kerontokan, penggunaan minyak rambut dan kondisioner akan menyelamatkannya.

Minyak rambut juga bermanfaat untuk melembutkan rambut. Silakan coba untuk mendapatkan rambut panjang yang lembut terawat.

  1. Hindari Kolam Renang yang Kotor

Jika Anda hobi berenang, Anda butuh perawatan ekstra agar rambut panjang Anda tidak mudah rontok. Kandungan zat kimia dalam kolam renang bisa merusak rambut.

Selain cara-cara di atas, Anda dapat melakukan perawatan dari dalam untuk mencegah kerontokan pada rambutan panjang Anda. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan bahan perawatan alami.

Makanan Sehat untuk Rambut Panjang

Untuk mendapat rambut yang sehat, lebat dan tidak mudah rontok, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat. Sebab kondisi rambut seringkali merupakan cerminan langsung dari kondisi tubuh.

Seberapa sering Anda melihat orang yang tidak sehat dengan rambut yang cantik? Tidak sering. Stres, pola makan yang buruk, merokok, dan kurang tidur semuanya berkontribusi pada kesehatan yang buruk dan rambut kusam dan mudah rontok.




Jadi untuk merawat rambut panjang, makanlah dengan baik, minumlah banyak air, jangan merokok, kurangi stres, dan jalani hidup sehat.

Salah satu cara untuk mencegah kerontokan rambut adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat seperti buah dan sayur memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut.

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Misalnya ikan salmon, makarel, serat alpukat, biji labu, dan kenari.

Asam lemak omega 3 dibutuhkan oleh membran sel di kulit kepala sebagai minyak alami untuk mencegah rambut dari dehidrasi.

Selain itu, makanan yang mengandung biotin juga dibutuhkan oleh rambut panjang Anda. Biotin dibutuhkan untuk mencegah rambut rontok karena melindungi sel-sel dari kerusakan DNA. Biotin banyak ditemukan pada kacang-kacangan, terutama kenari.

Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein agar pertumbuhan rambut baru lebih sehat. Setelah mengalami kerontokan, pastikan rambut baru tersebut tumbuh lebih baik. Rambut baru yang sehat dapat menggantikan rambut yang kering, kusut, dan lemah.

Perawat Alami Tanpa Bahan Kimia

Cara lain untuk merawat rambut panjang adalah dengan menggunakan sejumlah bahan alami sebagai perawat rambut.

Artinya, tidak menggunakan zat-zat kimia yang dapat merusak seperti yang telah dijelaskan di atas. Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk menjaga kilau rambut. Selain itu, minyak kemiri juga dapat dipakai untuk melembutkannya.

Beberapa obat tradisional juga dapat melebatkan rambut yang rontok secara alami seperti lidah buaya, putih telur dan teh hijau. Tentu saja dibutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran jika Anda menggunakan ramuan tradisional seperti ini.

Cara-cara di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk menjaga kesehatan rambut. Mahkota yang sehat dan terawat tentunya akan mendukung penampilan Anda sehari-hari.

Demikian beberapa tips cara merawat rambut panjang agar tidak mudah rontok secara alami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply