6 Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami

Asam urat adalah salah satu penyakit pada persendian yang sangat menyakitkan. Obat asam urat yang diresepkan dokter biasanya bersifat sementara dan hanya menghilangkan gejala rasa sakit tersebut.




Untuk menyembuhkan penyakit asam urat secara menyeluruh dibutuhkan kesadaran penderita untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Selain itu penderita boleh mengonsumsi obat tradisional asam urat yang sudah terbukti ampuh dapat menyembuhkan asam urat secara alami.

Sekitar sembilan puluh persen penyakit asam urat diakibatkan ketidakmampuan ginjal mengeluarkan asam urat secara keselurahan dan tuntas lewat air seni. Sedangkan, pada sebagian kecil kasus lainnya, disebabkan karena tubuh yang menghasilkan asam urat secara berlebih.

Asam urat berlebih dalam tubuh biasanya disebabkan oleh konsumsi protein hewani secara terus menerus dan konsumsi makanan-makanan pemicu asam urat lainnya.

Obat tradisional asam urat yang paling ampuh

Obat tradisional untuk menyembuhkan asam urat

Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Penyakit asam urat menimbulkan rasa nyeri pada pada sendi dan biasanya menyerang orang dewasa berusia 30 tahun ke atas. Umumnya, asam urat menyerang otot, sendi dan sistem tulang di area sekitarnya. Penyakit ini, bahkan bisa mengganggu sistem imun tubuh.

Penyakit asam urat sendiri bisa dipicu oleh bermacam-macam penyebab, misalnya makanan dan faktor eksternal lainnya. Untuk mengobati asam urat, selain pengobatan secara medis, juga bisa dengan memanfaatkan obat tradisional yang ada di sekitar kita.




Biasanya, masyarakat Indonesia menggunakan obat tradisional dengan alasan aman dan alami. Mereka menganggap obat tradisional lebih sehat dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis obat tradisional asam urat yang sudah terbukti ampuh menyembuhkan asam urat secara alami.

  1. Jus Lemon

Kesegaran jus lemon tak hanya ampuh mengatasi dahaga, namun bisa menjadi obat asam urat yang nikmat. Jus lemon bermanfaat untuk menetralkan kelebihan asam urat dalam aliran darah, sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang timbul akibat peradangan.

Untuk membuat ramuan ini, caranya sangat mudah dan sederhana, yaitu :

  • campurkan jus lemon dengan 1 ½ sendok teh baking soda.
  • Biarkan selama beberapa detik, hingga busanya menghilang.
  • Selanjutnya, campurkan dengan segelas air dan segera diminum.

Sembari mengkonsumsi jus lemon, penderita asam urat juga dianjurkan makan buah-buahan yang kaya vitamin C untuk memperkuat jaringan tubuh.

  1. Biji seledri

Jika selama ini kita mengenal daun seledri sebagai bumbu masakan, ternyata biji seledri juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Hal ini karena seledri mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya: klorin, asam lemak, esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A.

Dengan kandungan zat yang begitu kaya, seledri ampuh untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. Cara meracik ramuan biji seledri pun cukup mudah, yaitu :




  • Cuci bersih biji seledri sebanyak 2 gram
  • Rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit
  • Saring ramuan tersebut dan diamkan hingga dingin.

Biji seledri adalah obat tradisional asam urat yang sudah terbukti ampuh. Untuk hasil yang lebih cepat, minumlah ramuan di atas sekali sehari.

  1. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing bersifat diuretik yang berkhasiat melarukan asam urat dalam tubuh melalui kencing. Cara meramu daun kumis kucing sebagai obat alami asam urat juga cukup mudah, yaitu :

  • Rebus 20 gram daun kumis kucing basah bersama 20 gram daun meniran, 2o gram daun sawi, 30 gram jahe merah yang telah ditumbuh halus, 10 gram daun kapulaga yang kering dengan 1 liter air hingga mendidih.
  • Biarkan hingga air tersisa setengah liter saja.

Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Daun Bidara

Daun bidara adalah salah satu obat tradisional asam urat yang sering digunakan sejak dulu kala ketika persendian sakit. Tanaman bidara mengandung berbagai macam senyawa aktif seperti aldehid, alkane, flavanoid dan keton, serta mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium.

Dengan kandungan yang begitu kaya, daun bidara ternyata bisa dimanfaatkan untuk melawan asam urat. Cara membuat ramuannya juga relatif mudah, yaitu :

  • Rebus 10 gram daun bidara, bersama 10 gram temulawak, 1 gram buah lada dan 8 gram kornfrey dengan 5 gelas air.
  • Biarkan mendidih hingga air tersisa kurang lebih dua gelas saja.

Minum air rebusan tersebut, 3 kali sehari ; pagi, siang, dan menjelang tidur malam.

  1. Buah cherry

Buah cherry banyak mengandung magnesium yang baik untuk meredakan rasa nyeri. Selain itu, kandungan potasium mampu mencegah inflamasi, sehingga ampuh melawan asam urat. Cara membuatnya pun sangat gampang, Anda cukup makan buah cherry 7 hingga 9 buah setiap harinya.

Buah cherry telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional asam urat. Anda bisa  menvariasikan penyajian buah cherry agar Anda tak bosan, misalnya dengan menjadikannya sirup.

  1. Terapi air hangat

Air hangat bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan tradisional untuk asam urat berikutnya. Dengan merutinkan terapi ini, nyeri pada sendi akan berangsur hilang. Hal ini disebabkan air hangat membuat Anda lebih rileks dan tenang. Di samping itu, air hangat memperlancar darah yang yang membeku.

Terapinya pun sangat sederhana, cukup merendam bagian tubuh yang nyeri dan mengalami peradangan ke dalam air hangat beberapa menit saja, secara rutin.

Demikian informasi singkat cara menyembuhkan penyakit asam urat menggunakan obat tradisional dan tanaman herbal, semoga bermanfaat. []

Tulis Komentar

Loading...