20 Jenis Obat Alami untuk Menghilangkan Jerawat Secara Permanen

Jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit yang menyebabkan timbulnya infeksi di bawah permukaan kulit sehingga tercipta kantung nanah yang mengganggu di wajah.

Saat ini ada dua metode pengobatan jerawat yang umum digunakan yaitu metode konservatif berupa pemberian obat kimiawi dan metode tradisional berupa pemberian ramuan atau obat alami yang berasal dari tumbuhan yang memiliki khasiat menghilangkan jerawat secara alami dan permanen.




Banyak orang yang telah mengeluarkan biaya perawatan wajah yang tidak sedikit tapi makhluk bernama jerawat tersebut tetap saja muncul dan menjadi sangat menjengkelkan karena sulit dihilangkan.

Penanganan jerawat yang tidak tepat dapat menciptakan parut atau bekas luka di wajah.

Oleh karena itu dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan obat tradisional berbahan dasar tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang mudah didapatkan.

Selain biayanya murah, obat alami seperti ini biasanya jauh lebih bermanfaat dibandingkan obat-obatan farmasi yang banyak dijual di apotik.
20 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Jerawat

Kumpulan Obat Tradisional untuk Menghilangkan Jerawat dari Wajah Secara Alami

Kulit anda adalah sahabat anda, anda menyukainya dan membanggakannya sehingga anda melakukan banyak perawatan untuk melindungi kecantikan kulit anda.




Hingga suatu hari sebuah jerawat muncul di atas kulit wajah anda yang halus, dan tiba-tiba anda merasa benci dengan wajah anda, anda merasa menjadi orang paling jelek sedunia.

Apa yang anda lakukan jika wajah anda tiba-tiba berjerawat? menggunakan obat-obatan kimia yang bisa dibeli di apotik?

Menggunakan produk kosmetik tertentu untuk menyamarkan bisul kecil tersebut ataukah menggunakan obat alami berupa ramuan tradisional untuk menghilangkan jerawat pengganggu itu?

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengobati penyakit kulit tersebut. Selain cara konservatif dan tradisional, terdapat juga beberapa jenis obat homeopati yang digunakan untuk mengobati jerawat secara alami.

Dan bagi anda yang tertarik mengetahui cara alami menyembuhkan jerawat, berikut ini 20 obat alami tradisional yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dari wajah secara permanen.

Obat alami tradisional menghilangkan jerawat

Obat alami tradisional untuk menghilangkan jerawat

1. Cuka apel

Cuka sari apel adalah obat alami paling mumpuni untuk menghilangkan jerawat membandel dari wajah. Kemampuan utama dari cuka apel adalah membunuh bakteri penyebab infeksi di wajah. Sifat cuka apel yang basa sangat baik dalam menyeimbangkan kondisi pH kulit yang pada gilirannya akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Bahan:

  • Cuka sari apel tanpa filter
  • Air bersih

Cara penggunaan:

Pertama-tama cuci wajah anda dengan air bersih dan keringkan. Kemudian celupkan kapas ke dalam cuka dan oles ke area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih. Ulangi metode ini beberapa kali dalam sehari. Gunakan pelembab setelahnya jika anda merasa kulit anda semakin kering.

Cuka apel untuk menyembuhkan jerawat

Cuka apel untuk menyembuhkan jerawat

 

2. Kayu manis dan masker madu

Dua bahan ini sepertinya tidak cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat karena madu bersifat lengket dan kayu terasa panas. Padahal faktanya kayu manis dan madu adalah pasangan obat alami yang sangat ampuh menghilangkan jerawat dari wajah.

Kayu manis memiliki sifat antimikroba sehingga dapat membunuh bakteri dengan cepat. Dan jika bakteri terlanjur menginfeksi kulit maka madu adalah obat yang tepat karena sifatnya sebagai anti biotik alami.

Bahan:

  • 2 sendok makan madu
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis (cinnamon)
  • Handuk kertas

Cara penggunaan:

Bilas wajah dengan air bersih kemudian keringkan. Campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis kemudian aduk hingga rata sampai terbentuk semacam pasta. Oleskan masker tersebut ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 10 menit.

Bilas secukupnya dan tepuk-tepuk wajah anda yang kering. Karena pasta ini sangat lengket maka gunakan handuk kertas untuk mengeringkan wajah.

Obat jerawat bubuk kayu manis dan madu

Obat jerawat bubuk kayu manis dan madu

 

3. Susu dan Madu

Meskipun beberapa diskusi menyebut susu dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah, tapi banyak penelitian lain yang juga membuktikan peran susu atau yogurt yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Bahkan Cleopatra sang Ratu dari Mesir terkenal dengan kecantikan dan keindahan kulitnya karena perawatan mandi susu yang sering dia lakukan. Hal ini dikarenakan asam di dalam yogurt bersifat anti bakteri dan lemaknya dapat menjaga kelembaban kulit.

Bahan:

  • 1 sendok makan susu rendah lemak atau yogurt (kecuali susu skim)
  • 1 sendok makan madu

Cara penggunaan:

Diamkan susu atau yogurt dalam suhu kamar agar tidak terlalu dingin saat bersentuhan dengan kulit. Campurkan 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok madu. Aduk sampai merata kemudian jadikan masker pada wajah sampai kering, kemudian tambahkan lagi ke wajah anda sampai pada ketebalan tertentu yang anda rasa cukup.

Biarkan proses ini berlangsung selama 10-15 menit. Kemudian cuci masker wajah anda dengan kain yang lembut dengan gerakan memutar yang bertujuan untuk menyingkirkan kulit mati pada wajah. Setelah selesai lembabkan wajah jika kulit anda menjadi sangat kering.

Madu dan susu baik bagi kulit wajah

Madu dan susu baik bagi kulit wajah

4. Putih Telur

Putih telur adalah cara paling alami dan paling mudah untuk menyembuhkan jerawat sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel. Putih telur mengandung protein dan vitamin yang sangat tinggi yang berguna untuk membangun sel-sel kulit mati dengan cepat.

Putih telur juga menyerap minyak berlebih yang berarti kelebihan sebum dapat diminimalisir sehingga bakteri juga semakin sulit berkembang. Untuk mencegah kulit menjadi sangat kering, gunakan pelembab setelah melakukan metode pengobatan jerawat alami ini.

Bahan:

  • 2-3 butir putih telur (pisahkan dengan kuningnya)
  • Mangkuk
  • Kain lap

Cara penggunaan:

Bilas wajah dengan air yang kering dan keringkan. Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Kocok putih telur sampai berbusa dan diamkan selama beberapa menit.

Oleskan putih telur tadi menggunakan jari pada wajah secara keseluruhan dan fokuskan pada area-area yang berjerawat. Tunggu sampai kering dan oleskan kembali sebanyak tiga sampai empat kali. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lap yang lembut.

Putih telur untuk menghilangkan jerawat

Putih telur untuk menghilangkan jerawat

 

5. Pepaya untuk menghilangkan jerawat membandel

Buah pepaya adalah salah satu jenis buah yang banyak digunakan dalam produk kecantikan saat ini. Berita baiknya anda tidak perlu membeli satu persatu produk-produk tersebut untuk mendapatkan manfaatnya. Olah sendiri dan gunakan buah pepaya untuk mengobati jerawat secara alami.

Pepaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati kelebihan lapisan lipid di permukaan kulit wajah dan membuatnya terlihat lembut dan halus. Lipid adalah sebuah istilah yang umum untuk lemak yang merupakan asal terbentuknya minyak. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain yang berguna untuk mengurangi peradangan dan membantu mencegah terbentuknya nanah.

Bahan:

  • 1 buah pepaya segar

Penggunaan:

Bilas wajah anda dengan air bersih kemudian keringkan. Tumbuk daging pepaya hingga halus kemudian oleskan ke wajah secara merata. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas wajah dengan air yang hangat.

Pepaya untuk menyembuhkan jerawat membandel

Pepaya untuk menyembuhkan jerawat membandel

 

Fakta mengenai jerawat:

Jerawat, dikenal dengan istilah Acne Vulgaris, adalah penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut. Penyakit kulit ini pada umumnya terjadi selama masa pubertas ketika tubuh memproduksi sebaceous (minyak) dalam jumlah berlebih.

 

6. Pasta Kulit Jeruk

Jeruk dari dulu sudah diketahui sangat bermanfaat bagi kulit diantaranya dapat meremajakan sel-sel dan membuat kulit wajah jadi segar. Jerawat disebabkan bakteri yang menginfeksi sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, dengan vitamin C yang dikandung jeruk maka sel-sel baru dapat tumbuh dengan cepat. Pasta kulit jeruk yang telah diolah dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Bahan:

  • 2 buah jeruk
  • Air tawar bersih

Penggunaan:

Bilas wajah terlebih dahulu dengan air kemudian keringkan. Haluskan kulit jeruk menggunakan blender atau alu kemudian tambahkan sedikit air dan menjadikannya semacam pasta. Setelah mendapat campuran yang ideal oleskan ke wajah selama 20-25 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

Pasta kulit jeruk

Pasta kulit jeruk

 

7. Minyak pohon teh

Manfaat minyak pohon teh telah diketahui sejak lama dan digunakan sebagai pengobatan alternatif. Pada umumnya minyak pohon teh dipakai sebagai obat untuk merawat kulit khususnya jerawat. Minyak pohon teh bekerja dengan melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati sehingga tidak terjadi infeksi di bawah permukaan kulit.

Selain itu, minyak pohon teh juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah terjadinya infeksi. Minyak ini digunakan dengan cara dioleskan ke wajah dan tidak ditelan.

Bahan:

  • 1 botol kecil minyak pohon teh
  • Air bersih
  • Bola kapas

Penggunaan:

Cuci wajah anda terlebih dahulu kemudian keringkan. Encerkan minyak pohon teh dengan mencampurnya dengan air dengan perbandingan 1:9 (1 tetes teh berbanding 9 tetes air). Celupkan bola kapas dalam campuran tersebut kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat.

Minyak pohon teh untuk mengobati gangguan kulit di wajah

Minyak pohon teh untuk mengobati gangguan kulit di wajah

 

8. Mix stroberi dengan madu untuk mengobati jerawat

Madu dan stroberi adalah obat alami jerawat paling manjur dan sangat mudah dibuat. Stroberi memiliki kadar asam salisilat yang tinggi yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Asam Salisilat adalah bahan dasar penyembuh jerawat yang banyak digunakan obat-obat komersil. Asam ini bekerja membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralkan bakteri sehingga infeksi tidak terjadi.

Madu bekerja dengan cara melawan bakteri penyebab infeksi yang mungkin saja berada di dalam jerawat. Madu juga berfungsi sebagai anti inflamasi.

Bahan:

  • 3 buah stroberi segar
  • 2 sendok teh madu

Penggunaan:

Terlebih dahulu cuci dan keringkan wajah anda hingga bersih. Bilas dan hancurkan ketiga stroberi tadi kemudian campur dengan dua sendok teh madu hingga merata. Oleskan ke wajah terutama pada area yang berjerawat selama kurang lebih 20 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Masker strawberry dan madu

Masker strawberry dan madu

 

9. Kulit pisang untuk masker wajah

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kulit pisang juga sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung bahan yang disebut lutein, sebuah antioksidan yang sangat kuat yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru. Menggosok kulit pisang ke wajah dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang sering ditimbulkan jerawat.

Bahan:

  • 1 buah kulit pisang

Penggunaan:

Kupas pisang dan makan buahnya. Ambil kulitnya kemudian gosokkan secara melingkar ke seluruh wajah. Setelah semua area pada wajah telah gosok, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Masker kulit pisang

Masker kulit pisang

 

10. Lidah buaya untuk mengobati jerawat

Gel lidah buaya sering digunakan sebagai bahan dalam kosmetik untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Anda bisa lebih berhemat dengan menanam sendiri tumbuhan ini di rumah anda dan mulai menggunakan gel yang dihasilkannya untuk merawat kulit wajah.

Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri dan menenangkan serta bersifat anti inflamasi, gel lidah buaya dapat mengurangi jerawat kemerahan yang telah membengkak.

Bahan:

  • Gel lidah buaya secukupnya.

Penggunaan:

Cuci wajah hingga bersih. Gunakan ujung jari untuk mencolek gel lidah buaya kemudian oleskan ke jerawat di wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian cuci dan bersihkan wajah dengan air.

Gel lidah buaya bermanfaat menghilangkan bekas jerawat

Gel lidah buaya bermanfaat menghilangkan bekas jerawat

 

Tips: Bersihkan sarung bantal anda

Secara teknis sarung bantal harus dicuci setidaknya sekali seminggu. Bantal adalah satu-satunya bahan yang melakukan kontak dengan kulit anda selama kurang lebih 6 jam setiap hari. Bantal yang kotor dan jarang dibersihkan akan memperparah jerawat dan semakin sulit dihilangkan.

Cuci dan keringkan sarung bantal anda seminggu sekali dan jemur bantal kepala dan bantal guling anda agar bakteri tidak bisa hidup dan berkembang di sana.

 

11. Masker sodium bicarbonat (baking soda) untuk menghilangkan bekas jerawat

Zat ini disebut juga baking soda, sebagai obat jerawat, zat ini sangat luar biasa dalam menghilangkan jerawat ringan maupun berat. Sodium bicarbonat memiliki sifat antideptik yang dapat melawan jamur dan bakteri serta mampu mengeringkan minyak berlebih.

Bahan:

  • Sekotak baking soda
  • Air bersih

Penggunaan:

Ada dua cara menjadikan zat sodium bicarbonat (baking soda) sebagai obat penghilang jerawat yaitu menjadikannya masker wajah atau scrub. Jika ingin menjadikannya masker, campur sekotak baking soda dengan air sampai terbentuk pasta yang kental. Oleskan pasta tersebut ke wajah dalam gerakan melingkar selama 2 menit. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat dan keringkan.

Untuk scrub, campurkan setengah cangkir banking soda dengan seperdelapan cangkir air. Oleskan pasta yang dihasilkan ke wajah, lalu pijat dengan lembut dan perlahan. Setelah 5-6 menit, bilas wajah anda dengan air hangat dan keringkan.

Baking soda dapat dijadikan masker untuk wajah

Baking soda dapat dijadikan masker untuk wajah

 

12. Jus lemon

Tidak banyak yang tahu kalau jus lemon yang biasa diminum ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel. Kandungan vitamin C dalam segelas jus lemon sangat baik sebagai nutrisi kulit. Begitu juga dengan kandungan asam nitrat di dalamnya yang dapat membantu proses pengelupasan kulit.

Bahan:

  • 1 sendok makan jus lemon
  • Bola kapas
  • Yogurt (opsional)

Penggunaan:

Bilas wajah dengan air bersih kemudian keringkan. Celupkan bola kapas pada jus lemon dan torehkan ke bagian wajah yang berjerawat. Jika terasa perih, campurkan dengan sedikit yogurt.

Lemon dicampur yogurt dapat menghilangkan jerawat membandel

Lemon dicampur yogurt dapat menghilangkan jerawat membandel

 

13. Mandi uap 

Uap dapat membantu meringankan jerawat dengan cara membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan sel-sel mati dari dalam kulit. Jika anda tidak biasa menggunakan fasilitas steam yang biasa disediakan oleh banyak tempat gym, maka anda bisa menguapkan wajah menggunakan bahan-bahan sederhana berikut ini.

Bahan:

  • 1 panci air mendidih
  • Handuk kering
  • 1 mangkuk besar

Penggunaan:

Rebus 1 panci air sampai mendidih lalu tuangkan ke dalam mangkuk besar. Dinginkan air tersebut selama beberapa menit sebelum digunakan. Setelah suhu air menurun sedikit, posisikan wajah anda di atas mangkuk tadi dengan handuk yang diletakkan di atas kepala. Setelah 10-15 menit angkat handuk dan tepuk-tepuk wajah anda sampai kering. Lakukan tips ini sekali sehari untuk menghilangkan jerawat dan komedo dari wajah.

Uapkan wajah dapat memperbesar pori dan mengeluarkan sel kulit mati

Uapkan wajah dapat memperbesar pori dan mengeluarkan sel kulit mati

 

14. Bawang putih menyembuhkan peradangan akibat jerawat

Bawang putih adalah obat alami untuk mengobati jerawat batu karena sifatnya yang anti bakteri. Penggunaannya bisa dilakukan dalam beberapa cara, salah satunya dengan mengunyahnya atau membuatnya sebagai jus. Jika sulit, anda bisa menumbuk bawang putih tersebut hingga hancur dan mencampurnya dengan air putih sebelum diminum. Jangan pernah mengoleskan bawang putih ke kulit tanpa menipiskannya terlebih dahulu.

Bahan:

  • 2-3 siung bawang putih
  • Air atau gel lidah buaya

Penggunaan:

Ekstrak bawang putih dan campurkan dengan 1 sendok teh air, atau bisa juga tumbuk 2-3 cengkeh dan diamkan dalam air selama 10 menit. Gunakan kapas untuk menyerap jus bawang putih tadi. Jika anda tidak punya kapas, campuran akan sulit dioleskan ke wajah karena sangat berair, dalam hal ini gunakan gel lidah buaya sebagai pengganti air. Anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih langsung untuk mendapatkan manfaatnya menghilangkan jerawat anda.

Masker bawang putih

Masker bawang putih

 

15. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu anda menghilangkan jerawat dari dalam dan luar. Jika anda merendam dan memasak gandum dan menggunakannya sebagai masker wajah maka peradangan akibat jerawat dapat dikurangi atau efek kemerahan akibat infeksi bisa dihilangkan. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes madu ke dalam masker oatmeal anda.

Bahan:

  • 1 porsi oatmeal
  • Air
  • 2 sendok makan madu mentah

Penggunaan:

Siapkan oatmeal seperti biasa (ikuti petunjuk penggunaannya). Dalam kondisi masih panas, tambahkan dua sendok makan madu mentah ke dalam oatmeal. Diamkan sampai campuran menjadi dingin lalu oleskan campuran tadi ke wajah. Jangan oleskan ke wajah saat campuran masih panas karena dapat menimbulkan luka bakar. Biarkan masker tersebut selama 20-30 menit di wajah, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Masker oatmeal dicampur madu

Masker oatmeal dicampur madu

 

Fakta jerawat

  • Para ahli percaya bahwa penyebab utama jerawat adalah terjadinya peningkatan kadar hormon androgen dalam darah.
  • Beberapa studi terdahulu membuktikan bahwa kerentanan terhadap jerawat juga bersifat genetik. 
  • Pengobatan jerawat sangat tergantung pada seberapa parah dan seberapa sering anda mengalaminya. 
  • Jerawat dapat diperburuk oleh banyak faktor lain seperti siklus menstruasi, kecemasan dan stres, iklim panas, kosmetik berbahan minyak, atau rambut yang berminyak.

 

16. Sugar scrub

Gula putih atau merah memiliki manfaat menyingkirkan sel-sel kulit berlebih yang dapat menyumbat pori-pori wajah. mencampur gula dengan madu, minyak zaitun dan air akan menciptakan scrub manis yang dapat menghilangkan jerawat dari wajah. Ada banyak resep berbeda-beda dalam membuat scrup berbahan gula, berikut ini salah satu yang kami rekomendasikan.

Bahan:

  • 1 ½ cangkir gula putih
  • 1 ½ cangkir gula merah
  • 2-3 sendok makan garam laut kasar
  • 1/2 cangkir minyak zaitun ekstra virgin
  • 10 sendok makan eksrak vanili murni
  • 1 kacang vanili

Penggunaan:

Campurkan 1 ½ cangkir gula dengan 1 ½ cangkir gula merah, tambahkan 2 sendok makan garam laut dan aduk sampai rata. Jika anda ingin menambahkan dengan kacang vanili, maka kupas terlebih dahulu baru tambahkan ke campuran gula tadi. Masukkan 2 cangkir campuran gula / garam /vanili ini ke dalam gelas ukur lalu tuangkan minyak zaitun dan biarkan selama beberapa saat.

Sugar scrub untuk bersihkan wajah berjerawat

Sugar scrub untuk bersihkan wajah berjerawat

 

17. Masker alpukat dan madu

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar jerawat salah satu diantaranya adalah makan alpukat dapat menyebakan jerawat karena kandungan lemak di dalamnya. Padahal sejauh ini tidak ada bukti nyata yang dapat membuktikan hubungan antara jerawat dengan buah alpukat.

Dan bahkan kandungan vitamin dan nutrisi di dalam buah alpukat dapat membantu mengusir jerawat membandel apalagi jika anda termasuk memiliki jenis kulit yang sensitif. Mengkombinasikan alpukat dengan madu menjadi masker wajah akan sangat bagus sebagai obat alami jerawat.

Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 1 sendok makan madu

Penggunaan:

Bilas wajah terlebih dahulu kemudian keringkan. Keluarkan daging alpukat dan hancurkan dan aduk bersama 1 sendok makan madu. Tumbuk adonan tersebut sampai terbentuk pasta dan oleskan ke wajah terutama pada area yang berjerawat. Biarkan wajah selama 15-20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat dan keringkan.

Campur daging buah alpukat bersama madu

Campur daging buah alpukat bersama madu

 

18. Kentang

kentang adalah salah satu jenis sayuran yang dapat digunakan untuk menjinakkan jerawat membandel. Kentang kaya akan kalium, sulfur, fosfor, dan klorida yang dapat membantu menghilangkan noda mengganggu di wajah. Kentang juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi yang dapat menyehatkan kulit dan mendoron pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Bahan:

  • 1 buah kentang

Penggunaan:

Cuci wajah anda dengan air bersih sampai wajah lembab. Parut 1 buah kentang lalu gosokkan ke wajah selama beberapa menit. Diamkan kentang di wajah selama 15-30 menit kemudian bilas wajah menggunakan air hangat, lalu keringkan.

Masker buah kentang dapat menghilangkan jerawat

Masker buah kentang dapat menghilangkan jerawat

 

19. Minum teh

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau dapat membantu menyembuhkan jerawat jika digunakan secara eksternal. Penggunaan internal juga disebut cukup membantu tapi penelitian belum memberikan bukti konkrit sebanyak penggunaan eksternalnya.

Penelitian tersebut menyebut terdapat zat antioksidan di dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate atau EGCG. EGCG terbukti dapat mengurangi produksi sebum, mencegah peradangan dan pertumbuhan bakteri di kulit.

Bahan:

  • 1/2 cangkir air tawar
  • 2 sendok teh daun organik

Penggunaan:

Cuci wajah anda dengan air besih kemudian keringkan. Simpan daun teh di dalam mengkuk bersih kemudian tuangkan air tawar ke dalamnya dan didihkan. Dinginkan air campuran daun teh tadi dan tuang ke wadah atau botol semprot. Gunakan dengan cara disemprotkan ke wajah.

Daun teh untuk obat ekternal jerawat

Daun teh untuk obat ekternal jerawat




 

20. Segarkan wajah dengan daun mint

Mint mengandung mentol, yang bekerja sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri alami. Mint tidak akan menyembuhkan jerawat tapi dapat membantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah akibat jerawat sekaligus meredakan pembengkakan akibat infeksi yang menyakitkan.

Bahan:

  • Segenggam daun mint segar

Penggunaan:

Bilas dan bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Hancurkan daun mint menggunakan blender atau tumbuk sampai halus. Gosok mint yang telah dihaluskan tadi ke wajah anda dan diamkan selama 5-10 menit. Terakhir bilas dengan air dingin dan keringkan.

Daun mint untuk segarkan wajah

Daun mint untuk segarkan wajah

 

Langkah paling tepat mencegah jerawat muncul adalah dengan cara rajin membersihkan wajah. Jerawat memang kadang sulit dihilangkan terutama apabila disebabkan oleh faktor hormon ataupun produksi minyak yang berlebih. Dalam hal ini anda harus sabar dan terus berusaha menemukan solusi yang tepat untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Biaya untuk melakukan perawatan tradisional ini jauh lebih murah dan tentu lebih alami dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi. Demikian 20 Jenis obat alami tradisional untuk menghilangkan jerawat secara permanen, untuk hasil maksimal terapkan metode perawatan di atas setiap hari untuk membersihkan wajah sekaligus mengobati jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ingat untuk melakukan perawatan kulit secara teratur dan disiplin agar kulit wajah terhindar dari jerawat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Pengensehat.com January 21, 2015
  2. raja usman August 9, 2015
  3. Ivon Tjendanasari October 10, 2015
  4. Jessica Nurliana Putri January 12, 2016
    • rexa August 13, 2016
  5. ekka January 24, 2016
    • ani February 5, 2016
    • Admin February 5, 2016
    • viya June 10, 2016
  6. Eni February 12, 2016
    • ss September 4, 2016
  7. Herry February 16, 2016
  8. Inez February 16, 2016
  9. Hagya Sophia February 22, 2016
  10. novi February 28, 2016
    • sulfatul fadlilah May 13, 2016
  11. ummiamizah March 1, 2016
    • Andhara Rahmadanty..... April 4, 2016
  12. awal March 1, 2016
  13. laura March 6, 2016
  14. kumpulan film March 9, 2016
    • safi' isrofiyah December 17, 2016
  15. adi March 9, 2016
  16. dedi desrianto March 12, 2016
  17. vikaaaa March 15, 2016
  18. fendi March 16, 2016
  19. Nurma March 18, 2016
  20. robby March 19, 2016
  21. Obat Jerawat March 19, 2016
    • sulis setiawati June 16, 2016
  22. Obat flek hitam March 27, 2016
  23. elvira Natalia March 28, 2016
  24. Maseko JM March 29, 2016
  25. Lucia April 1, 2016
    • intan November 21, 2016
  26. bagus April 1, 2016
    • Aldi July 24, 2016
  27. fuji April 4, 2016
  28. ardian habibi April 5, 2016
  29. eti kurniati April 14, 2016
  30. pui April 15, 2016
  31. Restu April 22, 2016
  32. Iwan Pratama April 24, 2016
    • david October 5, 2016
  33. Ari Sudibyo May 2, 2016
  34. Meldamarlina May 5, 2016
  35. kiki May 8, 2016
  36. Panzer Alkatiri May 20, 2016
  37. adhe May 31, 2016
  38. afdal June 7, 2016
  39. nindia June 13, 2016
  40. adilah jr June 20, 2016
  41. aurell July 9, 2016
  42. Fajar Agung July 13, 2016
  43. Muhammad Rizky July 26, 2016
  44. Chandra July 30, 2016
  45. martini August 27, 2016
  46. martini August 27, 2016
    • kencana June 1, 2017
  47. Yuli ajah September 1, 2016
  48. pandu September 6, 2016
  49. Tiwi September 6, 2016
  50. Rachma September 9, 2016
  51. muhhamadfaisal September 22, 2016
  52. Vitri caesar October 11, 2016
  53. muhamad adi Al_baitul akrom October 17, 2016
  54. Frutablend October 28, 2016
  55. aji renwarin October 28, 2016
  56. Indonesia October 29, 2016
  57. alca December 4, 2016
  58. Ika December 20, 2016
  59. triyadi December 22, 2016
  60. Deasy December 31, 2016
  61. Wins January 9, 2017
  62. Evi January 19, 2017
  63. dewi January 24, 2017
  64. roy February 5, 2017
  65. yasir February 18, 2017
  66. Akka February 24, 2017
  67. irfan April 17, 2017
  68. irpan April 21, 2017
  69. Nu Skin Jogja April 25, 2017
  70. Bagus Prianto July 5, 2017
  71. Abay July 13, 2017
  72. Amalia July 28, 2017
  73. janiarto August 7, 2017
  74. Memey September 27, 2017

Tulis Komentar