Tingkatkan Produksi Kolagen Anda Dengan Konsumsi Makanan Ini!

Pada dasarnya, kulit manusia disusun oleh senyawa kolagen yang menghubungkan jaringan tubuh. Adapun fungsi dari kolagen adalah menjaga elastisitas tulang, ligamen, otot, dan kulit.




Khusus untuk kulit, masalah seperti kerutan, bekas jerawat, kulit kendur, ataupun munculnya kantung mata merupakan pertanda bahwa kolagen yang ada di dalam tubuh kita mengalami kerusakan.

Oleh karena itu kolagen sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa cara meningkatkan produksi kolagen.

Apa itu Kolagen

Daftar makanan yang mengandung kolagen

Daftar makanan yang mengandung kolagen

Kolagen adalah protein tubuh yang berfungsi membantu memberi struktur pada rambut, kulit, kuku, tulang, ligamen dan tendon di tubuh kita. Berkat kolagen, kita bisa bergerak, membungkuk dan meregang. Kolagen juga bermanfaat membuat rambut bersinar, kulit sehat dan kuku tetap kuat.

Kolagen adalah protein yang terdiri dari asam amino: glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin, yang semuanya membantu jaringan ikat tubuh, kulit, rambut, kuku, dan kesehatan usus kita tetap sehat.

Protein ini bertanggung jawab pada elastisitas kulit, kekuatan rambut, dan jaringan ikat tubh untuk menahan berat badan. Faktanya, protein kolagen membentuk 30% protein total di tubuh, dan 70% protein di kulit!




Jenis Makanan yang Mengandung Kolagen

Seiring dengan bertambahnya usia dan semakin banyaknya stres yang kita hadapi, kolagen yang ada di dalam tubuh juga akan mengalami penurunan fungsi produksi. Namun kabar baiknya adalah, produksi kolagen ini masih bisa kita tingkatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kolagen:

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur ini merupakan sumber utama dari sulfur yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, kandungan taurin dan lipoic acid di dalam bawang putih juga bisa memperbaiki jaringan kolagen yang rusak.

Untuk mendapatkan khasiatnya, sebaiknya konsumsilah bawang putih secara langsung. Meskipun kamu bisa menjadikannya bagian dari sup ataupun masakan lainnya, namun khasiatnya tidaklah terlalu besar.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi yang banyak, namun untuk meningkatkan produksi kolagen, sebaiknya pilihlah yang berwarna hijau gelap.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti bayam atau asparagus. Selain itu, sayuran yang berwarna hijau gelap juga mampu meningkatkan kinerja dari protein kolagen.

  1. Tomat

Buah ini terkenal karena kandungan likopennya yang tinggi. Nah, likopen inilah yang akan melawan collagenases, jenis enzim yang dapat merusak kolagen. Untuk lebih variatif, kamu bisa mengonsumsi tomat yang direbus, dikukus, atau dipanggang.




Konsumsi tomat secara rutin akan membantu untuk melawan enzim collagenases sehingga produksi kolagen di dalam tubuhmu bisa tetap terlindungi.

  1. Kedelai

Kacang kedelai kaya dengan genistein, sebuah senyawa yang bukan hanya meningkatkan produksi kolagen, namun juga bisa melawan tanda-tanda penuaan.

Kandungan nutrisi di dalam kedelai mampu menciptakan kulit yang lebih elastis dan kencang. Kamu bisa mengonsumsi berbagai olahan dari kedelai seperti susu kedelai, tempe, atau tahu.

  1. Cokelat

Makanan untuk meningkatkan produksi kolagen selanjutnya adalah cokelat. Mungkin jenis makanan ini dianggap tidak sehat karena kandungan gulanya yang tinggi bisa membuat tubuh mengalami kegemukan.

Namun cokelat terbukti dapat meningkatkan kelembapan kulit kita. Konsumsi cokelat yang rutin juga bisa melindungi kolagen dari kerusakan akibat sinar ultra violet. Untuk lebih maksimal, konsumsilah cokelat yang berwarna gelap.

  1. Ikan Laut

Sejumlah ikan laut seperti salmon, torut, sarden, dan tuna mengandung protein lisin yang tinggi. Protein lisin adalah pembentuk utama dari kolagen. Selain itu, ikan memiliki asam lemak omega yang bisa mencipatkan lingkungan yang nyaman bagi proses sintesis kolagen.

  1. Susu

Konsumsi susu dan produk olahannya sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Selain ikan laut, susu adalah sumber protein hewani yang memiliki kadar lisin tinggi sehingga mampu membentuk kolagen secara alami. Kamu bisa juga mendapatkan protein lisin ini dari putih telur.

  1. Gandum

Jenis tanaman biji-bijian seperti gandum bisa diolah oleh tubuh kita menjadi kolagen. Selain itu, gandum juga merupakan makanan yang berserat tinggi sehingga baik untuk organ pencernaan.

Selain sejumlah makanan di atas, kamu bisa juga meningkatkan produksi kolagen lewat konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan K. Konsumsi suplemen seperti ini akan memastikan tidak terjadinya defesiensi nutrisi sekaligus memperbaiki kolagen di dalam tubuh.

Sementara untuk perawatan yang bersifat eksternal, kamu bisa meningkatkan produksi kolagen lewat pemakaian krim atau suntik kolagen, namun kami tidak menganjurkannya.

Nah, itulah beberapa makanan untuk meningkatkan produksi kolagen yang bisa kamu coba. Memasukkan makanan tersebut ke dalam menu harian akan membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan cantik.

Tags:

Leave a Reply