Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan Anak

Menjaga kesehatan lingkungan anak sangat penting bagi tumbuh kembang sang anak. Agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, lingkungan yang baik sangat diperlukan.

Jika ada anak yang sakit dan penyebab dari sakit itu karena lingkungan sekitar yang tidak sehat, maka orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan mulai memperbaiki kondisi sekitar agar kejadian serupa tidak terjadi pada anak lain.




Orang tua memiliki kewajiban menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak. Lingkungan yang sehat dapat menciptakan suasana yang bersih dan bebas dari sumber penyakit. Anak-anak pun dapat melakukan berbagai aktifitas yang mereka sukai.

Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan lingkungan tempat bermain anak:

1. Siapkan tempat bermain khusus

Jika tidak diawasi anak-anak kadang bermain terlalu kotor sehingga segala kuman dan bakteri leluasa masuk ke dalam tubuhnya. Jika sudah demikian, anak jadi mudah sakit dan akhirnya harus istirahat total di rumah.

Siapkan tempat bermain khusus untuk anak dan awasi. Perhatikan kebersihan dan keamanan permainan tersebut. Tempat bermain yang bagus harusnya mencukupi syarat keselamatan dan juga syarat kesehatan.




2. Hindari anak bermain di area yang kotor

Anak-anak umumnya bermain di lingkungan rumah, jika lingkungan tersebut jorok atau tidak bersih maka besar kemungkinan anak-anak juga akan melakukan permainan-permainan yang berisiko bagi kesehatan.

Dalam lingkungan tidak sehat seperti ini, orang tua perlu meningkatkan pengawasan mereka dua kali lipat terhadap anak-anak. Sedapat mungkin awasi anak-anak agar tidak bersentuhan atau bermain dengan benda-benda yang telah terkontaminasi banyak kotoran.

3. Jaga asupan nutrisi anak




Jika kondisi tubuh sehat biasanya bakteri dan kuman menjadi tidak berbahaya meskipun masuk ke dalam tubuh. Beda halnya jika tubuh sedang drop akibat kelelahan atau penyebab lain, maka bisa dipastikan tubuh jadi mudah sakit.

Begitu pula halnya dengan anak. Jika asupan nutrisi yang masuk ke tubuh mereka kurang maka tubuh mereka jadi lemah dan mudah sakit. Lengkapi kebutuhan gizi harian mereka dengan tepat agar anak jadi kuat, tidak mudah sakit meski tinggal di lingkungan yang tidak sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan Anak

Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan Anak

Manfaat Lingkungan Sehat Bagi Anak

Jika lingkungan sehat maka udara di sekitar juga pasti sejuk. Anak-anak akhirnya dapat menghirup udara bersih yang mengandung oksigen tanpa tercemar oleh polusi.

Pada dasarnya menjaga kesehatan lingkungan tempat anak beraktifitas sangatlah mudah, cukup lakukan aktifitas rutin rumah seperti biasa. Menyapu, mengepel dan bersih-bersih rumah setiap hari merupakan kegiatan yang biasa dilakukan tapi berdampak besar bagi kesehatan anak.

Kebiasaan ini sangat baik dilakukan dengan rutin, apalagi jika setiap minggu diadakan kerja bakti di sekitar rumah maka akan tercipta lingkungan yang lebih nyaman dan bermanfaat bagi si buah hati. Anda juga tentunya akan merasakan manfaat dari lingkungan yang bersih untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Lingkungan anak yang baik dapat menciptakan suasana yang tenang dan menyenangkan. Dengan suasana yang menyenangkan, segala aktifitas akan terasa menyenangkan. Anak-anak dapat beraktifitas lebih ceria dan bebas dari stress.

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami stress, anak pun dapat mengalami stress. Stress yang dialami anak dapat membuat kebiasaan anak tidak seperti biasanya. Mereka mengalami susah makan, saat tidur selalu tidak nyaman dan selalu rewel di setiap kesempatan.

Jangan karena kondisi lingkungan yang tidak baik, sang anak mengalami hal yang tidak diinginkan. Inilah mengapa menjaga kesehatan lingkungan anak sangat penting. Menciptakan lingkungan anak yang baik tidaklah sulit jika Anda serius dalam mengatasi masalah tersebut. Ciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak sekarang dan jangan ditunda-tunda lagi.

Tulis Komentar