13 Penyebab Rambut Beruban Pada Pria dan Wanita

Salah satu tanda proses penuaan adalah munculnya uban di kepala. Umumnya, proses penuaan pada pria dimulai pada usia awal 40-an, dan pertengahan 30-an pada wanita. Namun, pada kenyataannya ada beberapa orang yang mengalami rambut beruban pada usia yang lebih muda, baik itu pria maupun wanita.

Ada beberapa faktor penyebab rambut beruban meski usia masih muda diantaranya karena stres atau bisa juga karena faktor gen. Melalui artikel pengensehat.com kali ini, kita akan membahas penyebab rambut beruban pada wanita dan pria.




Semua orang tentunya berharap jika uban atau rambut putih harus muncul, maka kemunculannya lebih baik terjadi ketika usia sudah lanjut, namun kenyataannya tidak, uban di kepala juga sering muncul pada orang-orang berusia muda.

Beberapa wanita dan pria berusia muda, ada yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan dini dengan tumbuhnya uban di kepala. Kemunculan uban prematur ini, tentu perlu perhatian khusus, apakah ada kondisi medis yang sedang dialami atau mungkin sedang stres karena sesuatu hal.

Kabar baiknya adalah, anda bisa menghilangkan uban secara alami dan cepat menggunakan beberapa resep atau ramuan tradisional seperti ampas teh dan kemiri. Kedua bahan ini disebut-sebut ampuh menumbuhkan kembali rambut hitam dengan cepat.

Penyebab Rambut Beruban yang Umum Dialami Orang

Berikut ini beberapa faktor penyebab pria dan wanita usia muda mengalami uban di rambut:

1. Ras




Professor Roshini Rajapaksa, dari Associate NYU School of Medicine, berpendapat rambut beruban berhubungan dengan etnis seseorang. Ras kaukasian cenderung mengalami rambut beruban lebih cepat dibanding orang Asia dan Afrika-Amerika.

2. Genetik

Professor Roshini Rajapaksa juga menjelaskan, faktor genetik bisa menjadi alasan mengapa seorang wanita mengalami tumbuh uban lebih awal.

Riwayat rambut putih, tersimpan dalam kromoson yang diwariskan keluarga kepada anaknya. Itu berarti, bila orang tua mengalami uban pada usia muda, maka kemungkinan besar akan diturunkan pada anak cucunya kelak.

Anda bisa bertanya pada orang tua, kakek-nenek anda, kapan pertama kali rambut mereka mulai terlihat abu-abu, untuk tahu seberapa besar potensi munculnya uban prematur.

Penyebab rambut beruban pada pria dan wanita

Penyebab rambut beruban pada pria dan wanita

3. Gaya hidup dan lingkungan

Faktor gaya hidup dan lingkungan juga menjadi penyebab uban bisa tumbuh lebih awal. Misalnya, kebiasaan merokok, diet yang salah, perawatan rambut yang tidak tepat, sering terpapar sinar ultraviolet, serta polusi udara.

4. Sedang Sakit

Dalam beberapa kasus tertentu, wanita yang mengalami uban lebih awal bisa jadi adalah salah satu indikasi adanya masalah kesehatan tertentu, misalnya penyakit vitiligo atau kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi, anemia pernisiosa atau tubuh sulit menyerap vitamin B12, dan masalah kelenjar tiroid.

5. Stres

Kondisi stres atau banyak pikiran, disinyalir bisa membuat seseorang mengalami rambut beruban lebih cepat. Kondisi stres atau banyak pikiran tanpa disadari bisa membuat tubuh akan menerima tekanan hebat, meskipun orang tersebut merasa sehat.

Menurut Dr. Wirda, spesialis kulit dan kelamin RS Mitra Keluarga Jakarta, seseorang yang mengalami stress menyebabkan produksi melanin atau pigmen alami pewarna rambut dalam tubuhnya terhambat.

Produksi melanin yang macet karena stres, biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Jika pencetus stres telah hilang, maka produksi melanin bisa kembali normal. Oleh sebab itu, sebaiknya mengatur keseimbangan kerja dengan istirahat, agar stres bisa diatasi dengan baik.

6. Gizi Buruk

Asupan makanan sehari-hari yang tak seimbang, bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gizi, yang berpengaruh pada kesehatan rambut.

Tak hanya rambut, gizi buruk bisa berpengaruh kondisi kesehatan secara keseluruhan. Anak-anak yang menderita gizi buruk, umumnya berambut kemerahan, kusut dan tampak tak sehat.

7. Salah minyak rambut

Minyak rambut bukan hanya mengenai rambut, namun akan menyerap ke dalam pori-pori kepala. Kandungan zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak rambut akan ikut masuk.

Zat-zat kimia yang tak baik untuk kesehatan rambut inilah yang terkadang memicu kepala gatal, rambut kusut serta tak sehat, dan yang paling parah muncul uban sebelum waktunya.

8. Merokok

Merokok merupakan salah satu pencetus munculnya uban sangat cepat. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas ini bertanggung jawab pada penurunan tingkat melanin

9. Junk food

Sering mengkonsumsi junk food merupakan salah satu penyebab rambut mengalami penuaan. Junk food bisa mengurangi produksi melanin. Oleh sebab itu, orang-orang yang sangat kecanduan junk food sebaiknya berupaya mengurangi kebiasaannya.

10. Kekurangan asam folat




Kekurangan vitaimin asam folat, tak hanya memperlambat pertumbuhan rambut, namun juga bisa menyebabkan rambut berubah warna menjadi abu-abu.

11. Vitamin C dan E

Defisiensi vitamin C dan E, merupakan salah satu faktor yang bisa menjadikan rambut berubah menjadi abu-abu. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin C dan E, akan mengurangi jumlah sel-sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin.

12. Kondisi kulit kepala yang kotor

Kulit kepala yang kurang bersih bisa menjadi salah satu pemicu uban prematur. Oleh karena itu, merawat dan menjaga kebersihan rambut amatlah penting.

13. Mewarnai Rambut

Menggunakan pewarna rambut terlalu sering, bisa membuat uban tumbuh lebih cepat. Dalam pewarna rambut terkandung bahan kimia yang bisa merusak pigmen rambut. Jadi, bila ingin menggunakan pewarna rambut, sebaiknya pilih pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami.

Anda bisa menghilangkan rambut uban secara alami dengan cara rajin mengonsumsi jus wortel dan atau jus melon. Beberapa jus buah diketahui mampu mengembalikan warna alami rambut dan menghilangkan rambut putih secara alami.

Demikian beberapa penyebab rambut beruban pada pria dan wanita meski usia masih muda, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. mebel jepara murah April 1, 2017

Tulis Komentar