Serba Serbi Organ Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang jumlahnya sepasang dan terletak di belakang perut. Ukuran setiap ginjal sekitar 4 atau 5 inci atau seukuran kepalan tangan.

Fungsi ginjal untuk menyaring darah sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. Jadi semua darah yang ada di dalam tubuh kita akan melewati ginjal beberapa kali sehari.




Ginjal akan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur keseimbangan elektrolit.

Organ ini berperan penting dalam menjaga metabolisme di dalam tubuh manusia. Kehilangan fungsi ginjal bisa mengakibatkan seseorang cepat mengalami rasa lelah, mengantuk hingga kematian.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan organ tersebut.

Bidang kedokteran yang mempelajari penyakit ginjal adalah nefrologi. Pada kesempatan ini Anda akan diajak untuk mempelajari segala hal yang menyangkut tentang organ ginjal. Beberapa di antaranya terkait permasalahan yang sering dialami pada ginjal seperti sakit pinggang dan urin yang mengeluarkan darah.

Tidak lupa juga artikel ini menyediakan saran yang dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit ginjal, baik secara sederhana hingga langkah terakhir bagi penderita ginjal akut. Agar tidak penasaran, simak berikut ulasannya.




serba serbi organ ginjal manusia

serba serbi organ ginjal manusia

Lokasi dan struktur ginjal

Ginjal merupakan organ berbentuk mirip kacang yang terletak di belakang perut. Pada keadaan normal, manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang.

Meskipun demikian, letak ginjal tidak sejajar, biasanya ginjal kanan terletak sedikit lebih di bawah ginjal kiri karena memberikan ruang bagi hati.

Sebagai tambahan, sepasang ginjal memiliki pelindung berupa lemak agar tetap berada di tempat saat terjadi goncangan ataupun benturan keras yang dialami oleh tubuh.

Ginjal memiliki ukuran yang bervariasi sesuai umur dan jenis kelamin manusia. Semakin dewasa, biasanya ginjal akan bertumbuh lebih besar.

Rata-rata ukuran ginjal pada orang dewasa bisa mencapai panjang 11,5 cm dan lebar 6 cm dengan ketebalan 3,5 cm. Berat ginjal pada orang dewasa berkisar 120-170 gram (0,4% dari berat badan manusia).

Ginjal memiliki bukaan yang bernama hilus berfungsi menghubungkan arteri renal, vena renal, dan ureter.

Struktur pada ginjal dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu bagian paling luar, bagian dalam, dan yang terdalam. Bagian paling luar disebut korteks dan terdapat lapisan lemak untuk melindungi ginjal dari benturan.

Bagian dalam disebut medulla yang berbentuk seperti piramida sebagai tempat berkumpulnya saluran bukaan. Sementara bagian lebih dalam disebut pelvis yang berfungsi untuk mengatur metabolisme ginjal di dalam tubuh.

Selain ketiga bagian tersebut, ginjal juga memiliki kelenjar adrenal dan nefron yang berfungsi untuk menyaring darah sehingga keluar proses ekskresi.

Fungsi organ ginjal

Fungsi utama ginjal adalah ekskresi pada tubuh dengan cara mengeluarkan cairan yang dikenal sebagai air kencing.

Cairan tersebut merupakan sisa penyaringan darah pada ureter, yaitu tergolong racun dan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak heran bila air kencing mengandung bau yang menyengat.

Fungsi lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Adanya permasalahan pada ginjal akan membuat seseorang mudah merasa lelah dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas dengan jadwal yang padat.

Hal tersebut juga dialami oleh seseorang yang melakukan donor ginjal. Hanya memiliki satu ginjal berarti menambah beban kerja ginjal tersebut.

Cara kerja organ ginjal

Cara kerja ginjal terbilang cukup sederhana. Untuk mengeluarkan sisa-sisa (limbah) yang tidak terpakai di dalam tubuh, ginjal memerlukan tekanan yang dikeluarkan oleh glomerulus.

Cairan tersebut nantinya akan melewati tiga lapisan dan akan digiring masuk ke dalam ruangan kapsula Bowman dalam bentuk filtrat.

Setelah itu, cairan tersebut akan disaring oleh glomerulus, yang memisahkan darah dengan cairan sisa. Hasil akhirnya dikeluarkan lewat ureter.

Dari penelitian diketahu jika rata-rata darah akan melewati organ ginjal sebanyak 350 kali setiap hari. Penelitian tersebut menyebut 1,2 liter darah yang melewati ginjal akan menghasilkan 125 cc filtrat. Hal tersebut yang nantinya akan keluar menjadi air kencing pada tubuh manusia.

Masalah pada ginjal

Jenis penyakit pada ginjal terdiri atas dua yaitu, pertama masalah ringan dan kedua masalah akut.

Pada masalah ringan biasanya akan ditemui ginjal mengalami kencing yang lebih pekat hingga keluar darah saat buang air kecil. Beberapa masalah radang dan batu pada ginjal juga dapat dikategorikan sebagai penyakit ginjal ringan.

Saat mengalami penyakit ginjal ringan anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab penanganan gangguan tersebut cukup mudah. Bahkan penyakit tersebut bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu tertentu.




Sedangkan masalah akut ginjal perlu diwaspadai. Hal tersebut dikarenakan pada ginjal akut, seseorang akan kehilangan fungsi ginjal.

Lebih berbahaya lagi, penyakit ginjal akut kadang terjadi tanpa disadari penderita sampai penyakit tersebut memasuki tahap yang cukup parah.

Cara mengobati penyakit ginjal akut ada dua yaitu melalui proses cuci darah dan pencangkokan. Namun, cara tersebut memakan banyak biaya dan memiliki potensi kegagalan.

Cara menjaga kondisi ginjal yang baik

Untuk menjaga kondisi kesehatan ginjal agar tetap prima ada beberapa hal yang harus dilakukan secara teratur.

Bagi Anda yang pernah atau berpotensi memiliki penyakit ginjal ringan, Anda bisa mengatasinya dengan banyak meminum air putih/mineral. Biasakan untuk konsumsi 3 liter air setiap harinya. Olahraga yang cukup seperti renang dan jogging bisa membuat Anda terhindar dari penyakit ginjal.

Langkah selanjutnya adalah menjaga pola makan. Hindari makanan penyebab sakit ginjal seperti yang memiliki kandungan kalsium dan kadar garam yang tinggi.

Bila Anda memiliki penyakit ginjal yang akut, maka cobalah untuk melakukan terapi secara rutin. Fungsinya adalah mengontrol perkembangan fungsi ginjal dan mengurangi dampak akibat sakit akut tersebut.

Hindari pemakaian obat-obatan secara berlebih yang dapat menambah kerusakan pada ginjal Anda.

Demikian beberapa hal yang bisa dirangkum dalam artikel tentang ginjal. Harapannya adalah agar setiap pembaca dapat memiliki kesadaran untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Kesehatan mahal harganya, oleh karena itu, segera ambil tindakan positif agar memastikan kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Tulis Komentar