Cara Merawat Muka Paling Aman Untuk Kulit Sensitif

Pada dasarnya metode perawatan wajah terbaik adalah menggunakan pembersih wajah yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia sebab kandungan dalam pembersih tersebut kadang justru dapat mengganggu kecantikan wajah, terutama oleh mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.




Perawatan muka untuk kulit sensitif memang sedikit agak berbeda dibandingkan dengan perawatan untuk jenis kulit lainnya. Hal ini karena jenis kulit muka yang sensitif lebih rentan terkena penyakit seperti munculnya jerawat di wajah, flek hitam dan muka menjadi kemerahan.

Semua orang terutama kaum wanita yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak terlalu sering mencoba berbagai jenis produk kosmetik wajah karena jika tidak cocok dengan produk tersebut maka dampaknya terhadap wajah bisa sangat mengganggu, misalnya timbul iritasi.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut maka sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter kecantikan atau dokter kulit yang memang ahli dibidangnya. Bertanyalah jenis kulit anda bagaimana dan produk kecantikan apa yang cocok untuk jenis kulit tersebut.




Biasanya dokter akan memeriksa muka anda terlebih dahulu baru kemudian memberikan resep atau obat untuk diberikan pada anda. Jika anda mempunyai pantangan dalam hal makanan maka anda juga bisa menanyakan pada dokter apakah berpengaruh atau tidak terhadap kesehatan muka anda.

Untuk menambah informasi yang mungkin berguna untuk anda sebelum mengunjungi dokter, silahkan simak artikel berikut ini tentang bagaimana merawat wajah dengan kulit yang sensitif.

Perawatan Muka Untuk Kulit Sensitif

Cara Merawat Muka Dengan Kulit Sensitif




Cara Merawat Muka Dengan Kulit Sensitif

Ada beberapa langkah sebagai perawatan muka untuk kulit sensitif yang bisa anda terapkan yaitu :

  1. Hindari pembersih muka

Jika anda mempunyai jenis kulit muka yang sensitif maka sebaiknya anda tak perlu menggunakan alat pembersih baik itu berupa cairan atau pun yang padat, maksud pembersih muka disini adalah jenis pembersih yang mengandung banyak alkohol terutama pada pembersih cair yang banyak dijual di toko ataupun apotik terdekat.

Mengapa dilarang? karena kulit wajah anda sangat sensitif sehingga menggunakan jenis pembersih yang mengandung alkohol dapat membuat kulit muka anda menjadi iritasi, kemerah-merahan atau muncul banyak jerawat. Dalam kasus yang parah wajah anda bisa terkelupas dan terasa perih.

Oleh karena itu sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menentukan jenis pembersih untuk kulit sensitif anda atau bisa diganti dengan cara mencuci muka dengan menggunakan air bersih saja.

  1. Rajin membersihkan muka

Perawatan muka untuk kulit sensitif yang selanjutnya adalah rajin membersihkan muka. Jika anda bekerja dan mengharuskan menggunakan make up tebal maka setelah bekerja atau pulang ke rumah segera bersihkan make up tersebut dengan cara menggunakan kapas bersih dan sedikit air.

Bekas make up harus dibersihkan agar tidak terjadi iritasi pada kulti wajah mengingat jenis kulit muka anda yang sensitif. Oleh karena itu wajah jangan sampai tidak dibersihkan karena jika make up tersebut sampai terbawa tidur maka beberapa bahan dalam produk kosmetik tersebut akan meresap kedalam kulit anda dan jika tidak cocok bisa menyebabkan masalah pada muka anda.

  1. Pilih metode alami

Sesungguhnya anda bisa menggunakan metode perawatan muka alami yang biasanya lebih aman ketimbang menggunakan obat kimia. Contohnya membuat masker tomat, menggunakan putih telur sebagai masker atau madu. Bahan-bahan tersebut telah terbukti dapat membantu kebersihan dan kecantikan kulit pada wajah.

Demikian informasi singkat bagaimana merawat muka secara aman dan alami untuk kulit jenis sensitif, semoga bermanfaat.

Leave a Reply