6 Penyebab Utama Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang terkadang sangat mengganggu aktivitas keseharian. Ada banyak faktor penyebab jerawat membandel, mulai dari faktor hormonal, kebersihan sampai dengan faktor makanan yang memicu pertumbuhan jerawat di wajah.

Jerawat memang selalu menjadi masalah utama khususnya bagi kaum wanita, karena selain mengganggu kecantikan juga dapat menghambat pergaulan sehari-hari, apalagi jika jerawat telah menimbulkan bekas luka yang menghitam di wajah.




Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang biasanya terjadi di wajah berupa bintik-bintik hitam, merah maupun putih. Jerawat sendiri bila tidak diatasi akan mengakibatkan infeksi hingga peradangan yang bisa berakibat fatal bagi kulit wajah.

Penyebab timbulnya jerawat sendiri umumnya disebabkan oleh faktor hormonal maupun faktor kebersihan wajah. Faktor minyak berlebih juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah.

Pada umumnya, jerawat disebabkan karena terjadinya sumbatan pada pori-pori wajah yang menimbulkan bintik-bintik merah atau putih. Sumbatan ini pula yang memudahkan bakteri penyebab jerawat tumbuh subur.

Penyebab jerawat kebersihan wajah

Penyebab jerawat adalah faktor kebersihan wajah

Jerawat yang semakin parah akibat infeksi ataupun iritasi di wajah bisa mengakibatkan terjadinya abses. Selain itu, penyebab munculnya jerawat juga bisa diakibatkan karena faktor hormonal, seperti ketika terjadinya kehamilan, menstruasi, stres hingga pemakaian pil KB.




Baca juga:

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai penyebab jerawat secara umum, di sini kita akan membahas lebih jelas dan detail mengenai beberapa faktor penyebab jerawat seperti berikut ini:

1. Faktor Kebersihan Wajah

Penyebab utama jerawat

Penyebab utama jerawat

Tersumbatnya pori-pori di wajah sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti misalnya kuas make-up, spons bedak yang sudah lama hingga handuk yang kurang bersih.

Dengan kontak langsung pada kulit, maka faktor-faktor tadi bisa menimbulkan penyebaran bakteri yang akhirnya menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah sehingga timbullah jerawat di wajah. Maka dari itu, Anda harus selalu rutin untuk membersihkan wajah untuk mencegah jerawat muncul di wajah.

2. Jenis kulit

Jenis kulit menyebabkan jerawat

Jenis kulit tertentu lebih sensitif terhadap jerawat

Penyebab jerawat tak hanya disebabkan oleh faktor kebersihan saja, melainkan juga jenis kulit wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat tersebut. Nah, biasanya jerawat sendiri muncul pada orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Namun, bukan berarti orang yang berjenis kulit kering bebas dari jerawat juga ya!

3. Keturunan

Faktor Keturunan

Faktor keturunan (genetik)

Faktor penyebab timbulnya jerawat lainnya adalah keturunan. Faktor genetik atau keturunan juga bisa menyebabkan seseorang berjerawat.

Biasanya karena orang tuanya berjerawat, maka kemungkinan anaknya pun mengalami masalah yang serupa. Untuk jerawat yang disebabkan oleh faktor keturunan inilah umumnya sulit untuk dicegah maupun diatasi.

4. Stress

Tingkat stres tinggi sebabkan wajah berjerawat

Tingkat stres tinggi sebabkan wajah berjerawat

Stress juga merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang kerapkali dialami kebanyakan orang. Hal ini disebabkan ketika seseorang mengalami depresi atau stres berat, maka metabolisme tubuh akan terganggu yang akhirnya bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah.




Solusinya, hindari pikiran stress yang bisa mengganggu metabolisme tubuh sebagai pemicu jerawat di wajah. Anda bisa banyak mengkonsumsi air putih, dan juga melakukan hal-hal yang bermanfaat agar Anda terhindar dari stress.

5. Hormonal

Faktor hormonal dapat menyebabkan jerawat

Faktor hormonal dapat menyebabkan jerawat

Faktor hormonal juga merupakan faktor terpenting yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Faktor hormonal pada wanita ini biasanya ketika hormon progesteron menghasilkan kadar minyak berlebih sehingga menyebabkan jerawat.

Faktor hormonal ini biasanya terjadi saat menstruasi ataupun saat hamil. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi yang tidak memicu timbulnya jerawat, serta tetap memperhatikan kebersihan wajah Anda.

6. Infeksi

Infeksi bakteri sebabkan jerawat

Infeksi bakteri sebabkan jerawat

Infeksi terjadi ketika seseorang mengalami masalah komedo di wajah. Adapun kesalahannya adalah ketika seseorang tak sadar jika ia menghilangkan komedonya dengan cara memencet komedo di wajah dengan menggunakan tangan. Hal ini justru akan memicu timbulnya jerawat dan infeksi pada wajah akibat kuman yang ada di tangan.

Demikian 6 penyebab utama timbulnya jerawat dan cara mengatasinya. Masih ada beberapa penyebab jerawat yang jarang diketahui orang yang biasanya berhubungan dengan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Komentar dan Tanggapan

  1. kesehatanzuzula January 18, 2016
  2. Yana Pamungkas20 May 26, 2017
  3. masker colina June 20, 2017
  4. fitriyani August 7, 2017

Tulis Komentar