7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Orang Sakit

Saat sedang sakit, pada umumnya orang akan mengalami penurunan nafsu makan yang berimbas pada berat badan yang menurun drastis. Meningkatkan nafsu makan pada orang sakit adalah satu hal yang perlu diperhatikan selain memberikan bantuan medis.

Pada saat sakit, tubuh memberikan reaksi yang kompleks. Hal ini dibenarkan oleh dr. Donald D. Hensrud, seorang dokter Mayo Clinic yang dilansir dari Huffington Post.

Menurut dr Donald, menurunnya nafsu makan merupakan reaksi tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Hal ini dilakukan untuk mengurangi asupan makanan bagi mereka (virus dan bakteri).

Dengan begitu, diharapkan virus dan bakteri dapat dimusnahkan dengan sistem imun yang ada ditubuh. Dan akhirnya kondisi tubuh lambat laun menjadi kuat kembali.

Jadi sakit adalah salah satu penyebab nafsu makan berkurang, yang merupakan reaksi alami tubuh untuk mengembalikan kondisi dan agar tubuh kembali sehat.

Anggapan ini bisa diterima untuk kondisi jangka pendek, tetapi tidak untuk jangka panjang. Sebab suka tidak suka, tubuh memerlukan asupan gizi untuk menjaga imun dan energi untuk proses penyembuhan.

Jika tidak ada asupan nutrisi yang masuk, tentu kondisi tubuh akan semakin lemah dan ini tidak baik bagi kesehatan si pasien. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit.

Memang perlu diakui bahwa ada penurunan kemampuan indra pengecap dan pembau pada saat tubuh sedang sakit, makanan pun terasa pahit saat dikecap.

Jadi, tidak heran bila nafsu makan orang sakit bisa turun dengan drastis. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh pasrah dengan kondisi tersebut.

Cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit

Cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit

Pada artikel kali ini kami akan mengulas cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit. Seperti apa caranya? Yuk, simak informasi berikut ini.

  1. Hindari Makanan yang Dapat Memicu Mual

Beberapa makanan ada yang bisa memicu rasa mual atau muntah, contohnya saja makanan bersantan atau makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Memang masakan bersantan memiliki cita rasa gurih yang dapat mengunggah selera Anda, tetapi tidak ketika Anda sedang sakit. Makanan bersantan justru dapat memicu rasa mual di lambung.

  1. Hindari Makanan dengan Cita Rasa Kuat

Hampir sama dengan poin pertama, makanan dengan bumbu yang “kuat” dapat membuat Anda merasa mual dan muntah. Hal ini karena indra pembau dan pengecap Anda sedang tidak bekerja dengan baik.

Makanan yang kaya rasa dengan bumbu yang kompleks justru bisa membuat Anda merasa mual dan muntah. Jadi, pada saat sakit, hindari untuk memilih makanan yang memiliki bumbu yang kompleks atau cita rasa yang kuat.

Makanan yang diolah dengan cara direbus atau sedikit hambar tentu lebih cerdas untuk menjadi pilihan.

  1. Memilih Makanan dengan Kandungan Energi Tinggi

Saat sakit, tubuh mengalami penurunan energi. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih makanan sehat yang memiliki kandungan energi tinggi. Makanan yang kaya akan protein seperti telur, daging, dan ikan, bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Cara Menggemukkan Badan Tanpa Obat-Obatan

  1. Porsi Kecil tetapi Sering

Pada saat sakit, Anda tentu jadi malas untuk makan. Nah, salah satu cara untuk menyiasatinya yaitu dengan memakan makanan dalam porsi kecil tetapi sering.

Masih ingat pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, bukan? Teryata cara ini juga bisa Anda terapkan pada saat sakit, lho.

  1. Sajikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik

Nah, cara ini banyak diterapkan di restoran untuk mengunggah selera makan pengunjung restoran. Dan, cara ini juga bisa Anda terapkan untuk menyajikan makanan bagi orang sakit.

Tampilan yang menarik bisa meningkatkan nafsu makan sesorang. Jikalau cara ini tidak berhasil (untuk meningkatkan nafsu makan orang sakit), paling tidak si pasien akan menghargai jerih payah Anda untuk membuatnya makan, coba deh!

  1. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Mood yang baik terkadang dapat menambah nafsu makan secara alami pada seseorang. Jadi, Anda bisa menciptakan suasana menyenangkan untuk membujuk si pasien agar ia mau makan.

Lalu, caranya bagaimana? Anda bisa mengajaknya menikmati udara segar, melihat pemandangan, menonton acara televisi yang ia gemari, atau mengajaknya bermain.

  1. Memilih Buah-buahan Sebagai Camilan Sehat

Masih sulit untuk makan? Anda bisa mencoba untuk memakan buah-buahan sebagai camilan sehat. Anda bisa memilih anggur, lemon, apel, atau beri hitam (blackberry).

Selain sehat dan kaya akan vitamin, buah-buahan ini pun memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah-buahan ini juga mampu merangsang enzim yang memproduksi cairan empedu yang dapat menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.

Oh ya, untuk meningkatkan cita rasa, Anda bisa menambahkan gula, madu, ataupun mengolahnya dalam bentuk salad.

Demikian informasi kami tentang cara meningkatkan nafsu makan bagi orang yang sedang sakit. Sekali lagi perlu Anda ingat, ketika sakit memang tubuh memiliki reaksi yang kompleks untuk menurunkan nafsu makan.

Akan tetapi, jangan menyerah dan menerima kondisi yang ada. Anda harus berjuang melawannya agar cepat sembuh. Selamat mencoba!

Leave a Reply