6 Obat Kencing Manis Tradisional yang Wajib Diketahui

Diabetes melitus atau yang di masyarakat dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis adalah penyakit gaya hidup yang disebabkan oleh banyak faktor seperti makanan, kebiasaan sehari-hari dan juga faktor keturunan.




Seseorang yang menderita diabetes, agar tetap sehat harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Penderita diabetes harus menerapkan pola hidup sehat dan makan yang sehat, serta rutin berolahraga.

Selain itu, diabetes harus diobati sedini mungkin, karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan risiko komplikasi, dan tentu saja membahayakan jiwa penderitanya.

Selain pengobatan secara medis, mengobati diabetes juga bisa dengan memanfaatkan aneka bahan tradisional yang bisa kita racik sendiri di rumah.

Obat Kencing Manis Tradisional

Obat Kencing Manis Tradisional

Berikut beberapa obat diabetes dari bahan tradisional yang bisa Anda manfaatkan :

  1. Kunyit

Kunyit bisa ditemukan di sekitar kita dengan mudah. Memanfaatkan kunyit untuk mengatasi penyakit diabetes, merupakan salah satu cara yang paling mudah, karena kunyit bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita.




Untuk menggunakan kunyit caranya juga cukup mudah, yaitu :

  • rebus 1 rimpang kunyit dan 1 ½ sendok garam dengan 1 lieter air hingga mendidih
  • saring air rebusan tersebut dan biarkan hingga agak dingin
  • minum air rebusan kunyit, 1/2 gelas saja secara teratur, dua kali seminggu

Kadar gula penderita diabetes akan lebih stabil dengan merutinkan minum air rebusan kunyit, sehingga komplikasi bisa dicegah.

  1. Buah Mengkudu

Mengkudu banyak mengandung senyawa dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Proxeroni salah satu zat dalam mengkudu yang berguna untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap masuk ke dalam tubuh.

Kemampuan ini membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat penyakit diabetes. Cara penyajiaannya sebagai berikut :

  • Blender atau parut 1 buah mengkudu
  • Saring hasil blenderan mengkudu. Bila diparut, hasil parutannya dicampur dengan air hangat lalu diperas
  • Minum dan habiskan air ekstrak mengkudu tersebut.
  • Bila Anda tak tahan dengan baunya, Anda bisa tambahkan dengan sedikit madu.
  1. Pare

Pare merupakan buah yang tanamannya merambat dan banyak dijumpai di pasar. Biasanya, pare dimasak sebagai sayuran, dengan cara dioseng atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya.

Di balik rasanya yang pahit, ternyata pare berkhasiat menurunkan kadar gula dalam tubuh, karena pare mengandung sel yang bagus, sehingga bisa menyumbang insulin di dalam pankreas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi pare, bisa meningkatkan penyerapan sel glukosa di dalam tubuh kita. Selain itu, pare bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol. Cara mengkonsumsinya dengan dibuat jus, atau ditumis. Mudah bukan?

  1. Mahkota Dewa

Tanaman ini juga ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Bahkan tak hanya diabetes, mahkota dewa juga bisa mengobati berbagai penyakit lainnya.

Cara memanfaatkan mahkota untuk  mengobati diabetes juga cukup mudah, yaitu :




  • Siapkan 3 hingga 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa
  • Tambahkan 3 lembar daun salam yang telah dicuci hingga bersih.
  • Rebus menggunakan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih.
  • Biarkan mendidih, sampai tersisa 1/2 gelas saja.
  • Minum rebusan air mahkota dewa tersebut setiap hari, hingga penyakit diabetes Anda dapat teratasi.
  1. Buncis

Buncis merupakan salah satu obat diabetes yang cukup efektif. Ini karena kandungan B-sitosterol pada buncis yang bisa memperlambat insulin di dalam tubuh.

Namun, tetap bisa menjaga indulin tetap normal dalam tubuh. Dengan pengolahan yang tepat, buncis bisa jadi obat diabetes yang ampuh.

Caranya membuat obat diabetes dari buncis adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 1/2 kg yang sudah dicuci bersih
  • Rebus buncis dengan 2 gelas air
  • Minum ramuan alami setiap pagi dan malam sebelum tidur secara rutin

Namun bila merasa kerepotan dengan cara tersebut, Anda bisa memakannya secara langsung dengan kondisi mentah atau bisa juga dengan membuatnya sebagai jus, tetapi jangan tambahkan gula.

  1. Brotowali

Daun tanaman ini rasanya pahit dan sering dibuat camparan jamu. Tanaman merupakan tanaman yang sudah dikenal sejak lama.

Khasiatnya sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan cukup populer di kalangan masyarakat. Salah satu manfaatnya daun ini bisa menyembuhkan penyakit gula darah.

Cara pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah, yaitu :

  • Siapkan tanaman brotowali sebesar 1 jari atau sekitar 10 cm.
  • Tambahkan segenggam akar pepaya dan rebus kedua bahan terus hingga mendidih dan biarkan hingga dingin,
  • Rutinkan minum air rebusan brotowali ini.

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit gaya hidup yang secara medis tidak ada obatnya. Meski demikian penyakit ini bisa dikontrol dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diabetes seperti berat badan turun drastis, sering buang air kecil, dan penglihatan berkurang, segeralah melakukan kontrol ke dokter.

Selain itu, Anda juga bisa memulai membuat obat tradisional kencing manis seperti yang dijelaskan di atas. Dan tidak lupa memperbaiki gaya hidup sehari-hari.

Demikian beberapa obat kencing manis tradisional yang bisa Anda olah sendiri di rumah, semoga cepat sembuh.

Leave a Reply