6 Penyebab Kulit Jadi Kering, Bersisik, Kusam dan Gatal

Kulit kering merupakan masalah kulit yang umum dialami banyak orang dan dapat menyebabkan kulit jadi kelihatan bersisik dan kusam. Penyebab kulit kering dan gatal ada dua yaitu faktor dari luar dan faktor dari dalam diri.

Penyebab dari luar adalah kondisi yang tidak bisa dikendalikan seperti faktor cuaca yang sangat kering, sementara penyebab kulit kering dari dalam adalah faktor gaya hidup dan kondisi medis yang sedang dialami.




Pengobatan yang biasa dilakukan untuk mengatasi kulit kering bersisik adalah menggunakan scrub, masker, minyak zaitun, konsumsi  air mineral minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Selain harganya murah, cara tersebut sangat efektif dibanding menggunakan perlengkapan yang tersedia di toko swalayan. Hanya saja, prosesnya cukup lama dan harus rutin digunakan setiap hari.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, selain mengobatinya secara rutin, anda juga perlu mencari tahu penyebab kulit kering dan bersisik gatal yang dialami. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah dalam mengatasinya.

Artikel ini akan membantu Anda mengenal penyebab kulit kering, kasar dan bersisik sehingga membantu untuk mengatasi permasalahan lebih baik dan meminimalisasi kesalahan yang menimbulkan kulit kering. Berikut ulasannya.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kulit kering, kusam dan bersisik:




1. Udara kering, penyebab kulit kering yang utama

Faktor pertama penyebab kulit kering dan bersisik adalah kondisi alam yang tidak bisa dikendalikan manusia. Udara yang kering merupakan kondisi dimana suhu udara cukup rendah disertai dengan intensitas angin yang sangat tinggi.

Bila orang terlalu lama bekerja di luar rumah atau kantor akan memiliki potensi kulit kering yang lebih besar. Sebab, keadaan tersebut secara langsung akan mengurangi kadar kelembaban pada kulit. Padahal kulit membutuhkan sekitar 60% kelembaban agar tetap segar.

Bila Anda menghadapi situasi tersebut maka cobalah untuk sesedikit mungkin mengurangi kegiatan di luar ruangan. Akan tetapi, bila Anda merupakan pekerja yang dituntut memiliki jam kerja di luar lebih banyak, cobalah untuk mengenakan baju lengan panjang atau jaket.

Mengenakan masker pelindung juga penting untuk menjaga wajah Anda tetap lembab dan tidak terkikis selama berada di bawah teriknya matahari.

Faktor penyebab kulit kering dan bersisik

Faktor penyebab kulit kering dan bersisik

2. Air panas sebabkan kulit bersisik

Meskipun air panas baik untuk terapi, tetapi fakta lain membuktikan bahwa air panas ternyata tidak baik untuk kelembaban kulit pada tubuh. Air panas yang menjadi favorit banyak orang, ternyata dapat menghilangkan minyak alami yang ada di dalam tubuh.

Akibatnya, kulit menjadi kering dan cepat terkikis. Penggunaan air panas yang tidak higienis juga menyebabkan efek gatal-gatal pada tubuh. Bila dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi penyakit kulit yang serius.

Untuk mengatasinya dianjurkan tidak memakai air hangat ketika mandi. Akan tetapi, bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakannya, sebaiknya, tidak mandi lebih dari 10 menit.

Setelah selesai mandi, langsung keringkan tubuh dengan handuk supaya air tersebut tidak terlalu banyak membuang minyak pada tubuh. Hal tersebut juga berlaku terhadap perawatan wajah. Hindari pemakaian air panas untuk menjaga kelembaban wajah.

3. Sabun

Sabun juga ternyata adalah salah satu bahan penyebab kulit kering dan kusam. Namun, jangan khawatir, karena tidak semua jenis sabun berpotensi demikian. Sabun yang dimaksud dalam hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah sabun yang mengandung bahan parfum.

Aroma parfum yang terdapat di dalamnya memang menjaga tubuh Anda tetap wangi selama beraktivitas. Akan tetapi, sebaiknya berpikir dua kali karena itu akan merusak jaringan kulit Anda yang sehat.

Untuk mengatasinya anda harus mengganti sabun yang mengandung parfum dengan sabun lainnya. Sabun bayi juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena sabun tersebut khusus diciptakan untuk perawatan kulit bayi yang masih rentan penyakit dan butuh kandungan nutrisi dan mineral dari luar.

Anda bisa mengganti aroma wangi tersebut dengan menggunakan parfum atau deodorant.

4. Pakaian

Pakaian adalah salah satu faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Jenis pakaian yang dimaksud adalah semua jenis baju dan celana yang terlalu ketat.

Pasalnya, baju yang terlalu ketat secara langsung akan menggesek kulit Anda dalam beberapa waktu. Jika sering digunakan, maka akan membahayakan kesehatan kulit.




Dr Obagi, mengatakan bahwa Anda perlu mengganti pakaian yang cukup ketat dengan pakaian yang pas atau longgar sedikit.

Selain enak dipandang dan tidak menjadi bahan pembicaraaan orang, pakaian tersebut mampu menjaga tubuh dari kemungkinan kulit yang menjadi kering dan bahkan bersisik.

5. Kondisi medis

Selain faktor dari alam dan gaya hidup seseorang, kulit kering juga dapat disebabkan kondisi medis yang dialami. Misalnya orang yang memiliki masalah pada kulit seperti eksim dapat mengakibatkan kulit lebih kering dan kasar.

Hal tersebut merupakan kondisi kesehatan seseorang yang tidak bisa dihindari, tetapi harus dihadapi dengan benar dan tepat.

Yang perlu dilakukan oleh penderita adalah mengunjungi dokter spesialis kulit dan meminta terapi yang tepat serta efisien untuk penyembuhan dari kulit kering. Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan sebab pengobatannya tidak berbahaya dan tidak perlu rawat inap.

Hanya saja biaya yang dikeluarkan bisa terbilang cukup mahal karena harus menjalani pengobatan dalam jangka waktu tertentu secara rutin.

6. Obat-obatan menyebabkan kulit kering dan bersisik

Tidak semua obat dapat menyelesaikan masalah. Beberapa diantaranya justru memberikan permasalahan baru. Contohnya adalah obat yang dapat memberikan gejala kulit kering, kusam, bahkan gatal-gatal. Beberapa di antaranya bahkan dapat menimbulkan masalah kulit yang lebih serius.

Oleh karena itu cobalah memeriksa kandungan obat dan kesesuaian dengan diri Anda. Sangat dianjurkan untuk menghindari obat semacam itu dan menggantinya dengan yang lain. Bila masih bermasalah, Anda bisa hubungi langsung ke dokter spesialis kulit terdekat.

Demikian informasi singkat beberapa faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Secara umum penyebabnya terbagi dua yaitu faktor luar seperti cuaca dan faktor dari dalam seperti gaya hidup dan kondisi kesehatan

Komentar dan Tanggapan

  1. kania August 30, 2017

Tulis Komentar