Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Jerawat batu (cystic acne) atau biasa juga disebut dengan nama millium merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Saking mengganggunya banyak yang berusaha menghilangkan jerawat batu tersebut dengan cara memencetnya hingga meletus.

Umumnya, jerawat sendiri terbagi menjadi dua yaitu jerawat dan millium. Adapun beda dari kedua jenis masalah pada kulit wajah ini adalah millium memiliki ukuran bintil yang lebih besar dibandingkan jerawat biasa.




Millium biasanya memiliki warna yang juga mencolok dengan teksturnya yang lebih kasar, itulah sebabnya jenis jerawat ini biasa disebut jerawat batu.

Jika jerawat batu sudah muncul, biasanya kulit akan terasa sangat perih dan nyeri yang menyebar di beberapa bagian pada wajah.

Tak hanya itu, millium jika tidak segera diobati biasanya akan merusak kulit wajah sehingga timbullah bopeng atau bekas menghitam.

(baca:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam di Kulit Wajah).

Kenapa jerawat batu dikenal dengan istilah millium? Hal ini dikarenakan millium berbentuk seperti sebuah kista epidermal dengan ukuran yang cukup kecil. Dimana jika ia tak segera dikeluarkan, maka bisa merusak tekstur pada kulit wajah.




Cara mengatasi jerawat batu dengan cepat

Cara mengatasi jerawat batu dengan cepat

Penyebab Jerawat Batu (Millium)

Millium dapat menyerang siapa saja, tak hanya wanita, lelaki juga bisa mengalaminya. Mengetahui apa penyebab jerawat batu akan sangat membantu dalam pemilihan metode untuk menyembuhkannya.

Sampai saat ini diketahui ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat batu yaitu:

  1. Faktor Keturunan
    Seperti penyebab jerawat pada umumnya, timbulnya millium bisa diakibatkan oleh faktor keturunan. Dimana, orang tua yang menderita gangguan kulit millium akan menurunkan gangguan tersebut pada anaknya kelak. Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab utama jerawat pada sebagian besar kasus.
  2. Faktor Gaya Hidup
    Penyebab jerawat batu yang kedua ini adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup di sini meliputi pola makan dan gaya hidup yang dijalani setiap hari. Biasanya jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang berlemak, maka bisa menimbulkan terjadinya jerawat batu dengan mudah.
  3. Jenis Kulit
    Sama seperti dituliskan di atas, dimana penyebab timbulnya jerawat batu hampir sama dengan penyebab jerawat biasa yaitu faktor jenis kulit. Nah, kulit berminyak umumnya lebih mudah mengalami millium dibandingkan kulit yang kering. Selain kulit berminyak, kulit yang gampang mengeluarkan keringat juga bisa memicu timbulnya jerawat batu.
  4. Paparan sinar matahari
    Timbulnya jerawat batu juga bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Paparan sinar matahari yang terlalu lama, bisa mengganggu atau memicu permasalahan kulit seperti muka jerawatan.
  5. Sel kulit mati
    Salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat batu adalah lambatnya regenerasi sel-sel pada kulit wajah. Pada kasus ini, jerawat batu umumnya terjadi pada pria atau wanita dewasa.
  6. Pemakaian make-up
    Hati-hati dengan pemakaian kosmetik yang sembarangan, karena bisa memicu terjadinya jerawat batu di wajah. Jangan terlalu berlebihan dalam memakai kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Karena zat-zat berbahaya yang terkandung bisa terakumulasi dalam kulit, hal inilah yang memicu timbulnya millium yang bisa merusak kulit.
  7. Alergi
    Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan jerawat terutama pada mereka yang alergi dengan zat-zat tertentu dalam makanan. Bagi Anda yang alergi terhadap makanan tertentu, bisa jadi inilah yang memicu timbulnya millium pada kulit wajah Anda.

Seperti terlihat di atas, sebagian besar penyebab jerawat batu berasal dari faktor eksternal yang sebenarnya bisa dihindari. Tidak membersihkan bekas make up sampai bersih, atau terlalu lama terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan jerawat batu, tetapi penyebab tersebut dapat dihindari dengan mudah.




Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara menghilangkan jerawat batu

Cara menghilangkan jerawat batu

Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk menghilangkan jerawat batu atau millium di wajah. Anda bisa memulainya dengan cara membersihkan wajah secara benar sehingga kotoran yang melekat bisa hilang dan kadar minyak di wajah bisa dikendalikan.

Anda juga bisa menggunakan beberapa resep obat alami penghilang jerawat yang sudah terbukti ampuh dan telah digunakan banyak orang, contohnya menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat, atau menggunakan putih telur dan madu sebagai masker, pasta kulit jeruk, dan lain-lain.

Jika jerawat masih belum hilang setelah menggunakan obat-obatan tradisional tersebut, Anda bisa mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang masalah jerawat batu di wajah Anda. Oleh dokter biasanya anda akan diperiksa untuk mencari tahu penyebabnya dan setelah itu diberi obat yang cocok.

Ada beberapa jenis obat jerawat yang bisa dibeli di apotik dan toko obat meski tanpa resep dokter. Obat-obatan tersebut biasanya berbentuk salep yang bekerja dengan cara dioles langsung pada kulit wajah yang berjerawat batu.

Untuk membantu proses kesembuhan, perbanyaklah mengkonsumsi air putih terutama saat bangun tidur untuk mengurangi timbulnya jerawat di wajah. Hindari aneka macam makanan yang mengandung lemak tinggi serta minuman yang bersoda yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Kesimpulannya penyebab jerawat batu pada umumnya berasal dari faktor eksternal sehingga bisa dicegah dengan mudah. Salah satu cara mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mulai menjalani gaya dan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat bisa Anda terapkan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan mampu menutrisi kulit Anda.

Demikian info singkat mengenai penyebab jerawat batu dan cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat!

Komentar dan Tanggapan

  1. Hands January 13, 2017
    • Dwi Nurhayati September 22, 2017

Tulis Komentar