Pewarna Rambut dari Bahan Alami

Nah, dengan adanya zat-zat berbahaya yang terdapat pada pewarna rambut, sebaiknya Anda memilih pewarna dari bahan alami. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis bahan tersebut.

  1. Teh Hitam dan Kopi

Kedua jenis bahan tersebut menghasilkan warna cokelat. Cara membuatnya cukup mudah. Ambil teh hitam dan kopi pada gelas yang berbeda. Seduhlah sampai warnanya pekat. Campurkan keduanya dan tuangkan ke seluruh bagian rambut secara merata. Tutuplah rambut dengan shower cap selama satu jam. Lalu, bilas dan bersihkan. Lakukan seminggu dua kali agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Teh Chamomile dan Lemon

Kedua bahan tersebut menghasilkan warna cokelat muda. Cara membuatnya juga mudah, yaitu seduhkah teh chamomile sampai kental. Peras lemon sebanyak satu cangkir. Campurkan keduanya pada satu wadah. Tuangkan ke rambut sampai rata dengan pijatan perlahan. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebih setengah jam saja.

  1. Kayu Manis dan Cengkeh

Kedua bahan tersebut juga memberikan warna cokelat muda. Cara membuatnya adalah campurkan masing-masing setengah sampai satu cangkir bubuk kayu manis dan cengkeh. Campur dengan air secukupnya menjadi larutan yang siap diaplikasikan pada rambut. Langkah selanjutnya sama dengan bahan lainnya, yaitu penutupan dengan shower cap, pengistirahatan setengah sampai satu jam, lalu pembilasan dengan air bersih.

  1. Kunyit

Kunyit akan menghasilkan warna pirang jika diaplikasikan pada rambut Anda. Cara membuat ekstrak kunyit untuk pewarna rambut adalah parut kunyit sebanyak seperempat cangkir. Tambahkan air untuk menghasilkan larutan pekat. Masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada rambut secara merata. Ratakan dengan jari-jari tangan Anda. Tunggu sampai rambut mengering dan bilas dengan air bersih. Lakukan dua hari sekali untuk mendapatkan warna pirang yang bagus.

  1. Bunga Sepatu dan Mawar

Kedua bahan tersebut menghasilkan warna merah gelap. Caranya adalah tumbuklah segenggam kelopak bunga sepatu dan kelopak mawar sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air. Ratakan pada rambut Anda. Proses selanjutnya adalah penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

  1. Buah Bit dan Paprika

Merah terang merupakan warna rambut diinginkan beberapa orang. Warna tersebut akan Anda dapatkan dari campuran bahan buah bit dan paprika. Caranya siapkan bubuk bit dan paprika sebanyak satu cangkir. Campurkan keduanya dengan sedikit air sampai menjadi cairan merah kental. Tuangkan sedikit demi sedikit pada rambut sampai merata ke seluruh bagian. Langkah selanjutnya yaitu penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

  1. Kacang Walnut dan Urang-aring

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan kembali warna hitam legam pada rambut, gunakanlah kacang walnut dan urang aring pada rambut Anda. Keduanya tidak perlu dicampurkan seperti pada bahan-bahan sebelumnya.

Jika Anda ingin menghitamkan rambut dengan kacang walnut, seduhlah bubuk walnut hitam sebanyak 3 cangkir dengan air panas. Diamkan semalam sehingga menjadi cairan berwarna hitam pekat. Oleskan pada rambut secara merata. Lanjutkan dengan penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

Jika Anda ingin menghitamkan rambut dengan urang-aring, caranya cukup mudah. Tumbuk segenggam daun urang-aring sampai menjadi cairan yang hitam pekat. Cucilah rambut Anda sampai bersih. Setelah rambut kering, oleslah dengan cairan tersebut.

Selain menggunakan bahan-bahan pewarna rambut yang alami, gunakan juga bahan alami untuk merawat rambut yang telah diwarnai. Misalnya, minyak zaitun, minyak kelapa, dan almond oil. Ketiga bahan tersebut dapat menjadi penyelamat rambut dari berbagai zat berbahaya saat mewarnai rambut.

Minyak zaitun berkhasiat untuk melembapkan rambut, mengembalikan kilaunya, serta menjaga kekuatan rambut. Minyak kelapa juga berkhasiat melembapkan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga membuat rambut kuat dan elastis. Almond oil memiliki khasiat menjaga kilau alami rambut, melembapkan kulit kepala, dan berbagai vitamin untuk menguatkan rambut.

Leave a Reply