Obat Tradisional untuk Menyembuhkan Sinusitis Secara Alami

Jika anda mengalami sakit pilek, influenza, dan batuk yang tak kunjung sembuh bahkan menahun lamanya maka ada kemungkinan anda mengalami sinusitis. Penyakit sinusitis adalah penyakit umum yang bisa diderita setiap orang yang disebabkan adanya peradangan akibat bakteri atau virus.

Sinusitis perlu diobati jika telah mengganggu aktifitas sehari-hari. Bentuk pengobatan sinusitis bermacam-macam tapi dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan sinusitis secara alami.




Jika anda menderita sinusitis kronis maka dapat dipastikan bahwa sistem imun tubuh anda menurun drastis. Karena itu dokter biasanya akan memberikan obat-obatan, suplemen, terapi, hingga melakukan tindakan operasi.

Dalam hal ini untuk mengurangi efek samping dari pengobatan medis tersebut, anda bisa membarenginya dengan pengobatan tradisional, tentunya setelah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Metode pengobatan tradisional sinusitis tergolong mudah dan murah. Mudah karena bisa anda lakukan sendiri dan murah karena bahannya bisa anda beli di pasar-pasar dengan harga yang sangat murah.

Anda bisa menggunakan bahan alami seperti kunyit, daun krisan, atau daun sereh sebagai obat tradisional sinusitis. Berikut cara mengolah bahan-bahan alam tersebut.

1. Kunyit




Tanaman kunyit dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit organ hati seperti hepatitis, kanker hati, sirosis hati. Selain itu kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sinusitis.

Cara mengolahnya cukup mudah, anda rebus rimpang kunyit dengan campuran madu secukupnya. Minum dalam keadaan hangat. Kunyit berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang karena dapat menghilangkan sumbatan yang ada di dalam rongga hidung.

Obat tradisional untuk menyembuhkan sinusitis

Obat tradisional untuk menyembuhkan sinusitis


2. Daun Krisan

Daun krisan berfungsi untuk menurunkan demam yang merupakan salah satu gejala sinusitis. Cara menggunakannya yaitu dengan cara haluskan daun atau bunga krisan kemudian tambahkan sedikit air.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meneteskan air dari tumbukan daun atau bunga krisan langsung pada hidung sebanyak 2-3 tetes yang digunakan 2-3 kali pemakaian dalam sehari.




Daun atau bunga krisan merupakan anti radang dan juga antibiotik alami, anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati sinusitis secara alami.

3. Daun Sereh

Dalam pengobatan tradisional, batang sereh dapat menghasilkan minyak yang digunakan sebagai minyak urut. Selain minyak urut, batang sereh bisa juga digunakan untuk mengobati sinusitis.

Caranya adalah rebus 2-3 batang sereh. Tambahkan gula aren atau gula pasir secukupnya. Anda juga bisa menggunakan 5 batang sereh, tiga jeruk nipis tua, 20 biji cengkeh, 8 lembar daun sirih, dan 2 jahe.

Batang sereh dan jahe dimemarkan terlebih dahulu untuk diambil sarinya. Rebus hingga tersisa separuh, lalu disaring. Kemudian diminum selagi hangat.

Selain diminum, anda juga bisa mememarkan atau menghaluskan batang sereh hingga mengeluarkan cairan. Cairan tersebut langsung diteteskan ke dalam hidung selama beberapa menit. Kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan secara rutin.

Demikian tiga resep obat tradisional untuk mengobati sinusitis. Pengobatan dengan menggunakan tumbuhan tidak memiliki efek samping seperti halnya pengobatan medis yang penuh bahan kimia dan kemungkinan memiliki dampak negatif dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Sistem imun tubuh akan tetap terjaga karena bahan yang digunakan adalah bahan alami. Sinusitis bisa dicegah, diredakan, bahkan disembuhkan dengan bahan-bahan tradisional herbal tersebut.

Selain tumbuhan-tumbuhan tersebut, anda juga bisa mengkonsumsi nanas, yoghurt, buah-buahan, dan juga sayuran sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sinusitis. Dan sebagai pencegahan, hindari diri anda dari asap rokok dan jika anda perokok sebaiknya segera berhenti. Juga hindari udara dingin dan obat dekongestan, sehingga hasil pengobatan dapat segera terlihat.

Tulis Komentar