7 Jenis Obat Tradisional Asma yang Perlu Diketahui

Asma adalah salah satu jenis penyakit paru-paru, tepatnya penyakit pada saluran pernapasan yang membuat penderita sulit bernapas. Penyakit Asma tidak bisa disembuhkan, adapun obat Asma yang diresepkan dokter bertujuan untuk mengendalikan gejala yang timbul.




Saat asma kambuh, terjadi pembengkakan saluran udara yang menyebabkan penyempitan saluran napas yang membawa oksigen ke paru-paru. Hal ini menyebabkan munculnya gejala asma seperti batuk, mengi, sesak napas, dan sesak dada.

Obat asma akan membantu penderita menormalkan kembali saluran pernapasannya. Tapi pada kasus yang parah, penderita biasanya mengalami ketidakmampuan berbicara dan penurunan aktivitas. Dalam situasi ini, penanganan dari dokter sangat diperlukan.

Selain menggunakan obat medis, beberapa penderita menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan asma yang diderita. Meski demikian, penggunaan obat asma tradisional sebaiknya diketahui dokter untuk mencegah terjadinya efek yang berlawanan dengan obat medis.

Penggunaan obat asma tradisional dalam banyak testimoni sangat membantu meredakan gejala asma yang dirasakan penderita. Selain itu, harga yang murah dan efek samping yang minim membuat banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi obat tradisional ketimbang obat medis.

Jenis Obat Asma Tradisional Untuk Anak dan Dewasa

Pada umumnya, penyebab penyakit asma disebabkan faktor genetik, udara dingin, makanan dan faktor lingkungan. Sehingga cara paling efektif untuk mengatasi asma adalah dengan menjaga lingkungan tetap bersih, juga menghindari asap rokok.

Selain itu, Anda juga bisa menyembuhkan asma dengan membuat sendiri obat asma tradisional berikut ini:




  1. Madu

Zat yang dikandung madu, sangat baik untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Zat lendir harus dikeluarkan agar tidak menghambat masuknya udara, yang bisa memperparah penyakit asma yang diderita.

  • Caranya pun cukup mudah, yaitu:
  • Campurkan satu sendok teh madu dengan air hangat
  • Tambahkan dengan sedikit kayu manis bubuk
  • Aduk hingga rata lalu minum

Rutinkan minum obat tradisional ini, hingga kesehatan penderita asma semakin membaik.

  1. Lemon

Untuk menyembuhkan penyakit asma, lemon bisa menjadi alternatif pilihan pengobatan. Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dosis tinggi yang bisa membantu melegakan pernapasan.

Buah ini juga kaya akan anti-oksidan serta berbagai vitamin yang bisa menyembuhkan gejala penyakit asma. Harus diingat, bahwa salah satu penyebab penyakit asma, karena kurangnya konsumsi vitamin C di dalam tubuh.

Cara memanfaatkan lemon untuk mengobati asma, sangat mudah, yaitu:

  • Ambil setengah buah lemon lalu peras ke dalam satu gelas air hangat
  • Tambahkan gula sesuai dengan selera, aduk hingga rata.

Minum secara rutin hingga gejala dan tanda-tanda penyakit asma semakin berkurang, bahkan hilang.

Obat asma tradisional akut

Obat asma tradisional akut

  1. Apel

Kandungan quersetin yang terdapat dalam buah apel, baik untuk mengobati penyakit asma. Caranya juga terbilang sederhana. Bisa dengan mengkonsumsi buah apel secara langsung atau dibuat jus.

Dari hasil penelitian ditemukan, wanita hamil yang makan empat buah apel seminggu, bisa menurunkan potensi kelahiran anak dengan masalah pernapasan hingga 53%

  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih, terutama yang murni bisa dijadikan obat asma tradisional, karena kandungan eucalyptol yang bisa memecah lendir.

Caranya juga sangat sederhana, yaitu:




  • Teteskan 2 – 3 tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih yang sudah dituang di dalam baskom
  • Tutup kepala dengan handuk, lalu hirup uap yang keluar dari air mendidih di dalam baskom.

Cuma dengan mengambil napas dalam-dalam, hasilnya bisa meredakan sesak napas. Lakukan secara rutin, hingga kesehatan penderita asma semakin membaik.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami berikunya, yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit asma, tanpa efek samping. Tak hanya itu, kunyit juga bisa mengatasi penyakit lemah jantung secara alami.

Untuk masalah pernapasan, kunyit bisa diandalkan untuk mengatasi masalah pernapasan mulai dari yang ringan hingga berat. Cara meracik kunyit sebagai obat pengusir penyakit asma sebagai berikut:

  • Kupas 1/2 kg rimpang kunyit
  • Rebus kunyit hingga mendidih
  • Air rebusan kunyit tersebut, diminum 2 kali sehari hingga pernapasan kembali stabil.
  1. Kopi Hitam

Tak hanya nikmat diseruput saat bersantai, kopi hitam ternyata bisa diandalkan untuk mengatasi sesak napas. Alasannya adalah kandungan kafein yang bisa membantu otot pernapasan yang aus.

Cara memanfaatkan kafein sebagai obat asma tradisional juga terbilang sangat mudah, yaitu:

  • Seduh kopi hitam, lalu minum secara teratur hingga napas menjadi lebih enteng.

Namun, kenali batasan tubuh Anda, sebab ada orang yang tidak bisa mengkonsumsi kopi secara berlebih, sebab mengakibatkan jantungnya berdebar lebih kencang.

  1. Bawang merah

Bumbu dapur yang satu ini, memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya mengobati penyakit asma secara alami. Ini semua karena kandungan anti inflamasi di dalamnya.

Sehingga, saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak napas bisa dikurangi. Untuk meramu bawang merah menjadi obat tradisional alami mengusir penyakit asma, juga sederhana.

Cukup ambil 1-2 siung bawang merah mentah, lalu konsumsi secara langsung. Namun, bila Anda tak menyukai rasa bawang merah mentah, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu sebelum disantap.

Obat tradisional asma bertujuan untuk mencegah asma kambuh lagi, fungsinya adalah untuk membantu obat asma yang diresepkan dokter dan bukan untuk menggantinya.

Demikian informasi singkat beberapa obat asma tradisional yang sangat baik digunakan oleh penderita asma dan sesak napas, semoga bermanfaat.

Leave a Reply