4 Merek Shampo untuk Menghitamkan Rambut

Rambut beruban adalah gangguan terburuk pada rambut, terutama jika mengalami uban dini, yaitu rambut beruban padahal usia masih muda. Untungnya saat ini sudah banyak shampo sekaligus semir rambut yang dapat menghitamkan rambut beruban.

Tetapi bagaimana memilih shampo yang cocok dari sekian banyak jenis shampo penghitam rambut yang ada di pasaran?




Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas dan membandingkan satu per satu jenis sampo yang diketahui memiliki khasiat menghitamkan rambut beruban.

Hati-hati menggunakan shampo penghitam rambut, terutama merek yang belum terdaftar atau belum memiliki ijin edar.

Beberapa orang diketahui mengalami masalah pada rambutnya seperti gatal-gatal, rontok, kusam, dan rambut bercabang setelah menggunakan merek sampo tertentu.

Beberapa jenis shampo penghitam rambut yang dijual bebas di pasaran diketahui mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi pada rambut dan kulit kepala.

Konsultasilah ke dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki jenis alergi tertentu pada kandungan sampo yang akan Anda gunakan.




Alasan Menghitamkan Rambut

Pigmen melanin bertanggung jawab atas warna rambut. Rambut uban terjadi karena tidak adanya pigmen melanin. Penyebab pigmen melanin berkurang banyak faktornya, bisa karena faktor fisik maupun psikis.

Banyak anam muda yang mengalami rambut uban karena sering beraktifitas di luar ruangan. Sering terpapar sinar matahari akan menyebabkan rambut jadi kusut, rusak, kemerahan, dan tidak sehat.

Sinar matahari adalah salah satu faktor yang membuat pigmen melanin penghitam rambut memudar.

Selain itu, hilangnya kemilau rambut hitam juga bisa disebabkan pengaruh zat-zat kimia yang digunakan saat perawatan rambut, terutama saat pelurusan, cat rambut, pengeritingan, atau pewarnaan rambut.

Rambut yang memudar kehitamannya terlihat kurang sehat dan kurang menarik. Oleh karena itu, beberapa orang memilih shampo penghitam rambut untuk mendapatkan kembali rambut hitam berkilaunya.

Alasan lain banyak orang ingin menghitamkan rambut adalah karena sudah mulai muncul banyak uban. Untuk mengatasinya orang biasanya menggunakan semir rambut.

Tapi sebenarnya ada cara lain untuk menghitamkan rambut beruban, yaitu dengan shampo penghitam rambut. Beberapa shampo diketahui memiliki khasiat utama menghitamkan rambut yang beruban tanpa penyemiran.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda

Merek Sampo yang Tepat

Sampo memiliki peran yang cukup besar karena paling sering dipakai untuk mencuci rambut. Pada dasarnya semua jenis sampo mengandung zat kimia.

Namun demikian, Anda dapat memilih shampo yang tidak memiliki kandungan zat kimia berbahaya untuk menjaga kesehatan rambut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Dr. Jipun Jain, senior konsultan dermatologi di Sri Balaji Action Medical Institute, berikut adalah beberapa zat berbahaya yang sebaiknya dihindari dari kandungan sampo, yaitu:

  • Isopropyl alcohol
  • Propylene glycol
  • Sodium lauryl sulphate (SLS)
  • Sodium laureth sulphate (SLES)
  • Diethanolamine
  • Triethanolamine
  • C colour pigments dan
  • Formaldehyde.

Untuk itu, saat memilih merek shampo, pastikan agar sampo yang Anda gunakan tidak mengandung salah satu atau beberapa senyawa berbahaya tersebut.

Baca juga: Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami

Merk Shampo Penghitam Rambut Beruban

Jenis Shampo Penghitam Rambut Terbaik

Jenis Shampo Penghitam Rambut Terbaik

Usia merupakan faktor utama penyebab uban pada rambut. Pertambahan usia menyebabkan produksi melanin berkurang sehingga rambut yang baru tumbuh berwarna abu-abu atau putih.

Uban juga disebabkan oleh faktor genetik. Hal tersebut sering terjadi pada orang yang masih muda, tetapi sudah memiliki rambut putih.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sampo untuk menghitamkan rambut beruban yang dapat Anda pilih.

  1. Noni BSY Black Hair Magic

Sampo ini dapat Anda pakai untuk menghitamkan rambut. Kandungan di dalamnya membantu membuat warna hitam rambut semakin pekat dan berkilau sehat.

Setelah penggunaan beberapa kali, rambut putih atau uban pun tidak akan tampak lagi. Setelah beberapa kali mencuci rambut dengan sampo ini, Anda tidak perlu menyemir lagi rambut Anda.

Keuntungan merek sampo penghitam rambut ini adalah kandungan bahan-bahan alami di dalamnya. Sari pati mengkudu, akar chinese knotweed, dan ginseng yang menjadi bahan pembuatan sampo bermanfaat sebagai bahan penghitam rambut.

Kandungan Noni Black Hair Magic:

  • Noni Ekstrak
  • Ginseng
  • Natural Ganoderma Lucidum
  • Acid Amino
  • ZPT (Zinc Pyrithione)
  • Kolagen
  • Polygonum Multiflorum Thunb

Manfaat menggunakan merek sampo Noni Black Hair Magic:

  • Tanpa bahan kimia
  • Berbentuk sampo sehingga mudah digunakan
  • Hasil tahan dan tidak mudah luntur
  • Hemat waktu dan bisa dipakai dimana saja.
  • Memiliki sertifikat HALAL

Anda dapat mencobanya untuk mendapatkan rambut hitam yang sehat. Sebaiknya, Anda menggunakan sampo ini secara teratur agar rambut hitam alami dapat Anda miliki dengan sempurna.

  1. Black Magic

Salah satu jenis shampo penghitam rambut yang banyak digunakan orang adalah Black Magic.

Sampo ini sebenarnya lebih dikenal untuk menebalkan rambut, mengatasi ketombe, dan kerontokan. Akan tetapi, Black Magic ternyata juga dapat dipakai untuk menghitamkan rambut yang beruban.

Kandungan sampo black magic dibuat dari bahan alami seperti kemiri, lidah buaya, dan seledri. Dimana bahan-bahan tersebut sangat baik dalam meningkatkan kesehatan rambut sekaligus menghitamkannya dengan cepat.

Bahan utama yang terkandung dalam sampo Black Magic adalah kemiri. Kemiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit dan rambut.

Vitamin E yang terdapat pada minyak kemiri dapat mempertahankan warna rambut setelah pengecatan, menjaga rambut dari sinar ultraviolet, dan memperkuat helai rambut.

Asam amino esensial dan non esensial yang didapatkan dari kemiri juga bermanfaat mengembangkan jaringan antibodi agar rambut baru yang tumbuh lebih sehat.

  1. Top Lady Hair Dye

Siapa yang tidak kenal dengan merek shampo penghitam rambut yang satu ini? Top Lady Hair Dye telah banyak digunakan orang sebagai sampo sekaligus semir rambut beruban.

Selain untuk menutupi uban, sampo ini juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut yang kemerahan. Keistimewaan sampo ini adalah tersedia dalam bentuk sachet.

Anda dapat mencoba untuk membeli yang sachet dan jika cocok dan diteruskan membeli dalam bentuk botol.

  1. Dexe Black Hair Shampo

Sampo ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Top Lady Hair Dye. Anda tinggal mencuci rambut dengan sampo ini. Kemudian, rambut hitam akan Anda miliki hanya dalam waktu sekitar 10 menit.




Keistimewaan sampo ini adalah warna hitamnya lebih awet. Pewarna pada sampo ini tidak mudah teroksidasi dan memudar setelah dipakai. Akan tetapi, sampo ini tidak dapat dijual bebas di toko. Anda dapar membelinya secara online.

Selain mencuci rambut dengan salah satu dari empat jenis sampo untuk menghilangkan uban dengan cepat di atas, Anda dapat juga melakukan tindakan pencegahan rambut beruban, di antaranya dengan cara mengelola stres.

Stres dapat menyebabkan pigmen rambut tidak terproduksi dengan baik. Selain menciptakan suasana hati yang baik, jangan lupa juga mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur agar rambut tumbuh dengan baik.

Jenis Sampo untuk Menjaga Kehitaman Rambut

Meskipun belum beruban, beberapa orang memilih sampo penghitam untuk mempertahankan rambut agar hitam berkilau sepanjang hari.

Untuk menjaga kehitaman rambut, Anda dapat mencoba beberapa merek shampo, seperti Pantene Long Black Shampoo, Dave Nourishing Black, Emeron Black Shine, atau Sunsilk Black Shine.

Meskipun tidak bisa menghitamkan rambut dalam beberapa menit, namun setidaknya jika dipakai secara teratur bisa membantu menjaga pigmen hitam rambut Anda.

Selain menggunakan shampo, Anda juga bisa menghitamkan rambut secara alami menggunakan ramuan tradisional. Tentu saja ini lebih murah dan lebih aman, tetapi hasilnya mungkin lebih lama didapatkan.

Keempat jenis shampo penghitam rambut yang direkomendasikan di atas dapat Anda beli di beberapa toko yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Cukup mudah bukan? Anda akan mendapatkan rambut yang hitam legam menawan dari merek sampo yang telah teruji khasiatnya.

Tulis Komentar